Lingkungan

Sekolah Jurnalistik, AJI Manado Godok Siswa Peduli Lingkungan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 17 September 2016 07:12   635 kali
MANADO (BK): Kepedulian Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado terhadap lingkungan patut diacungi jempol. Salah satunya dengan melaksanakan Sekolah Jurnalistik Lingkungan untuk siswa SMA dan sederajat se-Kota Manado.
 
Sebanyak 30 siswa dari berbagai sekolah mengikuti pelatihan yang bertujuan mengenal dan peduli lingkungan melalui produk jurnalistik. Kegiatan berlangsung sehari di SMA Negeri 7 Manado, Jumat (16/9/2016).
 
Kepala SMAN 7 Manado, Kartini Tewal mengatakan tidak menyangka sekolah yang dipimpinnya dipilih AJI Manado sebagai tuan rumah pelaksanaan Sekolah Jurnalistik Lingkungan ini. Untuk itu, dia mengapresiasi kegiatan yang mengenalkan siswa dengan lingkungan.
 
“Apalagi memang sekolah kami konsen komitmen di bidang lingkungan hidup,” kata mantan Kepala SMAN 2 Manado ini.
 
Dia menyebutkan, SMAN 7 Manado dipercayakan Dinas Pendidikan menjadi utusan ke Jakarta akhir September tahun ini pada kegiatan pemanfaatan limbah menjadi insektisida. "Jadi saya harap materi pelatihan kali ini harus diaplikasikan dengan perbuatan dan bukan hanya dihafal saja," tandasnya.
 
Ketua AJI Manado, Yoseph Ikanubun mengatakan pelatihan kali ini untuk mengenalkan siswa dengan lingkungan. Siswa nantinya diharapkan mempunyai komitmen dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan melalui produk jurnalistik.
 
"Semoga siswa bisa memahami dan meningkatkan ketrampilan menulis di bidang lingkungan hidup," harap wartawan Surat Kabar Harian Metro ini.
 
Pelatihan ini sendiri menghadirkan pemateri dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado, Lisa Surentu dan Yuli Karauwan. Keduanya mengulas materi perlindungan dan pengolahan lingkungan hidup di Kota Manado. Namun Surentu lebih banyak mengulas tentang, pengelolaan sampah dan pemanfaatan sampah serta tanggungjawab untuk menjaga lingkungan sekitar.
 
“Perlu ada kesadaran diri sendiri untuk membuang sampah pada tempatnya,” ujarnya.
 
Sedangkan AJI Manado menghadirkan pematerinya, Ketua Bidang Ketenagakerjaan AJI Manado, Fransiskus Talokon dan sesepuh AJI Manado Donny Turang untuk menggodok para siswa memahami tentang pentingnya dan manfaat lingkungan hidup dan teknik menulis berita.
 
Talokon memaparkan tentang kode etik jurnalis, sedangkan Turang menjelaskan etika seorang jurnalis dalan hal melakukan peliputan dan penulisan suatu berita yang baik sesuai kaidah-kaidah jurnalistik. Kegiatan terus berlanjut, hingga sampai pada praktek menulis berita dan langsung dipresentasikan untuk menjadi seorang jurnalis yang baik.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Lingkungan
Lingkungan
05 Nov 2015 / dibaca 1617 kali
MANADO (BK): Wali Kota Manado, G.S. Vicky Lumentut diundang Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Tuti...
Lingkungan
04 Nov 2015 / dibaca 1442 kali
MANADO (BK) : Calon Walikota Manado, Hanny Joost Pajouw (HJP) kembali menyatakan satu diantara berbagai persoalan serius dan krusial di Kota Manado...
Lingkungan
21 Sep 2015 / dibaca 1190 kali
MANADO – Setiap hari, dalam satu setengah bulan terakhir keluarga Hanny Joost Pajouw atau Kel. Pajouw – Mailoor masuk keluar lingkungan di sejumlah...
Lingkungan
16 Aug 2015 / dibaca 1134 kali
MANADO (BK) : Kegiatan Save Our Littoral Life di Kota Manado menelorkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Penanaman terumbu karang...
Lingkungan
30 Jul 2015 / dibaca 1161 kali
JAKARTA (BK) : Institut Pembangunan Berkelanjutan didirikan di Jakarta pada 21 Januari 2015 oleh Dr Auderey Tangkudung Msi dan Dr Dhita Hapsarani...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.