Liputan Khusus

DPRD Manado Bentuk Pansus Ranperda Revisi Retribusi Jasa Umum, Genjot PAD

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 24 October 2017 17:00   139 kali
MANADO (BK): DPRD Kota Manado membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait Revisi Retribusi Jasa Umum. Dalam pembentukannya usai rapat paripurna, Anita de Blouwe dari Fraksi Demokrat terpilih menjadi Ketua Panitia Khusus.
 
Revisi Retribusi Jasa Umum ini sendiri perlu dilaksanakan karena kondisi terbarukan di Kota Manado, dimana saat ini untuk setoran ke kas daerah dari potensi tarif retribusi masih menggunakan tarif lama padahal di lapangan sudah ditagihkan menggunakan tarif yang baru secara sepihak oleh pelaku penarik retribusi.
 
"Ini merupakan salah satu cara yang tepat agar masyarakat membayarkan retribusi yang sesuai dengan apa yang disetorkan ke kas daerah. Selama ini, banyak pengelola yang sudah menggunakan tarif sendiri tapi yang disetor ke daerah masih gunakan perhitungan tarif lama," kata Ketua DPRD Kota Manado Noortje Van Bone.
 
Sementara, usai pembentukan Pansus tersebut, langsung diadakan serangkaian pertemuan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait dengan perubahan atau revisi retribusi jasa umum.
 
Adapun SKPD yang diundang dan terkait dengan Pansus ini antara lain, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Informasi dan Komunikasi serta Bagian Hukum dari sisi kajian hukum.
 
Sementara, tak hanya SKPD yang diundang, Perusahaan Daerah milik Pemerintah Kota Manado seperti PD Pasar, PD Air Minum dan beberapa lainnya juga ikut dipanggil dalam rapat pembahasan ini.
 
Ketua Pansus DPRD Manado terkait Revisi Retribusi Jasa Umum, Anita de Blouwe menyebutkan jika pembahasan ini perlu menjadi perhatian fokus dari Pemerintah Kota Manado karena terkait dengan pemasukan daerah.
 
"Tidak bisa dipungkiri, Kota Manado bisa berjalan pembangunannya karena sumbangsih dari masyarakat Kota Manado lewat retribusi yang dibayarkan. Nah, kita ingin ada aturan yang kuat dan baik untuk mendongkrak pendapatan ini," tutur Anita de Blouwe.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
02 May 2017 / dibaca 1032 kali
RATAHAN (BK): Pendidikan berkarakter merupakan pilar utama dalam menentukan kemajuan peradaban. Hal ini menjadi perhatian serius Bupati James...
Liputan Khusus
26 Apr 2017 / dibaca 292 kali
MANADO (BK): DPRD Kota Manado, Selasa 25 April 2017 menggelar rapat paripurna dalam rangka mendengarkan Laporan Keterangan Pertanggung...
Liputan Khusus
19 Apr 2017 / dibaca 276 kali
MANADO (BK): DPRD Kota Manado membuktikan komitmennya terkait dengan dunia pendidikan di Kota Manado. Sejumlah cara ditempuh DPRD Manado untuk...
Liputan Khusus
17 Apr 2017 / dibaca 444 kali
TOMOHON (BK): Perayaan Jumat Agung dan Paskah di Kota Tomohon berjalan tertib, aman, nyaman, dan rukun.   Wali Kota Tomohon Jimmy...
Liputan Khusus
06 Apr 2017 / dibaca 279 kali
MANADO (BK): DPRD Kota Manado menempuh cara diplomatis untuk mencarikan solusi terkait dengan pengoperasian Transportasi umum berbasis online...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.