Lingkungan

Cara Forum Masyarakat Pesisir Hargai 73 Tahun Peristiwa Merah-Putih

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 26 February 2019 19:38   890 kali
Diskusi Panel yang digelar Forum Masyarakat Pesisir untuk memperingati 73 tahun Peristiwa Merah Putih. (foto : istimewa)
MANADO (BK) : Forum Masyarakat Pesisir punya cara lain dalam mengenang 73 tahun Peristiwa Merah Putih, 14 Februari 1946. Forum yang dikoordinir oleh Derby Taroreh STh, menggelar Diskusi Panel di Taman Hutan Rakyat (Tahura) HV Worang, Gunung Tumpa Kota Manado, Selasa (26/2/2019).
 
 
Meski Peristiwa Merah Putih identik dengan upaya heroik rakyat Minahasa Sulawesi Utara (Sulut) dalam mempertahankan Kemerdekaan RI dari tangan penjajah, namun ada yang ingin disasar dalam diskusi panel yang menghadirkan peserta pendeta GMIM di Kabupaten Minahasa, Minahasa Utara, Bitung dan Kota Manado, yaitu pemberdayaan masyarakat pesisir.
 
 
Isu yang diangkat dalam panel diskusi adalah upaya pengentasan kemiskinan masyarakat pesisir untuk mendapatkan akses informasi dan pendampingan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat berdaya bersaing secara sehat, unggul dan mampu memanfaatkan potensi yang ada dengan meminimalisir dampak lingkungan.
 
 
Diskusi dibuka oleh Kepala Biro Protokol Pemprov Sulut, Dantje Lantang yang mewakili Gubernur Olly Dondokambey. Kemudian sambutan oleh Sekretaris Sinode GMIM, Pendeta Evert Tangel yang menitikberatkan GMIM untuk dapat menjadi pelopor dan penggerak jemaat dalam mengaplikasikan ide pemikiran dan praktek langsung di lapangan untuk pengentasan kemiskinan.
 
 
Kepala Dinas Kehutanan Sulut, James Hutagaol memberikan materi diskusi mengenai peranan pemanfaatan Tahura HV Worang Gunung Tumpa sebagai kawasan konservasi dan pengembangan wisata alam.
 
 
Selanjutnya, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut, Jhon Panaeruman menjadi pemateri tentang program pengembangan destinasi wisata yang ada di Sulut. Sedangkan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulut, Bertie Karouw membawakan materi upaya pengembangan Bank Sampah Masyarakat.
 
 
Sedangkan materi dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut terkait pemberdayaan masyarakat pesisir serta Perda tentang RZWP3K. Dinas Pertanian juga menyampaikan pentingnya pengembangan kelapa dan prospektif pemberdayaan masyarakat petani.
 
 
Adapun Humas Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) Eko Wahyu Handono memberikan materi tentang program pemberdayaan masyarakat melalui Role Model pengembangan ekowisata di zona tradisional bersama masyarakat. Role Model tersebut diterapkan di Desa Popareng Kecamatan Tatapaan Kabupaten Minahasa Selatan dan Desa Poopoh Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa.
 
 
Pelibatan masyarakat merupakan cara baru dalam pengelolaan kawasan konservasi dimana masyarakat sebagai subjek utama pengelolaan. Program ini dikatakan Eko, dapat replikasi dan diadopsi dalam pemberdayaan masyarakat untuk pengembangan ekowisata dan wisata desa.
 
 
“Tujuan utamanya adalah menumbuhkan partisipasi dalam perlindungan kawasan dan komitmen dalam pemanfaatan kawasan secara tradisional dan tidak eksploitatif,” kata Eko.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
26 Nov 2016 / dibaca 1843 kali
MANADO (BK): Manado ternyata berpredikat darurat sampah. Fakta ini terungkap pada Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Aliansi Jurnalis...
Lingkungan
09 Nov 2016 / dibaca 1085 kali
DENPASAR (BK)Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1385 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan ternyata ramah lingkungan. Pasalnya, tidak ditemukan limbah...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1245 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan...
Lingkungan
13 Sep 2016 / dibaca 1312 kali
MANADO (BK) : Dinas Pertanian Kota Manado menargetkan menanam 11 ribu bibit mangrove di tahun 2016 ini. Pantai Tongkeina, Bunaken dan Alung...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.