Liputan Khusus

Jajaran Bawaslu Minut Bersinergi Sukseskan Pilkada 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 14 September 2020 15:52   79 kali

MINUT (BK)  Setelah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 kembali dilanjutkan, sebagaimana kesepakatan bersama DPR RI, KPU RI, Bawaslu RI, dan Kementerian Dalam Negeri pada 15 Juni 2020, Bawaslu Minut langsung bergerak cepat.

 

Langkah pertama yang dilakukan oleh Bawaslu Minahasa Utara yakni mengaktifkan kembali panitia ad-hoc pengawas pemilu, di tingkat kecamatan atau Panwascam dan di tingkat Kelurahan dan Desa atau Pengawas Kelurahan dan Desa (PKD) pada Minggu 21 Juni 2020.

 

“Semua panitia ad hoc yang dinonaktifkan sementara, kini sudah diaktifkan kembali, termasuk melantik Panwas Kelurahan dan Desa. Itu artinya tahapan pengawasan dari Bawaslu Minut untuk Pilkada 2020 sudah mulai berjalan,” ungkap Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy.

Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy mengikuti rapar virtual dengan jajaran Panwascam

Menghadapi kontestasi politik Lima tahunan ini, Bawaslu Minut tidak kendor semangat dalam melakukan pengawasan pasca penundaan berbagai tahapan.  Bawaslu Minut terus giat berkoordinasi dengan Bawaslu RI dan Bawaslu Sulut, meski hanya dengan cara virtual atau Daring.

 

Sementara itu Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Rahman Ismail kepada sejumlah wartawan mengatakan, sukses Pilkada merupakan tanggungjawab semua pihak terutama KPU, Bawaslu dan Peserta Pilkada.

 

“Bawaslu RI telah menentapkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), yang tentunya jadi perhatian Bawaslu, sehingga tahapan yang tengah berlangsung yakni verifikasi faktual calon perseorangan, dan pembentukan panitia pemutakhiran daftar pemilu, berlangsung sesuai koridor,” ujarnya.

Anggota Bawaslu Minut, Rahman Ismail saat mengikuti rapat virtual dengan jajaran

Dalam upaya mengoptimalisasikan fungsi pengawasan di tengah pandemic Covid-19, Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy, Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, Rahman Ismail, dan Koordinator divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Rocky Ambar terus intens menggelar Rakor secara virtual atau daring dengan jajaran Panwascam.

 

“Rakor ini sangat penting dan bermanfaat bagi Bawaslu dalam upaya menyamakan persepsi, agar sesuai dengan aturan main. Sehingga saya berharap ke depan Rakor online seperti ini dilakukan absen, jadi yang tidak mengaktifkan online dianggap tidak ikut,” kata Rocky Ambar.

Anggota Bawaslu Minut, Rocky Ambar saat mengikuti rapat virtual dengan jajaran

Bawaslu Minut ikut proaktif dalam kegiatan yang diadalan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut, dimana ikut menugaskan Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Rahman Ismail, sebagai narasumber dalam Sosialisasi Tahapan Lanjutan Pilkada 2020.

Satu diantara kegiatan rapat virtual yang digelar Bawaslu Minut

Terkait kegiatan secara virtual tersebut, Rahman Ismail mengatakan, Bawaslu ikut memberikan edukasi terkait Pilkada 9 Desember 2020 kepada jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa/kelurahan.

“Yang perlu diketahui basis pengawasan kita yakni PKPU, kita butuh kerjasama rekan-rekan PPK dan PPS, sehingga jangan menganggap kami ini rival tapi kita adalah partner kerja,” ujar Ismail, Senin (22/7/2020).

Bawaslu Minut menggelar rapat goordinasi Sentra Gakkumdu Minut

Bawaslu Minut juga mulai melakukan koordinasi serta rapat perdana dengan sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) dengan maksud untuk penyelarasan atau mempunyai pemahaman yang sama dalam penanganan pelanggaran khususnya dugaan pelanggaran pidana.

 

“Rapat bersama ini merupakan salah satu antisipasi kita semua apabila tiba-tiba ada temuan atau hal-hal yang berhubungan dengan pelanggaran dalam Pilkada pada 9 Desember nanti,” kata Koordinator divisi Penegakan Hukum dan Penyelesaian Sengketa Rocky Ambar SH.

Pimpinan Bawaslu Minut bersama Anggota Bawaslu Sulut dan Kapolres Minut

Pada Pilkada nanti tentunya keamanan sangat dibutuhkan termasuk koordinasi Bawaslu Minut dan Polres Minut. Untuk menjalin keakraban tersebut, diadakan olahraga bersama yang dikemas dalam bentuk olahraga bola voli di komplek Mapolres Minut.

 

Dalam kegiatan olahraga bersama tersebut, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK MSi  mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan menjalin keakraban dan komunikasi yang baik, terlebih saat menghadapi Pilkada 2020 di Minut.

Anggota Bawaslu Minut, Rahman Ismal saat melakukan supervisi di wilayah Kalawat

Perlahan namun pasti, Bawaslu Minut kini mulai melakukan sejumlah kegiatan lanjutan pada tahapan Pilkada serentak 2020 yang sempat ditunda akibat COVID-19.

 

Terpantau, Rabu (1/7/2020), Bawaslu Minut melakukan serangkaian kegiatan supervisi dan sosialisasi Pilkada dalam dua hari terakhir ini, Salah satunya di Kecamatan Kalawat.

 

Koordinator divisi (Kordiv) Pengawasan Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail yang hadir dalam kesempatan tersebut, mengingatkan jajarannya agar selalu menguprade pengetahuan terkait pengawasan Pilkada.

 

“Pahami aturannya dan kuasai lapangan. Ada hal-hal yang keluar dari aturan, langsung buat laporan tertulis. Makanya, Panwascam dan Panwas desa sekalian sudah harus melengkapi dan mengupgrade pengetahuan terkait tahapan yang akan berjalan. Ini adalah bahan dasar yang penting dari fungsi pengawasan kita,” tandas Ismail.

 

Usai pelaksanaan supervisi sekaligus sosialisasi di Kecamatan Kalawat, Kamis (2/7/2020), kembali Bawaslu Minut menggelar kegiatan yang sama di Pulau Bangka Kecamatan Liktim mencakup Desa Libas, Kahuku, Ehe.

Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy melakukan supervisi di wilayah Kepulauan

Ketua Bawaslu Simon Awuy yang turun bersama sejumlah staf, berangkat dengan menggunakan motor tempel membelah lautan hingga tiba di Desa Libas.

 

Di hadapan sejumlah Panwascam Liktim dan Panwas desa, Awuy mengharapkan ada motivasi dalam melaksanakan tugas dalam tahapan Pilkada yang sementara berjalan.

 

“Saat ini kita sudah memasuki lanjutan tahapan Pilkada yang sempat tertunda. Untuk itu, saya berharap kawan-kawan tetap semangat menghadapi tantangan didepan dengan penuh tanggungjawab pengawasan,” terang Awuy.

Anggota Bawaslu Minut, Rahman Ismail saat menjadi pemateri pada kegiatan KPU Minut

Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu selain diberikan kewenangan untuk melakukan tugas pengawasan dan penindakan pelanggaran juga diberikan kewenangan untuk menyelesaikan sengketa proses.

 

Kamis (2/7/2020), Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara kembali menggelar diskusi daring bertemakan penyelesaian sengketa antar peserta pemilihan dengan penyelenggara pemilihan, dengan sub tema diskusi prosedur dan tata cara penyelesaian sengketa pemilihan antar peserta pemilihan pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020.

 

Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu Minut Rocky Ambar, selaku fasilitator dalam diskusi kali ini menerangkan bahwa sengketa antar peserta pemilihan bisa terjadi pada tahapan kampanye.

 

Kesiapan Bawaslu Minut melakukan sejumlah tahapan mendapat kunjungan langsung dari Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Sabtu (4/7/2020) terutama terkait pelaksanaan Pilkada dalam memperhatikan standar COVID-19.

 

“Kedatangan beliau sekaligus memberikan berbagai wejangan dan diskusi menyangkut berbagai potensi pelanggaran yang berpotensi terjadi selama tahapan Pilkada nanti,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail.

 

Koordinasi-koordinasi tertus dijalankan Bawaslu Minut, terpantau, Senin (6/7/2020), Bawaslu Minut melakukan dua agenda berbasis online yakni Rakor bersama Bawaslu RI membahas riset Pilkada, kemudian Rakor bersama Kemendagri dan Bupati/Walikota serta KPU dan Bawaslu di Sulut terkait anggaran Pilkada.

 

Dihari yang sama, ketiga pimpinan Bawaslu Minut menyambangi Kajari Minut sebagai bentuk persiapan Gakkumdu dalam penanganan permasalahan di Pilkada.

 

(mfw/bk-11/eld)

Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
29 Jan 2020 / dibaca 395 kali
JAKARTA(BK): Sulawesi Utara semakin menjadi barometer kerukunan di Indonesia.   Salah bukti dari hal tersebut adalah kepercayaan...
Liputan Khusus
26 Jan 2020 / dibaca 318 kali
MANADO (BK) 25 Januari 2020. Di Hotel Grand Whiz Manado. Kegiatan bertajuk bimbingan teknis/pelatihan panitia pengawas Kecamatan se-Kota Manado...
Liputan Khusus
24 Jan 2020 / dibaca 241 kali
AMURANG (BK): Untuk kelancaran dalam pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa...
Liputan Khusus
16 Jan 2020 / dibaca 210 kali
AMURANG (BK): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Panitia...
Liputan Khusus
06 Jan 2020 / dibaca 152 kali
AMURANG (BK): Sedikitnya 51 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), mendapatkan pembekalan terkait...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.