Lingkungan

Manado Bakal Deklarasi Perlindungan Hiu dan Pelarangan Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 01 April 2018 04:16   609 kali
MANADO (BK) : 40 negara maritim bakal menghadiri Festival Celebrate The Sea, 31 Maret hingga 5 April 2018 mendatang di Indonesia. Penyelenggaraan ini adalah yang ke-13 kali dan dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara.
 
 
Celebrate The Sea adalah kampanye dengan misi perlindungan hiu serta penggunaan produk plastik sekali pakai di bumi Nyiur Melambai. Sejumlah acara bertema penyelamatan laut bakal digelar selama festival ini.
 
 
"Ada kompetisi Fotografi Bawah Air CTS International pada 1-3 April di Pulau Bangka, Manado dan Pulau Lembeh. Total hadiahnya, 35 ribu dollar AS,” ujar penggagas festival ini, Mr Michael Aw, pada konferensi pers di Manado, Jumat (31/3/2018).
 
 
Lanjutnya, pemenang utama dalam lomba ini berhak atas hadiah 5.000 dollar AS. Sedangkan hadiah untuk pemenang tiap kategori berhak atas 2.000 dollar AS. 
 
Juga akan ditayangkan film dokumenter berjudul ‘A Plastic Ocean’ (Lautan Plastik) karya Craig Lesson yang juga sebagai penulis, sutradara sekaligus produsernya.
 
 
"Ada pula musikalisasi ‘Song for the Ocean’ oleh Kristin Hoffman yang akan dibawakan Unima Choir,” jelasnya.
 
 
Selain itu katanya, ada kompetisi seni anak-anak bertema konservasi yang akan melibatkan sedikitnya 75 orang anak dari delapan negara, yakni Indonesia, AS, Hong Kong, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Sri Lanka dan Filipina. Kompetisi ini membawa pesan agar orang-orang tak memakai produk plastik sekali pakai.
 
 
“Untuk konferensi konservasi laut dan fotografi bawah air, menghadirkan pembicara internasional dan akan dipusatkan di Atrium Megamall dan Mercure Manado Tateli Beach Resort,” jelas Mr Michael.
 
 
Festival Celebrate The Sea juga diharapkan bisa menginspirasi pelarangan baik atas penggunaan produk plastik sekali pakai dan produk sirip hiu di Manado. Diharapkan, partisipan pada festival ini menjadi bagian dari solusi, berkontribusi dalam menjaga lingkungan hidup maritim.
 
 
"Festival di Manado ini akan merayakan kemegahan dan kekayaan dari keanekaragaman lingkungan hidup kelautan di Taman Laut Bunaken, Pulau Bangka, dan Selat Lembeh," terang Sekretaris Panitia, Angelique Batuna.
 
 
Dia mengatakan, pendiri masa lalu di Celebrate The Sea mencakup beberapa tokoh terkemuka di dunia dalam pencitraan dan ilmu pengetahuan di bawah air. Mereka diantaranya Stan Waterman, David Doubilet, Jennifer Hayes, Ron & Valerie Taylor, Dr Sylvia Earle, Dr. Phil Nyutten, Howard dan Michele Hall, Peter Scoones, Dr Gerry Allen, Emory Kristof dan Michael AW.
 
 
"Misi Merayakan Festival Laut ini adalah menggunakan kekuatan gambar untuk menginspesasi konservasi dan perlindungan lingkungan laut. Sekarang bagaimana upaya kita untuk menjaga, mengenal ancaman terbesar oleh perubahan iklim dan polusi, khususnya di daerah segitiga koral yang tersembunyi ini," terangnya.
 
 
Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut Daniel Mewengkang mengatakan, Festival 2018 akan digunakan sebagai platform untuk menyerukan larangan penyeludupan ikan hiu dengan mengambil sirip ikan hiu dan larangan penggunaan kantong plastik.
 
 
“Kami akan bekerjasama dengan instansi terkait dan pihak kepolisian bersama – sama melakukan pengawasan penyeludupan hiu di daerah ini,” katanya.
 
 
Dia mengatakan, khusus untuk kantong pihaknya akan bekerjasama dengan instansi terkait untuk bersama – sama melakukan penghentian kembali pemakaian kantong plastik di Masyarakat.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
09 Nov 2016 / dibaca 989 kali
DENPASAR (BK)Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil memukau menjadi Nara Sumber dalam The 16th World Lake Conference atau Kongres...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1254 kali
MANADO (BK): Kapal pembangkit listrik terapung Karadeniz Powership Zeynep Sultan ternyata ramah lingkungan. Pasalnya, tidak ditemukan limbah...
Lingkungan
17 Sep 2016 / dibaca 1127 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan...
Lingkungan
13 Sep 2016 / dibaca 1180 kali
MANADO (BK) : Dinas Pertanian Kota Manado menargetkan menanam 11 ribu bibit mangrove di tahun 2016 ini. Pantai Tongkeina, Bunaken dan Alung...
Lingkungan
14 Aug 2016 / dibaca 1312 kali
MANADO (BK): Para mahasiswa ini patut diacungi jempol. Mereka rela berlumpur ria hanya untuk mengikuti Sekolah Jurnalistik untuk Mahasiswa...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.