Manado

Mengintip Cara Lingkungan IX Kelurahan Bahu Jaga Kambtibmas yang Kondusif

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 06 February 2021 14:58   160 kali

Kepala Lingkungan IX Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang, Wiesye Jeane Palungan. (foto: IG)

 

 

MANADO (BK) : Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Lingkungan IX, Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang, Kota Manado terjaga dengan baik meski warganya kebanyakan adalah pendatang.

 

Iya, mayoritas warga di lingkungan ini adalah mahasiswa yang datang dari berbagai daerah di Sulawesi Utara (Sulut), maupun berasal dari provinsi lain. Lingkungan ini memang berdekatan dengan tiga perguruan tinggi yaitu Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIKOM).

 

Para mahasiswa tersebut memilih indekos atau tinggal di asrama-asrama mahasiswa dengan alasan lebih dekat pergi kuliah dan menghemat biaya. Banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah, suku, agama dan ras sering menimbulkan masalah sosial.

 

Tapi bagaimana situasi Kamtibmas di lingkungan tersebut bisa terjaga dengan baik?

 

Adalah Wieske Jeane Palungan. Wanita yang menjabat Kepala Lingkungan (Pala’) ini adalah aktor terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

 

Jeane, panggilan akrabnya ternyata punya cara jitu. Ia selalu berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan untuk selalu datang meninjau ke asrama-asrama mahasiswa serta rumah-rumah kos untuk mengantisipasi keamanan dan kamtibmas.

 

Selain mendata identitas para mahasiswa, ia juga selalu mengingatkan untuk menjaga keamanan, tidak minum minuman keras (miras). “Karena kalau sudah minum (mabuk), emosi tak terkontrol dan bisa membuat kekacauan dengan masyarakat sekitarnya,” tandas Jeane.

 

Apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19. Ia selalu mengimbau warganya, terutama warga pendatang dan mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan.

 

Caranya yaitu dengan terus melakukan program 3M dari pemerintah yakni, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan tetap Memakai masker, supaya dalam masa pandemi ini tidak ada lagi tambahan pasien positif Covid-19.

 

“Jaga imun, jaga iman dan lakukan protokol kesehatan,” pungkasnya.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
17 Sep 2020 / dibaca 260 kali
  MANADO (BK) :  Ikatan Nyong dan Noni Sulut (INNS) akan segera menggelar Musyawarah Besar (mubes) VII, yang rencananya akan...
Manado
15 Sep 2020 / dibaca 214 kali
MANADO (BK) : 60 persen luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah laut. Untuk itu perlu peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk...
Manado
07 Sep 2020 / dibaca 261 kali
MANADO (BK) : Keluarga Besar TNI Angkatan Udara (KBAU) Lanud Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado mengikuti pengecekan kesehatan atau Rapid Tes....
Manado
04 Sep 2020 / dibaca 400 kali
MANADO (BK) : Calon Wakil Wali Kota Manado, Hanny Joost Pajouw (HJP) menyambangi masyarakat di Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea, Jumat...
Manado
27 Aug 2020 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : Wamendag Jerry Sambuaga turut hadir dan menyaksikan pemberian penghargaan terhadap Polri khususnya Satuan Tugas (Satgas) Pangan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.