Lingkungan

Jerry Sambuaga Bagikan Goodie Bag Atasi Sampah Plastik

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 15 December 2018 07:22   601 kali

MANADO (BK): Anggota Fraksi Partai Golkar DPR  RI, Jerry Sambuaga membagikan goodie bag kepada masyarakat untuk menyimpan sampah plastic di pasar Kota Manado, beberapa waktu lalu. Goodie Bag adalah tas yang berfungsi untuk membawa atau mengangkut. Fungsinya adalah pengangkut yang dapat dibawa kemana-mana.

 

Kegiatan tersebut dilakukan Sambuaga melalui relawannya berkaitan dengan peduli limbah sampah plastik yang sudah sangat mencekam lingkungan hidup.

 

Data yang dihimpun dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado, sampah yang dihasilkan oleh masyarakat mencapai 2.000 kubik perhari. Sebanyak 35% dari totalnya adalah sampah plastik, yaitu mencapai 700 kubik perhari.

 

Hal tersebut menjadi perhatian Sambuaga. Politisi muda Partai Golkar itu mengatakan, sampah plastik sangatlah berbahaya karena selain tidak bisa diurai secara alami, sampah plastik juga menjadi penyebab utama matinya mahkluk hidup. “Penting bagi kita untuk jaga kebersihan dan rawat ekosistem lingkungan dengan kurangi pakai plastik,” Sambuaga yang pada pemilu 2019 mencalonkan diri sebagai calon legislative DPR RI nomor urut satu.

 

Untuk itu, melalui relawannya, Dr Jerry Sambuaga membagikan goodiebag secara gratis ke pasar-pasar yang ada di Manado. ”Saya berharap dengan pembagikan goodiebag ke pasar-pasar, dapat membantu masyarakat untuk kurangi pemakaian plastik,” tutur politisi muda rendah hati dan murah senyum itu.

 

Ia menambahkan, semoga dengan adanya program kecil ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga membantu untuk mengurangi pemakaian plastik. “Semoga saja kontribusi yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat serta membantu masyarakat kurangi sampah plastik. Sehingga warga Manado dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari dan terutama untuk Natal namun juga sambil berkontribusi mengurangi jumlah pemakaian plastik apabila goodiebag yang saya berikan digunakan,” ucap Doktor Ilmu Politik dari Universitas Indonesia ini.

 

Menurut salah seorang warga yang mendapat goodiebag tersebut, Winda Poli, goodiebag ini sangat bermanfaat terlebih menjelang Hari Natal. “Bung Jerry memang top dan peduli dengan masalah lingkungan. Goodiebag ini sangat bermanfaat, apalagi saya sedang mencoba mengurangi penggunaan plastik,” ujar perempuan yang tinggal di daerah Sario, Manado.

 

Senada dengan Winda, Aldi Arif warga Singkil juga mengapresiasi kegiatan itu. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, baik untuk warga maupun demi kebaikan bumi.

 

(jerman/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
09 Nov 2016 / dibaca 1062 kali
DENPASAR (BK)Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1355 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan ternyata ramah lingkungan. Pasalnya, tidak ditemukan limbah...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1222 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan...
Lingkungan
13 Sep 2016 / dibaca 1283 kali
MANADO (BK) : Dinas Pertanian Kota Manado menargetkan menanam 11 ribu bibit mangrove di tahun 2016 ini. Pantai Tongkeina, Bunaken dan Alung...
Lingkungan
14 Aug 2016 / dibaca 1398 kali
MANADO (BK): Para mahasiswa ini patut diacungi jempol. Mereka rela berlumpur ria hanya untuk mengikuti Sekolah Jurnalistik untuk Mahasiswa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.