Manado

Ketua AJI Manado Jadi yang Terbaik Saat Magang Penguji Kompetensi Jurnalis

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 30 August 2017 09:04   199 kali
JAKARTA (BK): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia akhirnya ketambahan sebanyak 22 penguji kompetensi jurnalis, usai digelar rangkaian Training of Examiner (ToE) 24-25 Agustus 2017, yang kemudian diuji lewat magang training pada Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) AJI Jakarta 26 hingga 27 Agustus 2017.
 
Lolosnya ke 22 penguji kompetensi Jurnalis asal AJI ini, diumumkan pada saat hari terakhir pelaksanaan UKJ AJI Jakarta yang diselenggarakan di Aone Hotel, Jakarta, bersama-sama dengan hasil kelulusan dari para peserta UKJ tingkat muda, madya dan utama.
 
Ketua Tim Penguji UKJ, Hasudungan Sirat memberi penilaian kepada 22 peserta penguji magang, dimana dipilih sesuai peringkat untuk dinyatakan sebagai yang terbaik pada pelatihan penguji.
 
“Untuk peserta magang terbaik ketiga adalah, Mohamad Teguh, di posisi kedua, Citra Dyah Prastuti, dan terbaik pertama adalah Yoseph Ikanubun dari AJI Manado,” ungkap Hasudungan, salah satu pendiri AJI Indonesia ini. 
 
Teguh merupakan Pemred SCTV, Indosiar, dan Liputan6.com, sementara Citra adalah Pemred radio KBR 68H. Sedangkan Ikanubun, kontributor di Liputan6.com, yang juga Ketua AJI Manado.
 
Sejumlah jurnalis yang ikut dalam ToE dan magang penguji ini merupakan jurnalis senior serta para pengurus AJI Indonesia dan AJI-AJI Kota. Di antaranya, Eko Maryadi (Ketua Umum AJI Indonesia 2011 – 2014/Presiden SEAPA), Arfi Bambani (Sekjend AJI Indonesia), dan Iman Nugroho (Ketua Bidang Advokasi AJI Indonesia). 
 
Diketahui, sejak dikeluarkannya Peraturan Dewan Pers Nomor 01 tahun 2010 tentang Standar Kompetensi Jurnalis, sejumlah lembaga yang memenuhi standar dan tersertifikasi mulai melakukan UKJ. Salah satunya adalah AJI.  
 
Ketua Umum AJI Indonesia, Suwarjono mengatakan, hingga kini AJI di seluruh Indonesia baru melakkan sertifikasi terhadap 840 anggota, atau belum setengah dari anggota AJI yang jumlahnya hampir 2.000. 
 
“Agar bisa mempercepat sertifikasi anggota, AJI menambah penguji yang sebagian besar dari AJI-AJI kota agar mempermudah dan mempermurah penyelenggaraan. Sehingga, tinggal yang benar-benar wartawan bersertifikat bukan abal-abal,” ungkap Suwarjono.  
 
Suwarjono menambahkan, pelaksaan ToE ke-3 yang digelar, 24-25 Agustus 2017 merupakan salah satu upaya mempercepat proses sertifikasi anggota AJI karena sudah ada ketambahan tenaga-tenaga penguji. 
 
“Apalagi saat ini kita hanya punya 47 penguji AJI di seluruh Indonesia. Sehingga dengan ketambahan 22 calon penguji ini akan memperkuat tim penguji yang sudah ada,” papar Suwarjono kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
01 May 2018 / dibaca 155 kali
MANADO (BK): Kantor DPRD Kota Manado menjadi salah satu titik Aksi dalam rangka Hari Buruh yang digelar oleh Konfederasi Serikat Buruh...
Manado
27 Apr 2018 / dibaca 135 kali
MANADO (BK): Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Steven Kandouw mengatakan, mulai melemahnya tenaga surya yang sebenarnya dapat memberikan...
Manado
22 Apr 2018 / dibaca 269 kali
MANADO (BK): Anggota DPRD Kota Manado Nurrasyid Abdurahman menyayangkan wajah Kota Manado yang dikenal sebagai daerah dengan toleransi dan...
Manado
25 Mar 2018 / dibaca 191 kali
MANADO (BK): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menempati sekretariat baru di Jl. Pulau Alor, Kelurahan Batukota Lingkungan II Kecamatan...
Manado
15 Mar 2018 / dibaca 231 kali
MANADO (BK): Kasus Tunjangan Ganti Rugi (TGR) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) yang mencapai lebih dari Rp10 milliar, perlahan mulai hilang...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.