Manado

Ini Alasan DLH Manado Tolak Solar Pemberian Komisi III DPRD Manado

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 04 January 2020 20:28   566 kali
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Treesje Mokalu. (ist)
MANADO (BK) : Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado menyatakan menolak solar pemberian Komisi III DPRD Manado. Solar sebanyak 289 liter itu diserahkan saat turun lapangan (Turlap) ke TPA Sumompo Manado, Sabtu (4/1/2020).
 
 
Apa alasannya? Kepala DLH Treesje Mokalu menyebut tidak bisa menerimanya karena tidak tahu pembelian minyak tersebut dalam rangka apa. Ia pun mengatakan DLH selalu melaksanakan tugas sesuai aturan.
 
 
"Apakah ini sumbangan? Apakah hibah? Ataukah lain-lain, saya tidak mengerti. Kami takut penggunaannya salah aturan," ujar Mokalu.
 
 
Dia mengatakan, awalnya memang ada permintaan dari personil Komisi III DPRD Manado, Ronny Makawata, Jean Sumilat, Lucky Datau dan Jurani Rurubua, akan berkunjung ke TPA Sumompo. Tapi dirinya belum sempat bergabung karena sedang melaksanakan rapat internal DLH.
 
 
Komisi III memang mendapati ada alat berat (eskavator) yang tidak beroperasi. Tapi alat berat tersebut memang dalam keadaan rusak. Sedangkan alat berat lainnya tidak beroperasi karena sudah kehabisan anggaran.
 
 
Mereka lalu menawarkan mau membeli minyak untuk operasi kelancaran alat berat tersebut. Tapi dirinya melarang karena sudah ada petugas yang membelinya dan sedang antri di SPBU (Pom Bensin). "Jadi tidak perlu pembelian dari mereka," tandas Mokalu.
 
 
Mengenai kehabisan anggaran yang dimaksud adalah yang tertata dalam APBD 2019 di DLH. Sedangkan anggaran baru di tahun 2020 masih belum berjalan. "Kan anggaran minyak ikut tertata di APBD 2020. Jadi untuk sementara (anggaran) masih ditekel oleh Kepala Dinas untuk pembiayaan," ujar Mokalu.
 
 
"Kalaupun ada kebijakan-kebijakan yang diambil, nanti saya kondisikan ketika APBD 2020 sudah berjalan," terangnya.
 
 
Mokalu pun berterima kasih kepada Komisi III DPRD Manado yang telah peduli dengan DLH. "Tapi minyak yang mereka berikan tidak akan kami gunakan dan silahkan ambil kembali," pungkasnya.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
09 Oct 2019 / dibaca 224 kali
MANADO (BK): Sedikitnya 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masa jabatan 2019-2024, mengikuti...
Manado
04 Oct 2019 / dibaca 507 kali
MANADO (BK):  Aksi saling serang dibarengi lempar batu antarmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum...
Manado
27 Sep 2019 / dibaca 929 kali
MANADO (BK): Gedung gereje GMIM Solagartia yang terletak di Kaiwatu, Kairagi Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara, terbakar sekitar pukul 18.00 Wita...
Manado
25 Sep 2019 / dibaca 306 kali
MANADO (BK): Aksi demo mahasiswa yang berlangsung pagi tadi Kantor DPRD Sulawesi Utara, Kota Manado menyebabkan pagar kantor tersebut roboh....
Manado
19 Sep 2019 / dibaca 180 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Ruang Tolu Kantor Walikota...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.