Manado

Aturan Resmi Transportasi Online, Mirip Regulasi Mikrolet

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 05 November 2017 20:20   282 kali
Sosialisasi Peraturan Menteri Perhubungan tentang peraturan transportasi online
MANADO (BK): Kementerian Perhubungan, Sabtu 4 November 2017 bertempat di Hotel Quality Manado menggelar sosialisasi Peraturan Menteri (PM) nomor 108 Tahun 2017, tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, atau istilah kerennya, aturan resmi terkait beroperasinya Transportasi berbasis online.
 
Dalam sosialisasi tersebut, Sekretaris Dirjen Hubungan Darat Hindro Surahmat menjelaskan jika PM 108 merupakan aturan mengikat untuk transportasi online yang tidak bisa dibendung keberadaan maupun pertumbuhannya di masa sekarang.
 
"Aturan ini selain mengakomodasi kemudahan bagi masyarakat dengan pelayanan yang selamat dan aman serta tertib, PM 108 memberikan kepastian hukum terhadap aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan serta menampung perkembangan kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan angkutan umum," tutur Surahmat saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut.
 
Sementara, dalam regulasi yang ada di dalam PM 108, transportasi berbasis online ini memiliki kesamaan dengan angkutan mikrolet di Kota Manado terkait dengan syarat bisa beroperasinya transportasi online.
 
Dalam pemaparan yang dilakukan Kepala Subdirektorat Angkutan Orang, Direktorat Angkutan dan Multimoda, Dr Syafrin Liputo MT, ada 9 aturan utama yang wajib dipenuhi oleh angkutan transportasi online.
 
"Ada 9 substansi yakni argometer taksi, tarifnya, wilayah operasinya, kuota atau perencanaan kebutuhan, persyaratan minimal 5 kendaraan untuk bisa mendapatkan ijin, bukti kepemilihan kendaraan bermotor, domisili TNKB, SRUT dan peran aplikator dalam penyediaan aplikasi dan perekrutan yang baik," kata Liputo.
 
Lanjut menurut Liputo, selain 9 substansi tersebut terdapat aturan penting lainnya yang wajib dilaksanakan transportasi online yakni kewajiban menggunakan Stiker ASK atau penanda transportasi online dan adanya asuransi yang harus tersedia.
 
"Hal penting lainnya itu adalah para sopir harus memiliki SIM Umum layaknya sopir angkutan lainnya. Untuk SIM umum ini, wajib karena sudah sesuai standar," kata Liputo kembali.
 
Sementara, Ketua ASPINDO Sulut Terry Umboh yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, menyambut baik aturan yang diberlakukan tersebut. Menurut Terry, dengan aturan yang ada saat ini, para transportasi online akan memiliki kesamaan dengan mikrolet pada umumnya.
 
"Jadi akan ada kuota seperti yang diberlakukan di mikrolet, ada pembatasan wilayah, dimana kendaraan luar kota tidak bisa mengangkut penumpang dan tentunya ketentuan SIM maupun uji keur seperti mikrolet. Saya tentu mendukung regulasi ini," tutur Umboh.
 
Sementara, Ketua Organda Kalo Moleong walaupun mengaku mendukung PM 108, dirinya masih merasa ada yang diistimewakan untuk transportasi online terkait setoran Pendapatan kepada negara. Menurut Kalo, transportasi online tetap dikatakan illegal karena tidak menyetor pendapatan ke negara.
 
"Mudah-mudahan ini bisa jadi perhatian penuh pemerintah," kata Moleong kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
01 May 2018 / dibaca 155 kali
MANADO (BK): Kantor DPRD Kota Manado menjadi salah satu titik Aksi dalam rangka Hari Buruh yang digelar oleh Konfederasi Serikat Buruh...
Manado
27 Apr 2018 / dibaca 135 kali
MANADO (BK): Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Steven Kandouw mengatakan, mulai melemahnya tenaga surya yang sebenarnya dapat memberikan...
Manado
22 Apr 2018 / dibaca 268 kali
MANADO (BK): Anggota DPRD Kota Manado Nurrasyid Abdurahman menyayangkan wajah Kota Manado yang dikenal sebagai daerah dengan toleransi dan...
Manado
25 Mar 2018 / dibaca 190 kali
MANADO (BK): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menempati sekretariat baru di Jl. Pulau Alor, Kelurahan Batukota Lingkungan II Kecamatan...
Manado
15 Mar 2018 / dibaca 231 kali
MANADO (BK): Kasus Tunjangan Ganti Rugi (TGR) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang mencapai lebih dari Rp10 milliar, perlahan mulai hilang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.