Kuliner

Festival Kuliner Halal Nusantara Sukses

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 01 April 2018 05:31   513 kali
Para pemenang pada Festival Kuliner Halal Nusantara di Manado. (foto : acha)
MANADO (BK) : Festival Kuliner Halal Nusantara yang digeber Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) di Halaman Parkir Megamall Manado, berlangsung sukses. Kegiatan sepekan yang dimulai 25 Maret itu, resmi ditutup, Sabtu (31/3/2018) malam.
 
 
Suksesnya kegiatan tersebut berkat kerjasama Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Pengadilan Tinggi Agama Manado. Juga karena dukungan dan partisipasi dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sulut, dan beberapa provinsi lain seperti Aceh, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.
 
 
"Kegiatan ini untuk mendukung Sulut, khususnya Manado menjadi kota pariwisata. Dimana peningkatan kunjungan wisatawan nasional maupun internasional berdasarkan data Angkasa Pura Manado tahun 2017, mencapai 2 juta lebih wisatawan," jelas Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan dalam laporan penutupan kegiatan.
 
 
Lanjutnya,  Festival Kuliner ini diharapkan menghasilkan sebuah destinasi kuliner yang memberikan peluang bagi umat Islam baik muzzaki maupun Mustahik dalam mengakses peluang bagi peningkatan ekonomi umat Islam secara menyeluruh.
 
 
Kegiatan ini juga untuk mendukung wisata kuliner di daerah ini dengan menghadirkan makanan yang halal, agar wisatawan yang berkunjung ke Sulut dan Manado merasa nyaman bahwa ada kuliner yang halal tersedia. Karena diakui, memang diakui kuliner halal di Sulut belum banyak tempatnya dan jarang ditemui.
 
 
 
"Ini menjadi kendala bagi wisatawan lokal maupun internasional untuk mencari makanan yang halal. Untuk itu tahun ini kami targetkan akan ada tempat khusus kuliner halal. Kami mengharapkan pemerintah dapat menyediakan tempatnya, dan pihak swasta pun juga diharapkan terlibat bersama-sama untuk berinvestasi," jelas Abid.
 
 
Ketua Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Manado, Jamil Ismail mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. Dia menilai Baznas telah membuktikan bahwa makanan halal juga ada di Sulut. Katanya, akan ada rencana kegiatan ini dibuat permanen terus menerus dengan lokasinya yang berbeda.
 
 
"Festival kuliner ini sangat bermanfaat bagi turis dan masyarakat. Untuk mendapatkan makanan halal sangat mudah, dan ini bukan hanya makna dakwah, tetapi sebuah kebutuhan untuk bersama-sama turut memakmurkan rakyat," ungkapnya.
 
 
Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Dr Hi Abdul Rasyid, M.Ag mengatakan Kementerian Agama (kemenag) merupakan mitra kerja Baznas yang saling berkesinambungan. "Kegiatan Baznas ini telah membantu program Kemenag, yaitu program makanan halal Indonesia dan ini sudah diwujudkan," katanya saat menutup kegiatan ini.
 
 
Di akhir acara, diserahkan hadiah dalam lomba masak kuliner halal kepada lima pemenang. Kelima pemenangnya adalah Masakan Iga Bakar khas Makassar, Gulai Kambing khas Aceh, Nasi Goreng Garo Rica khas Solo, Nasi Liwet Gurami Goreng Sayur Asem khas Bandung dan Tinutuan khas Manado.
 
 
Juga diserahkan bantuan Program Sulut Makmur berupa bantuan modal usaha dari Baznas Sulut kepada tiga UMKM di Kelurahan Maasing Manado, masing-masing sebesar Rp 1 juta, Rp 1,5 juta dan Rp 2 juta.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kuliner
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.