Liputan Khusus

Ayo Ikut, Webinar Bakoding 1.0

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 22 July 2020 15:49   262 kali

Perkembangan teknologi  informasi dan teknologi finansial, Indonesia saat ini menghadapi tantangan berupa minimnya tenaga ahli pada bidang tersebut. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto mengatakan, selama ini dunia pendidikan di Indonesia masih belum mumpuni menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggulan di bidang Teknologi Informasi (TI). Pelajaran yang diberikan hanyalah sesuatu yang praktis dan cepat, seperti perkalian, pertambahan,pengurangan, jarang menekankan soal logika sehingga menyebabkan berkurangnya pekerja dalam negeri yang mumpuni di bidang TI, dan akhirnya akan tergantikan dengan pekerja asing.

   

Wilayah Indonesia Timur saat ini menjadi perhatian khusus pemerintah untuk pengembangan SDM dalam penguasaan bidang teknologi, dalam bidang usaha/mendirikan startup. Hal tersebut diperlukan sebagai solusi penyelesaian masalah di daerah. Menurut pemetaan database startup Indonesia BEKRAF tahun 2018, jumlah startup di Indonesia Timur hanya berjumlah 4% - 5% dan Founder startup yang berasal dari Indonesia timur hanya berjumlah 5.88 %.

 

Membangun Startup itu sendiri diperlukan 3 komponen yang saling menunjang yaitu; Hustler (Bisnis), Hipster (Desain), dan Hacker (Programmer). Namun menurut fakta di lapangan, kuota Hacker adalah yang paling kecil diantaranya. Hal ini disebabkan kurangnya edukasi dan pelatihan terhadap talenta calon programmer dan profesi ini bukan merupakan profesi yang paling dicari oleh sebagian besar masyarakat muda di wilayah Indonesia Timur.

 

Melihat masalah dan tantangan tersebut, Satu Tampa yang merupakan Startup Ecosystem Builder berkolaborasi dengan komunitas-komunitas startup yang berada di 8 kota wilayah Indonesia Timur yang mencakup wilayah Manado, Makassar, Kendari, Gorontalo, Palu, Maluku, Papua dan Balikpapan membentuk suatu komunitas “Dari Timur” yang berinisiatif untuk memperkuat eksistensi komunitas Teknologi Informasi di Indonesia Timur lewat program bernama ‘’BAKODING”

 

Webinar Bakoding 1,0 ini merupakan satu langkah awal kami para anak daerah untuk menjawab masalah dan tantangan tersebut, khususnya di bidang pengembangan TI (Web dan aplikasi). Kegiatan ini akan dilaksanakan secara online, dan kami menyasar peserta yang berminat belajar pengembangan TI, diutamakan bagi murid SMA/SMK. Para partisipan yang hadir diharapkan bisa memperoleh  insight  yang baru untuk dikembangkan di daerah masing-masing. Topik yang akan kami angkat yaitu ‘’How to be a product developer for Startup’’ dengan poin materi memberi motivasi bagi para pemula untuk mau menekuni bidang Teknologi Informasi, memperkenalkan tentang startup dan dasar pembuatan aplikasi dan pengembangan web” ujar Fadlin sebagai Project Leader Bakoding 1,0.

 

Fadlin menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah talenta muda di bidang TI (hacker) di Indonesia Timur, meminimalisir ketertinggalan Indonesia Timur dalam bidang TI dan membuka kesempatan bagi talenta Indonesia Timur untuk bisa berkembang secara nasional. Kegiatan ini akan diadakan pada Hari Sabtu, 25 Juli 2020 pukul 14.30-16.30 WITA melalui aplikasi zoom, cukup dengan mendaftar melalui: bit.ly/daftarbakoding. 

 

Akan hadir sebagai pembicara yang sangat berpengalaman di bidangnya adalah Muh Isfhani Ghiath (Senior Software Engineer, Tokopedia), Gifa Eriyanto (Fronted Engineer Quipper) dan Sherly Thahir (Wakil Direktur IDS Manado) serta dimoderatori oleh Ernest T. Rettobjaan, CEO Ko+labora.

Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
28 Dec 2019 / dibaca 264 kali
  TAHUNA (BK)-Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME melantik dan mengambil sumpah dua Pejabat (Pj) Kapitalaung yakni...
Liputan Khusus
19 Nov 2019 / dibaca 400 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat Nasional....
Liputan Khusus
28 Oct 2019 / dibaca 1116 kali
TONDANO (BK):  Konsultasi Tahunan Pemuda Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) tahun 2019, yang dilaksanakan di Gereja GMIM Elim...
Liputan Khusus
23 Sep 2019 / dibaca 279 kali
JAYAPURA (BK):  Sebanyak 318 orang pedemo diamankan di Mako Brimob, Polda Papua usai aksi demo di Universitas Cenderawasih, Jayapura,...
Liputan Khusus
23 Sep 2019 / dibaca 443 kali
  WAMENA (BK): Kerusuhan terjadi di Kota Wamena, Papua, pagi ini. Kantor dinas dan sejumlah ruko dibakar massa.   Karo...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.