Kotamobagu

Terekam Kamera CCTV, Pembobol Toko Pakaian di Gogagoman Diringkus Maleo Kota

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 07 February 2017 19:06   398 kali
Pelaku pembobol toko di Gogagoman Kotamobagu berfoto bersama Tim Maleo Kota. (foto : ist)

KOTAMOBAGU (BK): Tim Maleo Kota Polsek Kotamobagu berhasil mengungkap kasus pembobolan toko pakaian yang terjadi di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat. Seorang pelaku berinisial HM alias Ir (30), berhasil diringkus karena aksinya sempat terekam kamera CCTV.

 

Ir ditangkap di rumahnya, Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, Senin (6/2/2017) siang sekitar pukul 11.30 WITA. Ikut disita pada penangkapan itu sejumlah pakaian yang terdiri dari kaos, celana pendek, blous dan jaket kulit.

 

"Pelaku ditangkap tanpa memberi perlawanan. Sekarang sudah kami tetapkan tersangka dan dijebloskan ke dalam tahanan," kata Kapolsek Kotamobagu, Kompol Ruswan Buntuan, Selasa (7/2/2017).

 

Menurut Kapolsek, tersangka berstatus residivis karena pernah ditangkap pada kasus yang sama. Tercatat, Ir pernah beberapa kali melakukan pembongkaran toko dan warung di sejumlah wilayah di Kotamobagu.

 

"Tersangka akan kami kenakan Pasal 363 KUHP ayat (1) ke-3, tentang pencurian di malam hari. Ancaman hukumannya maksimal 7 tahun penjara," terang mantan Kasat Sabhara Polres Bolmong ini.

 

Pengungkapan kasus ini berdasarkan laporan dari Abdullah Rahim, warga Kelurahan Gogagoman, 13 Januari 2017 lalu. Dalam laporannya, pelaku yang saat itu belum diketahui, berhasil membobol tokonya dan membawa lari 59 buah kaos, 30 buah celana pendek, 20 buah pakaian wanita dan 2 buah jaket kulit.

 

Total pakaian yang dicuri berjumlah 111 buah dengan kerugian materi yang diderita korban ditaksir mencapai Rp 5 juta.

 

Sementara itu, Kepala Tim Maleo Kota, Bripka Toto Monoarfa mengatakan, setelah mempelajari isi rekaman CCTV, gerak-gerik dan modus pembobolan sama seperti pembobolan yang pernah dilakukan tersangka.

 

"Dari gerak-gerik dan ciri-ciri pelaku, memang mengarah kepadanya, kami pun melakukan pengembangan keberadaan pelaku," jelas Monoarfa.

 

Pria yang sering dipanggil Tox ini mengatakan, setelah memastikan keberadaan pelaku berada di rumah, timnya langsung melakukan penggerebekan dan berhasil menangkapnya.

 

Awalnya pelaku sempat bersikeras tidak melakukan pembobolan itu. Tapi dia tak berkutik lagi saat penggeledahan, didapatkan barang bukti yang disimpan dalam kamarnya.

 

"Setelah dia mengaku baru kami bawa ke Polsek untuk diproses hukum sesuai perbuatannya," pungkasnya.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Kotamobagu
Kotamobagu
09 Feb 2017 / dibaca 350 kali
KOTAMOBAGU (BK): Berbagai cara wartawan memaknai Hari Pers Nasional (HPN) yang diyakini jatuh pada tanggal 9 Februari. Di Kotamobagu,...
Kotamobagu
08 Feb 2017 / dibaca 370 kali
KOTAMOBAGU (BK): Puskesmas Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat membantah telah memarahi dan membentak pasien pemegang Kartu...
Kotamobagu
08 Feb 2017 / dibaca 362 kali
KOTAMOBAGU (BK): Seorang warga pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS), dimintai bayaran dan dibentak saat berobat di Puskesmas Rawat Inap...
Kotamobagu
07 Feb 2017 / dibaca 399 kali
KOTAMOBAGU (BK): Tim Maleo Kota Polsek Kotamobagu berhasil mengungkap kasus pembobolan toko pakaian yang terjadi di Kelurahan Gogagoman...
Kotamobagu
06 Feb 2017 / dibaca 355 kali
KOTAMOBAGU (BK): Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Kotamobagu dan sekitarnya. Sejumlah pohon tumbang serta jalan-jalan dipenuhi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.