Liputan Khusus

Ini Penjelasan BMKG Soal Cuaca Ekstrim Minggu Siang Tadi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 28 April 2019 17:51   955 kali

MANADO (BK): Cuaca buruk seperti intensitas hujan ringan hingga lebat dengan durasi yang signifikan terjadi di Sulawesi Utara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, cuaca buruk terjadi beberapa hari terakhir ini sejak 20 April 2019.

 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Kelas II Sam Ratulangi Manado Cariz Kainama menjelaskan, hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor di atmosfer.

 

"Faktor regional dan lokal sangat mempengaruhi cuaca buruk beberapa hari ini. Faktor regional yaitu terdapat beberapa wilayah tekanan rendah dan siklon tropis di BBS sehingga massa udara dari Pasifik lebih banyak didorong ke daerah siklon tropis dan pusat tekanan rendah tersebut," terang dia.

 

Selain itu, kata dia, massa udara dari Asia (Samudera Pasifik) yang terbawa angin bersifat basah. Kondisi di atas teridentifikasi mengakibatkan adanya konvergensi (pertemuan angin), pusaran angin tertutup dan belokan angin di wilayah Sulawesi Utara sehingga massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik mengalami perlambatan.

 

"Akbatnya, atmosfer menjadi jenuh (tercatat kelembapan per lapisan atmosfer sangat tinggi yaitu 70 sampai 100 persen) sehingga memiliki energi yang kuat untuk pertumbuhan awan-awan penyebab hujan lebat (awan CB)," ujar dia.

 

"Faktor lokal juga turut mempengaruhi kondisi cuaca-cuaca buruk tersebut yaitu topografi wilayah Sulawesi Utara pada umumnya bergunung atau tidak datar," lanjutnya.

 

Terkait prospek cuaca Sulawesi Utara untuk Bulan April 2019 masih dipengaruhi oleh angin monsun Asia di wilayah Indonesia yang menyebabkan masih terjadinya musim hujan.

 

Berdasarkan prakiraan curah hujan Bulan April 2019 oleh BMKG untuk Sulawesi Utara adalah kategori menengah hingga tinggi (200 sampai 500 mm). "Khususnya untuk Kota Manado adalah kategori menengah (200 sampai 300 mm). Untuk hujan di wilayah Sulawesi utara akan didominasi pada siang hingga sore menjelang malam dan dini hari di beberapa hari," kata dia.

 

(bmkg/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
08 Dec 2018 / dibaca 245 kali
TONDANO ( BK): Anggota DPR RI, Jerry Sambuaga mengatakan, sikap intoleransi merupakan cikal bakal terjadi terorisme di Indonesia. Oleh karena...
Liputan Khusus
30 Nov 2018 / dibaca 336 kali
KAIMA (BK): Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Skema PPPUD ini merupakan satu-satunya kegiatan di Propinsi Sulawesi Utara yang telah...
Liputan Khusus
14 Nov 2018 / dibaca 1370 kali
"MAKA pergilah Abram dari Mesir ke Tanah Negeb dengan isterinya dan segala kepunyaannya, dan Lotpun bersama-sama dengan dia. Adapun Abram...
Liputan Khusus
11 Nov 2018 / dibaca 490 kali
TALAUD (BK): Berdasarkan pengumuman tim seleksi calon anggota KPU Talaud. Tahapan pendaftaran selesai pada Minggu, 11 November 2018. Pukul...
Liputan Khusus
11 Nov 2018 / dibaca 386 kali
MANADO (BK) : Pascasarjana UNIMA menggelar Workshop Penyusunan Revisi Borang Akreditasi di Hotel Grand Puri Manado pada 10-11 November 2018....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.