Manado

MDB-HJP Ucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya David Bobihoe Akib

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 16 July 2020 22:58   173 kali

MANADO (BK) : Berita duka kembali terdengar dari mantan birokrat handal Sulawei Utara. Kabar duka ini datang dari salah satu mantan Calon Gubernur Sulut periode 2015-2020 David Bobihoe Akib, yang meninggal dunia Kamis (16/7/2020) sekira pukul 13.55 WIB di RS Aloe Sabu, Kota Gorontalo.

 

Menanggapi berita duka ini, Mor Dominus Bastiaan -Hanny Joost Pajouw (MDB-HJP) mengucapkan rasa belansungkawa mereka kepada keluarga almarhum David Bobihoe Akib.

 

”Saya pribadi dan keluarga menucapkan turut berdukacita atas meninggalnya Bapak David Bobihoe Akib. Almarhum dikenal sebagai sosok pekerja keras dan ulet dan memberikan banyak sumbangsih bagi Provinsi Sulawesi Utara. Beliau bisa menjadi contoh teladan bagi kita untuk mengikuti jejaknya,” ucap Mor Bastiaan.

 

Hal senada pun diucapkan HJP, dirinya mengungkapkan rasa dukanya dengan kepergian almarhum David Bobihoe Akib.

 

”Saya dan keluarga mengucapkan turut berduka atas meninggalnya Bapak David Bobihoe Akib. Beliau seorang birokrat sejati yang bisa jadi panutan bagi para birokrat muda saat ini,” imbuh HJP.

 

Diketahui, sepak terjang putra Gorontalo ini ternyata tidak asing bagi warga Sulut. Pasalnya, sebelum hijrah ke Gorontalo, David merupakan salah satu birokrat handal di jajaran Pemprov Sulut.

 

David Bobihoe Akib adalah mantan Bupati Gorontalo dua periode. Almarhum merupakan alumni STIKOM Manado, dan meniti karir birokrasi di Provinsi Sulut dan menjadi Karo Humas di era Gubernur Letjen (Purn.) E.E. Mangindaan SIP.

 

Setelah reformasi 1998 dan terjadi pemekaran Provinsi Gorontalo, almarhun hijrah ke kampung halaman dan meraih jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo di era Bupati almarhum Hi. Husa Pakaya. Pada perhelatan Pilkada langsung 2005 di kabupaten itu, ia ikut berpasangan dengan Sofyan Puhi dari koalisi partai PPP dan melawan pasangan Golkar Sun Biki dan Rustam Akili.

 

Ia menang dengan suara signifikan mengingat hegemoni Golkar di Gorontalo cukup kuat. Di periode pertama menjabat Bupati, David membuat banyak terobosan antara lain, penyelenggaran pemerintahan daerah berbasiskan “Mobile-Goverment” yang menyebabkan majalah Tempo mengganjar inovasinya sebagai 10 kepala daerah terbaik.

 

Kiprah inipun mengantarnya diundang oleh UNDP studi banding ke Amerika. Walhasil kiprah David membawa “berkah” bagi kemajuan otonomi daerah di Gorontalo.

 

Dan atas prestasinya itu ia melenggang mulus terpilih kembali jadi bupati kedua kali dan istrinya Rahmiaty Bobihu sudah tiga periode duduk senator DPD RI. Bahkan pada Pilgub Sulut 2015, ia kembali ke Sulut dan ikut Pilgub dari Partai Golkar berpasangan dengan Brigjen Pol (Purn.) Dr. Benny Mamoto.

 

(Stev B/bk-8)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
01 Feb 2020 / dibaca 599 kali
MANADO (BK) : Seorang pria melompat ke laut karena panik karena kapal yang ditumpanginya terbakar. Peristiwa itu terjadi di perairan tanjung...
Manado
26 Jan 2020 / dibaca 338 kali
MANADO (BK): Usai diberitakan terkait satu orang perempuan berusia 23 tahun diisolasi di Rumah Sakit Prof Dr R.D Kandou Manado akhir pekan lalu...
Manado
18 Jan 2020 / dibaca 3326 kali
MANADO (BK): Perayaan Natal Keluarga Besar PDIP Sulawesi Utara (Sulut) akan dihadiri langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri....
Manado
18 Jan 2020 / dibaca 467 kali
MANADO (BK): Bawaslu Manado dinilai tidak profesional dalam menjalankan tugas seleksi dan melantik panitia pengawas kecamatan (PPK). ...
Manado
14 Jan 2020 / dibaca 1193 kali
MANADO (BK): Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan surat keputusan nomor 584 K/TUN/2019, menyatakan, keputusan MA adalah mencabut Keputusan Menteri...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.