Liputan Khusus

Begini Danlantamal VIII Pimpin Anggotanya Garap Lahan Kosong di Masa Pandemi Corona

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 30 April 2020 21:16   252 kali
Danlantamal VIII, Brigjen (Mar) Donar Philip Rompas menggunakan traktor tangan untuk membuka lahan dalam rangka memanfaatkan lahan kosong di tengah pandemi Covid-19. (foto: Dispen Lantamal VIII)
 
 
 
 
SUARA sebuah mesin traktor tangan terus berbunyi pagi itu, Kamis (30/4/2020). Seorang lelaki dengan sigap mengoperasikan traktor itu untuk membajak tanah. Sementara di tempat lain, puluhan orang lainnya membersihkan dan membuang rumput yang telah diparas. Ada juga yang membongkar tanah menggunakan cangkul dan sekop.
 
 
Siapa sangka, lelaki yang mengoperasikan traktor tanah itu adalah Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas. Meski telah berusia paruh baya, Danlantamal VIII berhasil membajak sebidang tanah. Tanah yang mengotori celananya tak dihiraukan.
 
 
Danlantamal VIII memang turun dan memimpin langsung penggarapan tanah seluas kurang lebih satu hektare yang berada di bagian belakang Mako Lantamal VIII Manado, Jalan Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua. Sejumlah pejabat utama dan seluruh personel Lantamal VIII, mulai dari perwira, bintara, tamtama dan pegawai negeri sipil (PNS) ikut serta.
 
 
“Ini adalah kegiatan dihari kedua untuk memanfaatkan lahan kosong di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona. Kemarin kita membersihkan lahan dari rumput dan semak-semak,” ujar Danlantamal VIII.
 
 
 
 
(foto: Dispen Lantamal VIII)
 
 
Menggarap lahan kosong memang menjadi solusi untuk menjaga ketahanan pangan pada masa pandemi Covid-19 ini. Bukan hanya di Lantamal VIII, tapi juga di seluruh Lantamal yang berada di Indonesia atas perintah Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
 
 
Lahan yang telah digarap nanti akan ditanami berbagai tanaman bulanan yang mendukung ketahanan pangan dalam jangka waktu singkat. Tanaman bulanan adalah yang tidak membutuhkan waktu lama untuk dipanen. Tanaman yang dimaksud berupa sayur-mayur, jagung, umbi-umbian serta tanaman lainnya. “Hal ini dilaksanakan sebagai antisipasi Lantamal VIII terhadap berkepanjangannya wabah pandemi corona ini,” ungkap perwira berpangkat satu bintang ini.
 
 
Menurut pria yang dibesarkan dalam lingkungan jurnalistik karena ayahnya seorang pemimpin redaksi di salah satu media cetak di Makassar ini mengatakan lahan yang telah digarap tersebut nantinya akan dibagi dalam beberapa sektor. Setiap sektor, tanggung jawabnya mulai dari penanaman dan perawatannya diserahkan kepada Satuan Kerja (Satker) Lantamal VIII di bawah kewasgiatan Sekretariat, Staf Intelijen, Staf Operasi, Staf Perencanaan dan Anggaran, Staf Logistik dan Staf Personel.
 
 
“Kalau panen nanti, seluruh personil Lantamal VIII yang akan menikmatinya. Kalau berkelebihan, bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar yang juga ikut terdampak Covid-19 ini,” pungkas Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas.
 
 
(acha/bk-8)
 
Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
19 Nov 2019 / dibaca 394 kali
JAKARTA (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat Nasional....
Liputan Khusus
28 Oct 2019 / dibaca 1073 kali
TONDANO (BK):  Konsultasi Tahunan Pemuda Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) tahun 2019, yang dilaksanakan di Gereja GMIM Elim...
Liputan Khusus
23 Sep 2019 / dibaca 266 kali
JAYAPURA (BK):  Sebanyak 318 orang pedemo diamankan di Mako Brimob, Polda Papua usai aksi demo di Universitas Cenderawasih, Jayapura,...
Liputan Khusus
23 Sep 2019 / dibaca 415 kali
  WAMENA (BK): Kerusuhan terjadi di Kota Wamena, Papua, pagi ini. Kantor dinas dan sejumlah ruko dibakar massa.   Karo...
Liputan Khusus
10 Sep 2019 / dibaca 400 kali
AMURANG (BK): 30 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) periode 2019-2024 resmi dilantik Senin...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.