Manado

Diduga Dikerjakan Oknum Legislator, Proyek WC DPRD Bermasalah Lolos Pengawasan

Sejak Pembuatan Septic Tank Sudah Bermasalah,
Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 09 April 2017 19:09   500 kali
MANADO (BK): Dugaan kuat terlibatnya oknum legislator di DPRD Manado dalam proyek pembuatan 2 buah toilet atau wc di gedung rakyat tersebut, mulai berhembus kencang. Hal ini dikarenakan proyek yang tak kunjung selesai tersebut, justru luput dari perhatian siapapun.
 
Dugaan keterlibatan oknum legislator ini muncul sejak pembuatan septic tank untuk wc yang terintegrasi dengan wc yang baru tersebut. Lokasi septic tank berada di depan halaman parkir kendaraan tepatnya di bawah saluran air.
 
Akibatnya, saat pelaksanaan pembangunan septic tank tersebut, air selalu menggenangi septic tank yang dibuat tersebut. Namun, tidak ada usaha untuk memindahkan lokasi septic tank, karena jika dipindahkan, anggaran yang telah dikeluarkan akan mubazir. 
 
Imbasnya, walaupun dalam kondisi basah dan ketahanan cor-coran semen yang tidak kuat, pekerjaan septic tank terus dilakukan, dan langsung ditutup semen keras di atas. Namun, baik PPTK maupun pengawas enggan mempersoalkan, karena diduga kuat proyek ini milik legislator Manado.
 
Lanjut saat pekerjaan ruangan toilet atau WC. Ruangan tempat buang hajat tersebut diletakan di depan ruangan Bagian Keuangan. Kegiatan pekerjaan ini juga tak seperti kegiatan proyek lainnya karena tidak memiliki papan penanda proyek. Selain itu, kerahasiaan benar-benar dijaga selama pekerjaan tersebut. Siapapun selain para pekerja proyek dilarang berada di dalam ruangan WC ini.
 
Namun, saat pihak inspektorat melakukan inspeksi, tepat di hadapan para pemeriksa ini, tiba-tiba tempat kencing pria yang ditempelkan di dinding jatuh. Walaupun tak sampai pecah tempat kencing tersebut, tapi langsung mengindikasikan jika proyek tersebut memang sangat bermasalah. 
 
Menurut salah satu staf di Bagian Umum Sekretariat DPRD Manado yang ikut menemani pemeriksaan tersebut, ternyata tempat kencing pria yang jatuh tersebut disebabkan baut yang dipasangkan longgar, sehingga perlu perbaikan total ulang.
 
"Memang jatuh pas di depan pemeriksa. Dicek, ternyata bautnya longgar. Akhirnya disuruh pemeriksa untuk secepatnya diperbaiki. Dan itu sudah diperbaiki," kata staf di Bagian Umum tersebut, sembari meminta namanya tak dipublish.
 
Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat DPRD Kota Manado Steven Ferry Rende saat dikonfirmasi mengaku jika dirinya tak terlalu mengetahui proyek WC tersebut. Menurutnya, pekerjaan tersebut lebih dipahami oleh PPTK dan staf Umum yang diserahkan kewenangan untuk mengawasi proyek.
 
"Saya akan tanya dulu kepada PPTK proyek itu. Saya tidak terlalu paham. Nanti kalau sudah di kantor akan kami tanya untuk memastikan persoalan proyek tersebut," kata Rende yang dihubungi beritakawanua.com dan mengaku masih berada di Jakarta.
 
Saat ditanya apakah ada keterlibatan oknum legislator, sekali lagi Rende mengakui jika dirinya tak bisa memberikan keterangan, karena seluruh proyek di DPRD Manado diserahkan kewenangannya kepada masing-masing PPTK.
 
"Nanti saya coba cek lagi kalau saya sudah di Manado," kata Rende kembali.
 
(tim bk)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
01 May 2018 / dibaca 155 kali
MANADO (BK): Kantor DPRD Kota Manado menjadi salah satu titik Aksi dalam rangka Hari Buruh yang digelar oleh Konfederasi Serikat Buruh...
Manado
27 Apr 2018 / dibaca 135 kali
MANADO (BK): Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Steven Kandouw mengatakan, mulai melemahnya tenaga surya yang sebenarnya dapat memberikan...
Manado
22 Apr 2018 / dibaca 269 kali
MANADO (BK): Anggota DPRD Kota Manado Nurrasyid Abdurahman menyayangkan wajah Kota Manado yang dikenal sebagai daerah dengan toleransi dan...
Manado
25 Mar 2018 / dibaca 191 kali
MANADO (BK): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menempati sekretariat baru di Jl. Pulau Alor, Kelurahan Batukota Lingkungan II Kecamatan...
Manado
15 Mar 2018 / dibaca 231 kali
MANADO (BK): Kasus Tunjangan Ganti Rugi (TGR) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang mencapai lebih dari Rp10 milliar, perlahan mulai hilang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.