Manado

Fogging di Rutan Manado Cegah DBD

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 23 January 2019 07:55   231 kali

MANADO (BK): Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Manado yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal II, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado, Minggu (20/1/2019).

 

Semua areal di dalam Rutan tidak luput dari pelaksanaan pengasapan tersebut. Langkah yang dilakukan itu, menurut dr Esther Waleleng, dokter Rutan Manado, untuk pemberantasan Deman Berdarah Dengue (DBD) di Rutan.

 

Oleh sebab itu, sesuai anjuran dari Kepala Rumah Tahanan Negara Klas IIA Manado, Raden Budiman Priatna Kusumah, Amd.IP, SH, MH, berbagai upaya harus dilakukan dengan melakukan pemberantasan lewat fogging.

 

Kata dokter Esther, fogging di dalam Rutan memang dipandang perlu, karena berjarak tidak lebih 100 meter dengan ditemukannya kasus deman berdarah positif. Apalagi, penyakit deman berdarah tengah menghantui masyarakat Kota Manado dengan jatuhnya beberapa korban jiwa.

 

“Sehingga untuk antipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama terjadi, maka n kami melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado untuk segera melakukan fogging,’’ ujarnya.

 

Lokasi fogging adalah, areal Gereja, Dapur, Blok Sakura, Blok Wanita dan Blok Besar serta halaman seputaran tembok. Sebelumnya pada Jumat, dokter Esther bersama Vivi Fransin, bidan di Poliklinik Rutan, staf KPR, Erwin Wungow, dan Jo Evert Sinaulan melakukan giat lewat pengecekan kebersihan blok-blok hunian Warga Binaan dan beranggang sekaligus sosialisasi pencegahan dan penanggulangan DBD juga penaburan bubuk larvasida (abate).

 

Dampak dari fogging tersebut, sambung Green Sambouw, salah satu Warga Binaan, sangat bermafaat karena memberikan dampak positif dengan terbebasnya areal Rutan dari gangguan deman berdarah.

 

Pelaksanaan fogging di Rutan Manado merupakan kali kedua dalam dua tahun terakhir, setelah 2 tahun silam dilakukan pengasapan lewat kerjasama Rutan Manado dengan Puskesmas setempat.

 

(*/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Jan 2019 / dibaca 199 kali
MANADO (BK): Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menilai harus ada instansi khusus yang menangani persoalan Kebersihan dan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 1532 kali
MANADO (BK) : Hujan yang mengguyur sejak semalam, telah menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Manado, Selasa (15/1/2019).  ...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 229 kali
MANADO (BK): Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan menyebutkan jika Kota Manado justru lebih bersih dibandingkan saat daerah ini...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 245 kali
MANADO (BK): Kota Manado bersama dengan Bandar Lampung menjadi Kota Besar Terkotor di Indonesia. Hal ini diumumkan Kementerian Lingkungan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 488 kali
JAKARTA (BK): Kota Manado sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, mendapat penghargaan salah satu kota terkotor di Indonesia. Hal tersebut...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.