Manado

Fogging di Rutan Manado Cegah DBD

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 23 January 2019 07:55   150 kali

MANADO (BK): Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Manado yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal II, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado, Minggu (20/1/2019).

 

Semua areal di dalam Rutan tidak luput dari pelaksanaan pengasapan tersebut. Langkah yang dilakukan itu, menurut dr Esther Waleleng, dokter Rutan Manado, untuk pemberantasan Deman Berdarah Dengue (DBD) di Rutan.

 

Oleh sebab itu, sesuai anjuran dari Kepala Rumah Tahanan Negara Klas IIA Manado, Raden Budiman Priatna Kusumah, Amd.IP, SH, MH, berbagai upaya harus dilakukan dengan melakukan pemberantasan lewat fogging.

 

Kata dokter Esther, fogging di dalam Rutan memang dipandang perlu, karena berjarak tidak lebih 100 meter dengan ditemukannya kasus deman berdarah positif. Apalagi, penyakit deman berdarah tengah menghantui masyarakat Kota Manado dengan jatuhnya beberapa korban jiwa.

 

“Sehingga untuk antipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama terjadi, maka n kami melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado untuk segera melakukan fogging,’’ ujarnya.

 

Lokasi fogging adalah, areal Gereja, Dapur, Blok Sakura, Blok Wanita dan Blok Besar serta halaman seputaran tembok. Sebelumnya pada Jumat, dokter Esther bersama Vivi Fransin, bidan di Poliklinik Rutan, staf KPR, Erwin Wungow, dan Jo Evert Sinaulan melakukan giat lewat pengecekan kebersihan blok-blok hunian Warga Binaan dan beranggang sekaligus sosialisasi pencegahan dan penanggulangan DBD juga penaburan bubuk larvasida (abate).

 

Dampak dari fogging tersebut, sambung Green Sambouw, salah satu Warga Binaan, sangat bermafaat karena memberikan dampak positif dengan terbebasnya areal Rutan dari gangguan deman berdarah.

 

Pelaksanaan fogging di Rutan Manado merupakan kali kedua dalam dua tahun terakhir, setelah 2 tahun silam dilakukan pengasapan lewat kerjasama Rutan Manado dengan Puskesmas setempat.

 

(*/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Manado
Manado
28 Dec 2018 / dibaca 174 kali
MANADO (BK): Jelang akhir tahun, cuaca ekstrem melanda wilayah Indonesia. Siklon tropis (Tropical Despression Thirtyfive) yang terjadi di...
Manado
28 Dec 2018 / dibaca 535 kali
MANADO (BK): Cuaca buruk yang melanda kota Manado membuat sejumlah kawasan terdampak. Angin kencang disertai hujan lebat, mengakibatkan...
Manado
26 Dec 2018 / dibaca 501 kali
MANADO (BK): Sulawesi Utara menjadi daerah yang pantas dijadikan contoh bagaimana bermasyarakat dalam kemajemukan beragama. Pasalnya, saling...
Manado
24 Dec 2018 / dibaca 426 kali
MANADO (BK): Kota Manado menjadi kota paling banyak diserbu untuk wisata belanja jelang perayaan Natal 25 Desember 2018. Ribuan masyarakat...
Manado
24 Dec 2018 / dibaca 463 kali
MANADO (BK): Menjelang akhir tahun 2018, SeaSoldier North Sulawesi, menggelar kegiatan sosialisasi untuk memberikan pemahaman kepada warga,...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.