Kuliner

Ingin Menu Spesial? Nasi Kuning Sambal Roa Ibis Manado Pilihannya

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 03 May 2019 13:41   148 kali
Jajaran Managemen Hotel Ibis Manado Boulevard City Center (IMBCC). (foto : acha)
MANADO (BK) : Nasi kuning adalah salah satu warisan menu masakan di Indonesia. Rasa yang gurih serta beraroma harum, nasi berwarna kuning dari pewarna makanan alami kunyit, membuat tersebar di seluruh nusantara.
 
 
Karena citarasa yang unik dan khas itu, membuat nasi kuning menjadi menu pilihan program Culinary Journey Accor Indonesia, sebuah program tahunan yang memilih kuliner terbaik yang diusulkan 120 hotel Accor se-Indonesia.
 
 
Hotel Ibis Manado Boulevard City Center (IMBCC) kemudian menangkap peluang nasi kuning dapat menjadi menu spesial. Terbukti, dengan racikan menggunakan bahan berciri khas Manado, tercipta Nasi Kuning Sambal Roa Manado.
 
 
Nasi Kuning Sambal Roa Manado karya Chef Arther Kalendesang bahkan masuk dalam tujuh menu kuliner jawara Culinary Journey tahun ini. Menu ini kini menjadi hidangan spesial Hotel Ibis Manado.
 
 
Chef Ibis Manado City Arter Kalendesang mengatakan bahwa nasi kuning tersebut merupakan pengembangan dari nasi kuning biasa yang sudah menjadi ciri khas Manado. Dia mengganti cakalang manis menjadi cakalang pedas sebagai pendamping hidangan itu.
 
 
Dia mengatakan, perbedaan nasi kuning khasnya dengan nasi kuning yang umumnya ditemui di Jawa adalah rasa rempahnya yang lebih kuat, khususnya rasa jahe. Menurutnya, jahe dari daerah Manado memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan jahe di Jawa.
 
 
“Pengunjung dapat menikmati menu ini pada saat sarapan di hotel ini. Tapi di luar waktu sarapan, nasi kuning ini juga masih bisa dinikmati dengan harga senilai Rp75 ribu,” ujar Chef Arter pada Media Gathering Buka Puasa di Ibis Manado, Selasa (30/4/2019).
 
 
Chef Arther mengatakan, Nasi Kuning Sambal Roa sengaja diangkatnya karena menjadi ciri khas Manado. Nasi kuning yang biasanya menggunakan abon cakalang, sambal manis, daging sapi pedas manis dan abon kentang, tahu dan tempe, kini dikombinasikan dengan sambal roa.
 
 
“Kami ingin memperkenalkan nasi kuning yang benar-benar asli Manado dengan penyajian yang berbeda, baik dari citarasa maupun bahannya,” terangnya.
 
 
Sementara itu, GM IMBCC, Afif Khairi mengatakan, Ibis Manado satu-satunya hotel bintang tiga yang menjadi pemenang tahun ini. Lainnya hotel bintang empat dan lima.
 
 
Dia mengaku penghargaan itu adalah sebuah kebanggaan ketika menu khas Manado ini bisa bersanding dengan enam menu terbaik dari daerah lain. “Secara tidak langsung, kami ikut mempromosikan pariwisata Sulawesi Utara, khususnya wisata kuliner," ucap Afif.
 
 
Katanya, Nasi Kuning Sambal Roa bisa menjadi menu utama di 120 hotel Accor Group se-Indonesia. "Jika restorannya mau menyajikan, tinggal minta resep ke kita di sini," ujar GM ganteng yang selalu dibalut busana necis itu.
 
 
Garth Simmons, Chief Operating Officer, Accor Indonesia, Malaysia, Singapore and South Asia melalui rilis yang diterima beritakawanua.com mengatakan, Accor dengan senang hati mengundang para pecinta makanan serta para tamu untuk menikmati sajian masakan internasional dan cita rasa autentik lokal dari 7 destinasi.
 
 
Tujuh daerah terpilih tahun ini, yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Lombok.
 
 
"Tujuh tim kuliner akan menyajikan masakan khas daerah masing-masing sehingga para tamu yang menginap di hotel-hotel kami dapat menikmatinya bersama keluarga, rekan dan teman," kata Simmons.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Kuliner
tidak ditemukan
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.