Liputan Khusus

Kisah Nakes Lanud Sam Ratulangi Manado, Berjuang Vaksinasi Warga

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 28 September 2021 13:02   117 kali
Seorang tenaga kesehatan RSAU Lanud Sam Ratulangi sedang melakukan screening warga yang akan divaksin. (foto: istimewa)
HARI itu, Rabu 8 September 2021. Gedung Balai Prajurit Lanud Sam Ratulangi Manado telah dipenuhi oleh warga masyarakat. Ada yang di dalam, ada juga yang masih di luar. Mereka duduk di kursi yang diatur dengan berjarak pemisah.
 
Di salah satu meja, seorang perawat sedang memberikan formulir kepada seorang warga. Ia menuntun warga tersebut untuk mengisi formulir yang diberikan. Setelah formulir diisi, perawat itu mempersilahkan warga untuk berpindah ke meja selanjutnya.
 
Ia lalu mempersilahkan warga lainnya untuk ke mejanya. Tampak sesekali ia memencet botol hand sanitizer lalu mencuci tangannya. Meski menggunakan masker, raut wajahnya terlihat lelah. “Lumayan capek. Tapi masyarakat harus dilayani,” ujar Vernanda Lumi, perawat itu.
 
Ya, hari itu Lanud Sam Ratulangi Manado mengadakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 secara massal. Vernanda bertugas sebagai petugas screening sasaran baru. Tapi ia mengaku senang melaksanakan tugasnya. “Saya memang berharap masyarakat aktif berpartisipasi dalam program vaksinasi ini agar pandemi ini cepat berlalu,” ungkapnya.
 
Ratusan warga yang datang untuk mendapatkan vaksinasi hari itu membuat Mega Subalolok dan Ririn Anggraini mengaku telah mempersiapkan diri sebelumnya. Namanya vaksinasi massal, pasti akan didatangi oleh banyak orang. Keduanya pun menopang fisik di lapangan dengan mengkonsumsi vitamin serta cukup istirahat sebelum pelaksanaan vaksinasi massal.
 
“Harus banyak konsumsi minum air putih dan makan secukupnya,” ujar Mega dan Ririn yang mendapatkan tugas di bagian pengukuran tekanan darah dan bagian pendaftaran.
 
Menjadi tenaga vaksinator pada gelaran Serbuan Vaksinasi Massal bukan berarti harus melupakan tanggung jawab sebagai seorang ibu rumah tangga. Itulah yang dialami oleh Evelin Kulas. Meski merasakan kelelahan, perawat di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) Lanud Sam Ratulangi ini tetap melayani keluarganya. “Itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab,” tuturnya.
 
Bahkan sebelum menjalankan tugas selama seharian pada Serbuan Vaksinasi Massal, pagi ia masih menyempatkan melayani kebutuhan anak dan menyiapkan makanan untuk suami. Untuk menghilangkan perasaan lelah yang dialami, setiap pekerjaan harus dijalani dengan sukacita. “Harapannya, semoga kita tetap sehat, masyarakat sehat dan bisa beraktivitas normal kembali,” ujar wanita yang berasal dari Tahuna, Kabupaten Sangihe ini.
 
Berdoa juga menjadi pegangan dalam setiap melaksanakan pekerjaan. Sebagai vaksinator yang menghitung denyut nadi warga yang akan divaksin, Ariesta Putri berupaya memulainya dengan doa. “Biasanya plong saat bekerja, apalagi kita dituntut untuk tidak salah membaca tensi warga agar saat divaksin tidak terjadi apa-apa,” kata perawat RSAU ini.
 
Memang hal yang sangat luar biasa karena masyarakat yang datang pada pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Prajurit TNI AU ini bisa mencapai 600 orang. Mereka pun dituntut untuk perlu kekuatan ekstra untuk melayaninya. “Tapi nakes juga dapat tertolong dengan berkurangnya, orang-orang yang dirawat di rumah sakit apabila semuanya sudah mendapatkan vaksin,” tandas Putri.
 
Dengan makin banyak masyarakat yang ingin divaksin, membuat Silia Sundalangi berkesan masyarakat telah menyadari bahaya Covid-19. Itu menandakan masyarakat ingin mensukseskan program pemerintah. “Ayo vaksin, ayo ikut vaksin kita pasti bisa. Kami hanya senang saja melihat antusiame masyarakat, ini berarti kami dapat menolong orang lain”, kata Silia.
 
Sementara Pingkan Lensun yang bertugas sebagai percetakan kartu vaksin dan observasi mengatakan selama vaksin tentunya ada kendala. Tapi ada juga hal-hal positif yang didapat seperti merasakan kebahagiaan, sebab banyak masyarakat yang datang untuk vaksin. “Walaupun kadang kami kewalahan, tapi kami bersyukur dapat melaksanakan vaksinasi untuk semua lapisan masyarakat khususnya Kota Manado dan sekitarnya,” tandasnya.
 
Sebagai seorang nakes, dituntut mempunyai persiapan awal yakni mental untuk menghadapi masyarakat. Karena nakes menjadi salah satu garda terdepan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak termakan isu hoaks tentang vaksinasi Covid-19.
 
Nakes harus bisa menjelaskan pentingnya vaksin Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari, apalagi pandemi ini masih ada. “Jadi saya berharap nakes bisa memulai dari keluarga dan saudara untuk mau divaksin, baru mengajak masyarakat karena vaksin dapat menekan angka penyebaran Covid,” ungkap dr Intan Permatasari Sardi dari PHL RSAU Lanud Sam Ratulangi Manado.
 
Anggraini Gaghenggang bersyukur dapat bertugas sebagai tenaga vaksinator di Serbuan Vaksinasi Massal Covid-19 Lanud Sam Ratulangi Manado. Vaksinator dari Tim Vaksin Hebat Provinsi Sulut ini merasakan pengaturan dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi massal ini sangat baik karena langsung dikawal oleh tim kesehatan maupun prajurit TNI AU. “Mudah-mudahan terus berjalan lancar, semakin sukses TNI AU,” tandasnya.
 
Target kerja yang tinggi setiap harinya dan di bawah bayang-bayang maut penularan Covid-19 memang rentan terjadi kepada para nakes. Namun ada beberapa trik persiapan yang bisa dilakukan oleh nakes agar terhindar dari penularan Covid-19. Salah satunya dengan memaksimalkan asupan gizi dan istirahat yang cukup.
 
“Walaupun capek tapi kalau pas kita kumpul makan, semua rasa capek hilang dengan bercanda”, ujar Sekretaris RSAU Lanud Sam Ratulangi Manado Lettu Kes drg. Christi Mario Nesa.
 
Ia berterima kasih kepada pimpinannya Danlanud Sam Ratulangi Manado Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo dan kepada pemerintah Provinsi Sulut yang telah memfasilitasi terlaksananya program Serbuan Vaksinasi Massal. “Semoga kami dapat mengejar target untuk vaksinasi sesuai dengan target nasional untuk Sulawesi Utara,” ujarnya.
 
Serbuan Vaksinasi merupakan bagian dari tugas TNI yakni Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Berdasarkan Keputusan Presiden RI Joko Widodo yakni Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tanggal 13 April 2020 tentang penetapan bencana non-alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional. Dan hasil rapat terbatas Presiden RI pada 31 Mei 2021 tentang percepatan vaksinasi di seluruh provinsi.
 
Sehingga Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah memerintahkan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Up Asisten Operasi Panglima TNI. Berdasarkan Telegram Panglima TNI Nomor TR/599/2021 tertanggal 14 Juli 2021 untuk Serbuan Vaksinasi TNI di 34 provinsi secara serentak dan masiv di wilayah masing-masing.
 
Secara berjenjang, Kasau telah memerintahkan kepada Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo selaku Panglima Komando Operasi II TNI AU untuk melaksanakan, menyiapkan tempat, maupun vaksinator, fasilitas serta sarana prasarana pendukung sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 diwilayahnya. Dibawah koordinasi Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI).
 
Pangkoopsau II telah menginstruksikan lanud jajarannya, termasuk Lanud Sam Ratulangi untuk menggelar Serbuan Vaksinasi. Namun, masyarakat dianjurkan mendaftar secara online pada https://www.vaksinhebat.idsolution.co.id/ sebelum menuju lokasi Serbuan Vaksinasi.
 
Lanud Sam Ratulangi Manado dalam Serbuan Vaksinasi senantiasa berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Sulut. Kegiatan nasional ini berpedomankan protokol kesehatan. Demikianlah, Serbuan Vaksinasi yang awalnya dikebut selama sepuluh hari berturut-turut sejak digelar pada 28 Juni lalu, hingga kini telah 12.000 masyarakat Sulut mendapatkan pelayanan vaksinasi di RSAU Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi.
 
Selama tiga bulan terakhir, tenaga kesehatan Rumah Sakit Lanud Sam Ratulangi, dipimpin Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, secara bahu-membahu melayani ribuan warga Sulut yang datang. Sambil mereka sendiri menjaga dirinya agar selamat dari pandemi Covid-19.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Liputan Khusus
Liputan Khusus
17 Oct 2020 / dibaca 441 kali
MANADO (BK): Karang Taruna menggelar temu karya daerah. Prosesi pembukaan Temu Karya Daerah (TKD) Karang Taruna (KT) Provinsi Sulawesi Utara...
Liputan Khusus
30 Sep 2020 / dibaca 457 kali
Mahasiswa Berinovasi Bersama Ciptakan Perubahan Untuk Negeri   Menghubungkan dan memberdayakan anak muda di seluruh Indonesia...
Liputan Khusus
26 Sep 2020 / dibaca 371 kali
AMURANG (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan...
Liputan Khusus
24 Sep 2020 / dibaca 295 kali
AMURANG (BK): Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pembicaraan tingkat...
Liputan Khusus
24 Sep 2020 / dibaca 364 kali
AMURANG (BK): Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), melaksanakan pencabutan nomor urut bagi pasangan calon (Paslon)...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.