Manado

Lintasarta Ternyata Sejalan dengan Pemkot Manado Wujudkan Smart City

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Wednesday, 28 February 2018 23:51   390 kali
Wakil Walikota Mor Bastiaan membunyikan tetengkoren tanda Seminar Manado Smart City dibuka. (foto : acha)
MANADO (BK) : Kota Manado mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir ini. Seiring pertumbuhan itu, Kota Manado juga mengalami permasalahan yang ikut meningkat.
 
 
"Urbanisasi, jumlah produksi sampah meningkat, banjir dan kemacetan adalah yang terjadi sekarang ini di Kota Manado," ujar Wakil Walikota Manado, Mor Bastiaan pada Seminar Manado Smart City yang disponsori Lintasarta di Sintesa Peninsula Hotel, Rabu (28/2/2018).
 
 
Mor mencontohkan, kemacetan yang dirasakan sekarang ini sangat berbeda saat dirinya bersama Vicky Lumentut dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota, Mei 2016 lalu. Katanya, Manado tidak semacet saat ini.
 
 
"Pertumbuhan kendaraan sangat cepat. Tahun 2017 kami mendata dalam 6 bulan saja penambahan kendaraan kurang lebih 4000 unit, dan sekarang terus bertambah 800 unit setiap bulannya," terangnya.
 
 
Hal inilah, katanya yang kemudian menjadi dasar-dasar tercetusnya konsep Smart City. Dimana Smart City ini adalah sebuah visi, visi yang cara kerjanya tanpa batas, yaitu mengelola aset-aset dengan cara menggabungkan teknologi sehingga menimbulkan inovasi yang baru.
 
 
"Ini yang sekarang Kota Manado sedang lakukan untuk menuju Smart City," kata Mor.
 
 
Adapun teknologi yang dimaksud salah satunya dengan dibangunnya Command Center pada Oktober 2016 lalu. Meski demikian, dia belum mengklaim Manado sebagai kota Smart City.
 
 
"Belum ada indikator atau level yang harus dipenuhi untuk sebuah kota dikatakan Smart City," tandasnya.
 
 
Direktur Data Komunikasi Lintasarta, Ginanjar memberikan cenderamata kepada Wakil Walikota Manado Mor Bastiaan. (foto : acha)
 
 
Sebelumnya, Direktur Data Komunikasi Lintasarta, Ginanjar menyebut Lintasarta telah memiliki lebih 2000 pelanggan yang terdiri dari counterprize customer, pemerintah pusat maupun daerah.
 
 
"Seluruhnya dari berbagai macam industri. Khusus buat Smart City ini sudah ada di 44 kota dan kabupaten di Indonesia," ujarnya.
 
 
Lanjutnya, sesuai dengan komitmen Lintasarta, beberapa kota juga akan disupport dalam membangun 100 Smart City yang merupakan program dari pemerintah pusat. Khusus di Sulut, Lintasarta sudah hadir di Kota Manado.
 
 
"Kami sudah punya kantor dan tim yang lengkap untuk mensupport seluruh kebutuhan IT dan telekomunikasi seluruh enterprise dan seluruh pemerintah kota di Sulut dan sekitarnya," kata Ginanjar. 
 
 
"Mudah-mudahan bisa terealisasikan semua sehingga cita-cita bangsa indonesia ini menjadi salah satu Smart City solusi dan pengembangan dunia IT dan telekomunikasi akan tercapai," tambahnya lagi.
 
 
Seminar Manado Smart City ini juga dihadiri Direktur Operasional Bank Sulut-Go Welan Palilingan, serta para kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Se-Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara (Malut) dan Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Sedangkan, dari Pemkot Manado, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota Manado Rum Usulu, serta para kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkot Manado.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
28 Nov 2018 / dibaca 93 kali
MANADO (BK): Ketua Umum Perbasi Kota Manado, dr Richard Sualang mengajak seluruh komunitas basket yang ada di Kota Manado dan Sulawesi utara...
Manado
26 Nov 2018 / dibaca 642 kali
MANADO (BK): Anjloknya harga kopra di pasaran, dimana kini untuk satu kilogram kopra kering hanya diharga Rp4.300, membuat banyak pihak...
Manado
26 Nov 2018 / dibaca 71 kali
MANADO (BK): Warga Kota Manado sangat berharap pada bulan Desember yang tinggal beberapa hari lagi, tidak ada pemadaman aliran listrik yang...
Manado
23 Nov 2018 / dibaca 124 kali
MANADO (BK): Rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Wanita Kaum Ibu (WKI) (Sinode) GMIM ke 81 akan dilaksanakan di Wilayah Manado Timur IV...
Manado
23 Nov 2018 / dibaca 120 kali
MANADO (BK): Tahun 2017, Pemerintah Kota Manado secara gencar mengupayakan peminjaman anggaran Rp200 milliar ke PT SMI, dengan dalil anggaran...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.