Manado

GCDS Gelar FGD Soal Kerukunan Umat Beragama

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 21 October 2018 00:12   285 kali
MANADO (BK): Gerakan Cinta Damai Sulawesi Utara (GCDS), Sabtu 20 Oktober 2018 menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema 'Menjaga dan Merawat Sulawesi Utara Sebagai Laboratorium Nasional Kerukunan Umat Beragama'.
 
Bertempat di Gran Central Manado, kegiatan FGD ini dimoderatori Ketua Lesbumi NU Sulut, Taufik Bilfaqih dengan pembicara diantaranya Pdt Ruth Wangkay, DR Denny Pinontoan, Budayawan Irvan Basri dan Yoseph Ikanubun.
 
Para peserta yang hadir sendiri datang dari beragam latar belakang seperti dari Ansor Manado, Ingage, Mubaligh Ahmadiyah, KNPI dan para mahasiswa.
 
Dalam diskusi ini sendiri, para pemateri menjelaskan jika Sulawesi Utara merupakan daerah yang sangat sulit untuk tersulut persoalan agama. Riak-riak yang terjadi beberapa waktu lalu, hanya buntut dari persoalan tidak terimanya masyarakat akan bibit intoleransi yang bisa mengancam Sulawesi Utara dan Indonesia secara keseluruhan.
 
Sementara, Yoseph Ikanubun mengkritik para tokoh agama yang dianggapnya lalai memposisikan diri pada saat terjadi aksi pengadangan di Bandar Udara Sam Ratulangi saat kedatangan Sayyid Bahar Bin Smith.
 
Menurut Ikanubun, saat kejadian tersebut dirinya yang sejak siang berada di Bandar Udara, melihat tidak ada satupun tokoh agama atau pemerintahan yang mencoba untuk meredam aksi yang awalnya hanya sedikit.
 
"Ada selang hampir 6 jam sebelum aksi memanas. Tetapi tidak ada tokoh agama atau pihak pemerintah melakukan aksi nyata untuk meredamnya. Kita disini bukan bicara teori saja, tetapi bicara kenyataan di lapangan. Perlu ada perbaikan ke depannya," kata Ikanubun.
 
Irvan Basri sendiri menyampaikan jika Sulut selama ini dikenal punya toleransi yang tinggi. Dirinya pun membeber kepercayaan warga Sulawesi Utara yang sangat beragam, sehingga memunculkan rasa toleransi yang tinggi tersebut.
 
Kegiatan ini sendiri rencananya akan terus dilaksanakan rutin sebagai bagian dari Gerakan Cinta Damai Sulawesi Utara.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Jan 2019 / dibaca 199 kali
MANADO (BK): Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menilai harus ada instansi khusus yang menangani persoalan Kebersihan dan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 1532 kali
MANADO (BK) : Hujan yang mengguyur sejak semalam, telah menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Manado, Selasa (15/1/2019).  ...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 227 kali
MANADO (BK): Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan menyebutkan jika Kota Manado justru lebih bersih dibandingkan saat daerah ini...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 244 kali
MANADO (BK): Kota Manado bersama dengan Bandar Lampung menjadi Kota Besar Terkotor di Indonesia. Hal ini diumumkan Kementerian Lingkungan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 488 kali
JAKARTA (BK): Kota Manado sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, mendapat penghargaan salah satu kota terkotor di Indonesia. Hal tersebut...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.