Manado

Cara Reskom Garuda Siaga Cegah Covid-19 di Tengah Masyarakat

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 18 October 2020 20:22   209 kali
Ketua Umum Reskom Garuda Siaga, Jemmy Ringkuangan saat melantik pengurus Reskom Garuda Siaga Kota Bitung beberapa waktu lalu. (foto: elnusa)
 
 
 
 
MANADO (BK) : Ada yang berbeda saat pelantikan Tim satuan tugas (Satgas) pemburu pelanggar protokol kesehatan Covid-19 oleh Polresta Manado, akhir September 2020 lalu. Dalam tim gabungan tersebut terdapat nama baru yaitu Resimen Komunikasi (Reskom) Garuda Siaga.
 
 
Lalu, apa itu Reskom Garuda Siaga? Reskom Garuda Siaga adalah organisasi yang dibentuk karena adanya kebutuhan kelompok sadar (Pokdar) Kamtibmas di kota Manado. Organisasi ini terbentuk 29 September 2017 dan diakta-notariskan 1 tahun kemudian tepatnya di tahun 2018.
 
 
Organisasi ini terbentuk karena semakin maraknya tindak kriminalitas yang dipicu penyalahgunaan miras, lem, komix, pil koplo dan berbagai macam narkotika. “Ini kemudian membuat kami tergugah untuk dapat memberi sumbangsih andil dalam pengawasan dan pelaporan,” ujar Ketua Umum Reskom Garuda Siaga, Jemmy Ringkuangan, Minggu (18/10/2020).
 
 
Reskom katanya, senantiasa memberikan informasi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Berbekal pengabdian dan pemberian diri, Reskom tampil menjadi bagian potensi pokdar kamtibmas serta menjadi mitra pemerintah, Kepolisian, TNI, dan lain-lain dalam rangka memberikan informasi yang bersifat, pencegahan (preventif).
 
 
Menurutnya, tidaklah banyak organisasi masyarakat seperti Reskom Garuda Siaga dengan domain cukup komplit. Dimana Reskom beranggotakan semua lini, baik itu buruh, pekerja, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan berbagai latar belakang profesi dan pendidikan yang berbeda, dengan tekad dan satu tujuan besar demi terciptanya Sulut yang aman dan damai.
 
 
“Penyebaran anggota Reskom yang menyentuh sampai di tingkat lingkungan sehingga menjadi kekuatan besar dan percepatan distribusi informasi rahasia dan terukur sampai didistribusikan kepada pihak yang berwenang seperti Kepolisian, Damkar, Pemerintah dan pihak berwenang lainnya,” ungkap Jemmy.
 
 
“Reskom Garuda Siaga kemudian menjadi sebuah ormas non profit yang independen dan juga tidak terafiliasi dengan partai politik mana pun atau calon kontestan pilkada siapa pun,” tambahnya.
 
 
Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Provinsi Sulut ini juga mengatakan telah jauh memberikan sumbangsih dalam membantu pemerintah di masa pandemi Covid-19. “Maret diawal masa pandemi saja kami sudah membagikan ribuan masker kepada petugas medis dan aparat,” ujarnya.
 
 
Penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga, kantor instansi pemerintah seperti kantor lurah, Mako polsek dan tempat-tempat umum juga dilakukan setiap hari.
 
 
Selain itu, juga dilakukan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya program 3M yaitu, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menggunakan Masker. Penyuluhan ini dilakukan dengan cara mendatangi kelompok-kelompok masyarakat, baik di perkampungan maupun di pusat kota.
 
 
Reskom Garuda Siaga juga ikut melibatkan diri pada Tim satuan tugas (Satgas) pemburu pelanggar protokol kesehatan Covid-19 oleh Polresta Manado. “Reskom kemudian membantu memonitor giat perilaku kehidupan new normal, dengan menghimbau utk tetap mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Jemmy.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Aug 2020 / dibaca 370 kali
MANADO (BK) : Wakil Wali kota Manado Mor Dominus Bastiaan menghadiri ibadah Hari Ulang Tahun ke-47 Pdt.Argemiro Marimpung, Gembala GPDI Pniel...
Manado
15 Aug 2020 / dibaca 248 kali
MANADO (BK) : Seorang lansia (lanjut usia) di kota Manado Katrina Tahendung alias Oma Katrin berusia 71 tahun yang viral di media sosial...
Manado
14 Aug 2020 / dibaca 319 kali
MANADO (BK) : Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan (GSVL-MOR), begitu peduli dengan tenaga harian lepas...
Manado
14 Aug 2020 / dibaca 0 kali
MANADO (BK) : Kajati Sulawesi Utara (Sulut), Igbal Arif, SH, MH, mengunjungi Ruang Cerdas Command Center (C3) Pemerintah Kota Manado, Kamis...
Manado
13 Aug 2020 / dibaca 226 kali
MANADO (BK) : Tanggal 10 Agustus 2020 yang lalu adalah tepat satu tahun diberlakukannya Indonesia-Chile Comprehensive Economic Partnership...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.