Kotamobagu

Temuan Dugaan ‘Money Politik’, Kapolres Bolmong : Masih Ranah Panwaslu

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 19 June 2018 15:43   2158 kali
Kapolres Bolmong, AKBP Gani F Siahaan. (foto : ist)
KOTAMOBAGU (BK) : Kapolres Bolmong, AKBP Gani Fernando Siahaan menegaskan, temuan Satgas Anti Money Politik dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang diduga sebagai money politik dalam Pilkada Kotamobagu, telah diserahkan kepada Panwaslu Kotamobagu.
 
 
“Sudah diserahkan, jadi masih ranah Panwaslu,” tegas Gani kepada sejumlah wartawan di Mapolres Bolmong, Selasa (19/6/2018).
 
 
Menurutnya, ada masa 5 hari bagi Panwaslu (Kotamobagu) untuk mengklarifikasi apakah hasil temuan, baik temuan Polres maupun masyarakat yang menduga adanya praktik money politik. “Nanti akan ditelaah oleh mereka (Panwaslu), apakah cukup alat buktinya untuk diajukan ke penyidikan,” tandas Gani.
 
 
Katanya, dirinya sudah mendapat laporan dari Gakumdu, bahwa temuan Satgas ini nantinya akan dimintai keterangan ahli dari Bawaslu RI dan ahli pidana, untuk mengetahui apakah perbuatan yang dilakukan berdasarkan hasil temuan ataupun tangkapan dari Satgas itu memenuhi unsur tindak pidana Pemilu.
 
 
“Jadi bukan ranah kepolisian lagi, jadi sudah ranah Panwaslu. Jadi silahkan koordinasi dengan Panwaslu untuk menanyakan apakah temuan itu sudah memenuhi unsur tindak pidana pemilu atau tidak,” tegasnya lagi.
 
 
Sebelumnya, Satgas Anti Money Politik bentukan Polres Bolaang Mongondow (Bolmong) mengamankan sejumlah barang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Desa Moyag Kecamatan Kotamobagu Timur, yang diduga sebagai bentuk money politik dalam Pilkada Kotamobagu, Kamis (14/6/2018) lalu.
 
 
Barang bukti yang diduga milik salah satu pasangan calon yang ikut dalam Pilkada Kota Kotamobagu berupa 9 karung beras berisi 5 kg, 18 lusin minuman sof drink, 9 buah kain sarung serta satu buah mobil Xenia yang digunakan untuk melakukan penyaluran. 2 orang diamankan yakni DP (60) dan MM (55).
 
 
Aksi OTT juga dilakukan Tim Satgas di Desa Pontodon Kecamatan Kotamobagu Timur dengan mengamankan 18 lusin soft drink jenis coca cola, 9 buah kain sarung dan 10 buah amplop berisi uang pecahan seratus ribu rupiah.Oknum kepala desa dan salah satu warga diamankan bersama barang bukti.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
14 Mar 2018 / dibaca 1446 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Seorang bocah sebut saja Jingga (9), menjadi korban pencabulan oleh tetangganya sendiri. Peristiwa itu terjadi di salah satu...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 941 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Ayula Paputungan (58), nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Warga Kelurahan Poyowa Kecil (Pocil) Kecamatan...
Kotamobagu
12 Mar 2018 / dibaca 2448 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Firnawati Da'i (27), kaget saat melakukan penyetoran uang hasil warungnya di ATM Setoran Tunai Bank Central Asia (BCA)...
Kotamobagu
19 Jan 2018 / dibaca 967 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tiga pelaku pembegalan motor tukang ojek di Jalan Arief Rahman Hakim, Kelurahan Kotobangun Kecamatan Kotamobagu Timur, telah...
Kotamobagu
18 Jan 2018 / dibaca 935 kali
KOTAMOBAGU (BK) : Tak kurang dari 24 jam, Polres Bolmong berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan (curas) yang terjadi di Jalan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.