Manado

Alot dan Panas Hearing Komisi B dan PD Pasar Manado, Keintjem Pilih Walk Out

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 16 October 2018 20:42   291 kali
Suasana hearing Komisi B DPRD Manado dan PD Pasar. (foto : acha)
LIPUTAN KHUSUS
 
 
MANADO (BK) : Rapat dengar pendapat Komisi B, DPRD Kota Manado dengan PD Pasar berlangsung panas, Selasa (16/10/2018) sore. Adu argumen, diskors hingga aksi ‘walk out’ mewarnai hearing dengan pembahasan portal parkir.
 
 
Hearing dipimpin Wakil Ketua Komisi B, Pingkan Nuah dengan anggota Lily Walandha, Benny Parasan dan Sarifuddin Taha. Sedangkan PD Pasar Manado dihadiri langsung oleh Dirut Ferry Keintjem, Dirum Hendra Soenardji dan sejumlah stafnya.
 
 
Dari pantauan beritakawanua.com, hearing langsung diawali dengan sejumlah cecaran pertanyaan oleh Pingkan Nuah. Salah satu yang ditanyakan adalah kondisi keuangan PD Pasar di tahun 2016 dan 2017 yang dianggap tidak jelas.
 
 
“Pak Ferry sudah menjabat sebagai Dirut sejak 2016, lalu kemana laporan pertanggungjawaban keuangan hingga sampai dilaporkan ke Kejaksaan Agung (Kejagung)?” tanya Pingkan Nuah.
 
 
 
 
Dirut PD Pasar, Ferry Keintjem saat memberikan penjelasan terkait pemasangan portal parkir. (foto : acha)
 
 
Keintjem menjawab, itu seharusnya tidak perlu dibahas. Apalagi katanya, jika sudah dilaporkan ke Kejagung. “Kalau memang sudah berproses di Kejagung, kenapa lagi harus dibahas disini,” tandasnya.
 
 
Adu argumen bukan hanya terjadi antara pimpinan hearing dengan Direksi PD Pasar. Sesama anggota Komisi B yang ikut hearing, juga terlibat saling bantah.
 
 
 
Hearing dipimpin Wakil Ketua Komisi B, Pingkan Nuah dengan anggota Lily Walandha, Benny Parasan dan Sarifuddin Taha.
 
 
Contohnya, Lili Walandha yang menyerang Pingkan Nuah dengan menyebut substansi hearing adalah masalah pemasangan portal parkir di Pasar Bersehati. Dia mengatakan, selesaikan dulu substansi hearing baru kemudian menanyakan perihal yang lain.
 
 
“Kalau tidak bisa jadi pimpinan sidang, ganti jo (saja). Torang (kita) ini ingin mencapai solusi bagi masyarakat,” tukas Walandha.
 
 
Srikandi ‘Bintang Mercy’ ini menyebut tidak suka dengan anggapan Pingkan Nuah yang mengatakannya selalu membela Dirut PD Pasar. “Saya memang membela, tapi yang dibela adalah rakyat karena saya adalah wakil rakyat. Ada keluhan dari masyarakat mengenai kenaikan tarif masuk pasar, ini yang jadi tujuan utama hearing ini,” tukas Walandha.
 
 
“Dasar kenaikan tarifnya apa, apakah karena kebersihannya atau karena gaji karyawan yang dinaikkan,” tambahnya lagi.
 
 
Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone mengikuti pembahasan hearing. (foto : acha)
 
 
Sementara Sarifuddin Taha juga mempertanyakan adanya penarikan tarif parkir dobel (ganda) kepada pengunjung yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. “Katanya sejak pemasangan portal yang katanya hanya sekali bayar saat keluar, tapi pengunjung juga masih dimintakan biaya saat berada di dalam pasar. Itu keluhan yang sempat kami terima,” tanya Taha.
 
 
Makin alotnya hearing setelah pembahasan mulai menyinggung Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Direksi (Perdis), dimana pemasangan portal parkir tidak melalui kajian dan pembahasan ditingkat DPRD serta pengesahan Walikota. Hearing bahkan sampai diskors karena harus menghadirkan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Manado atas permintaan Lily Walandha dan Benny Parasan.
 
 
Hearing juga sempat menjadi perhatian Ketua DPRD Manado, Noortje Henny Van Bone. Meski tidak duduk di barisan pimpinan sidang, Van Bone menghimbau harus diadakan rapat internal dahulu sebelum dilakukan hearing.
 
 
“Rapatkan internal dulu, jangan nanti jadi seperti ini. Ada beda pendapat dan akhirnya keluar dari tupoksi hearing,” himbaunya.
 
 
 
Dirut PD Pasar Manado, Ferry Keintjem. (foto : acha)
 
 
Rapat dengar pendapat akhirnya tidak menemui hasil. Direksi PD Pasar memilih ‘walk out’ meninggalkan ruangan. (***)
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
26 Jul 2019 / dibaca 163 kali
MANADO (BK) : Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado memperingati Hari Anak Nasional (HAN) dengan menggelar diskusi lepas bertemakan...
Manado
26 Jul 2019 / dibaca 229 kali
MANADO (BK) : Tak lama lagi Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan menorehkan sejarah. 3 rekor dunia selam akan dibuat di Teluk...
Manado
22 Jul 2019 / dibaca 156 kali
MANADO (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE ikut menghadiri puncak acara peringatan hari bhakti...
Manado
19 Jul 2019 / dibaca 133 kali
MANADO (BK): Sejak Kamis kemarin hingga Jumat hari ini (18-19/7/2019), Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa...
Manado
06 Jul 2019 / dibaca 457 kali
MANADO (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE bersama Wakil bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH beserta...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.