Manado

Diduga Dikerjakan Oknum Legislator, Proyek WC DPRD Bermasalah Lolos Pengawasan

Sejak Pembuatan Septic Tank Sudah Bermasalah,
Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 09 April 2017 19:09   402 kali
MANADO (BK): Dugaan kuat terlibatnya oknum legislator di DPRD Manado dalam proyek pembuatan 2 buah toilet atau wc di gedung rakyat tersebut, mulai berhembus kencang. Hal ini dikarenakan proyek yang tak kunjung selesai tersebut, justru luput dari perhatian siapapun.
 
Dugaan keterlibatan oknum legislator ini muncul sejak pembuatan septic tank untuk wc yang terintegrasi dengan wc yang baru tersebut. Lokasi septic tank berada di depan halaman parkir kendaraan tepatnya di bawah saluran air.
 
Akibatnya, saat pelaksanaan pembangunan septic tank tersebut, air selalu menggenangi septic tank yang dibuat tersebut. Namun, tidak ada usaha untuk memindahkan lokasi septic tank, karena jika dipindahkan, anggaran yang telah dikeluarkan akan mubazir. 
 
Imbasnya, walaupun dalam kondisi basah dan ketahanan cor-coran semen yang tidak kuat, pekerjaan septic tank terus dilakukan, dan langsung ditutup semen keras di atas. Namun, baik PPTK maupun pengawas enggan mempersoalkan, karena diduga kuat proyek ini milik legislator Manado.
 
Lanjut saat pekerjaan ruangan toilet atau WC. Ruangan tempat buang hajat tersebut diletakan di depan ruangan Bagian Keuangan. Kegiatan pekerjaan ini juga tak seperti kegiatan proyek lainnya karena tidak memiliki papan penanda proyek. Selain itu, kerahasiaan benar-benar dijaga selama pekerjaan tersebut. Siapapun selain para pekerja proyek dilarang berada di dalam ruangan WC ini.
 
Namun, saat pihak inspektorat melakukan inspeksi, tepat di hadapan para pemeriksa ini, tiba-tiba tempat kencing pria yang ditempelkan di dinding jatuh. Walaupun tak sampai pecah tempat kencing tersebut, tapi langsung mengindikasikan jika proyek tersebut memang sangat bermasalah. 
 
Menurut salah satu staf di Bagian Umum Sekretariat DPRD Manado yang ikut menemani pemeriksaan tersebut, ternyata tempat kencing pria yang jatuh tersebut disebabkan baut yang dipasangkan longgar, sehingga perlu perbaikan total ulang.
 
"Memang jatuh pas di depan pemeriksa. Dicek, ternyata bautnya longgar. Akhirnya disuruh pemeriksa untuk secepatnya diperbaiki. Dan itu sudah diperbaiki," kata staf di Bagian Umum tersebut, sembari meminta namanya tak dipublish.
 
Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat DPRD Kota Manado Steven Ferry Rende saat dikonfirmasi mengaku jika dirinya tak terlalu mengetahui proyek WC tersebut. Menurutnya, pekerjaan tersebut lebih dipahami oleh PPTK dan staf Umum yang diserahkan kewenangan untuk mengawasi proyek.
 
"Saya akan tanya dulu kepada PPTK proyek itu. Saya tidak terlalu paham. Nanti kalau sudah di kantor akan kami tanya untuk memastikan persoalan proyek tersebut," kata Rende yang dihubungi beritakawanua.com dan mengaku masih berada di Jakarta.
 
Saat ditanya apakah ada keterlibatan oknum legislator, sekali lagi Rende mengakui jika dirinya tak bisa memberikan keterangan, karena seluruh proyek di DPRD Manado diserahkan kewenangannya kepada masing-masing PPTK.
 
"Nanti saya coba cek lagi kalau saya sudah di Manado," kata Rende kembali.
 
(tim bk)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
17 Dec 2017 / dibaca 88 kali
MANADO (BK) : Banjir mengepung Kota Manado lagi. Hujan lebat sejak siang tadi, telah membuat sejumlah sungai meluap dan merendam rumah warga,...
Manado
17 Dec 2017 / dibaca 121 kali
MANADO (BK): Banjir kembali terjadi di Kota Manado Sabtu 16 Desember 2017. Sejumlah wilayah terdampak banjir yang paling rendah selutut orang...
Manado
17 Dec 2017 / dibaca 159 kali
MANADO (BK): Sabtu 16 Desember 2017 tadi malam, Kota Manado kembali diterjang banjir besar. Walaupun tak sama seperti tahun 2014 lalu, tapi...
Manado
16 Dec 2017 / dibaca 0 kali
MANADO (BK) : Banjir mengepung Kota Manado lagi. Hujan lebat sejak siang tadi, telah membuat sejumlah sungai meluap dan merendam rumah warga,...
Manado
16 Dec 2017 / dibaca 108 kali
MANADO (BK): Masyarakat Kota Manado tampaknya harus lebih berhati-hati lagi jika akan menggunakan trotoar sebagai sarana tempat berjalan kaki....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.