Manado

Optomalisasi Potensi Nira Aren, SAP-G Teken MoU dengan ITM dan Balitbangda Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 26 April 2022 17:10   977 kali

MANADO (BK) : SAP-Growth and Energy tandatangani MoU dengan pihak Yayasan Mapalus Matuari Minaesa (ITM) dan Pabrik Gula Aren Masarang serta Balitbangda Provinsi Sulawesi Utara terkait Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Nira Aren di Sulut.

 

 

Penandatanganan MoU pertama dilakukan dengan pihak Yayasan Mapalus Matuari Minaesa (ITM) dan Pabrik Gula Aren Masarang oleh Rektor ITM Dr. Ir. Herdyanto Lantemona M.S bertempat di Kampus ITM, Jumat (22/4).

 

 

Sedangkan untuk penandatanganan MoU dengan Balitbangda Sulut yang ditandatangani langsung oleh Kepala Balitbangda Dr. Jemmy Lampus, dilaksanakan di Kantor Balitbangda Sulut, Sabtu (23/4). Dari pihak SAP-G sendiri, penandatanganan dilakukan oleh Dr. Grace Sumbung, SE., M.Si.

 

 

Sebelum penandatanganan MoU, kegiatan diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) antara pihak-pihak terkait untuk membahas pengembangan potensi Nira Aren di Sulawesi Utara.

 

 

Pembahasan ini bukan hanya tentang peningkatan mutu produk yang sudah ada saat ini, tetapi juga menciptakan inovasi baru dengan memanfaatkan limbah/residu dari proses pembuatan gula aren di Pabrik Gula Aren Masarang, serta membantu mengajarkan teknologi alat bantu produksi tepat guna bagi para Mahasiswa yang akan ikut kegiatan ini sebagai salah satu program dalam Kampus Merdeka.

 

 

Adapun hasil Riset ini akan bermuara ke Raw Material terbarukan untuk kebutuhan farmasi, Minuman antioksidan dan kaya serat serta bahan aktif untuk produk kecantikan yang akan di manfaatkan oleh pihak Farmasi dan industri kosmetika.

 

 

FGD ini menjadi sangat menarik karena Nira ini adalah produk lokal yang sangat melimpah produksinya di Sulawesi Utara. Pasca MoU dilanjutkan ke rencana aksi implemantasi dari MoU ini.

 

 

Pada forum yang sama turut disampaikan secara singkat tentang BSPJI Manado (Kemenperind), beberapa hasil riset unggulan dan pendampingan untuk UMKM oleh Dr. Grace Sumbung.

"Semoga kerjasama ini akan membawa Sulut semakin dikenal oleh dunia, sebagai aktualisasi SULUT HEBAT," tandas Grace.

 

 

Turut hadir pada penandatangana MoU, Prof. Julius Pontoh sebagai tim ahli dari ITM yang telah lama meneliti tentang Nira; Prof. Surisyono Surijatmodjo sebagai Inventor, Komisaris SAP-Growth and Energy serta sebagai Dewan Pakar Nawacita serta Mr. William Smits sebagai dewan pembina dan pengawas Yayasan Mapalus Matuari Minaesa.

 

 

(Stev/bk-09)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
19 Mar 2022 / dibaca 375 kali
MANADO (BK) : Polsek Tuminting, Polresta Manado melakukan pengecekan ketersediaan minyak goreng di sejumlah supermarket dan toko di wilayah...
Manado
17 Mar 2022 / dibaca 600 kali
MANADO (BK) : Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Mukhlis, SAP MM mengunjungi universitas terbesar di Sulawesi Utara, Universitas Sam...
Manado
13 Mar 2022 / dibaca 511 kali
  MANADO (BK) :  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) makin masif membentuk kadernya diberbagai Universitas.  ...
Manado
12 Mar 2022 / dibaca 392 kali
MANADO (BK) : Wali Kota Manado, Andrei Angouw mengunjungi Markas Korem 131/Santiago, Jumat (11/3/2022). Kedatangan wali kota didampingi...
Manado
06 Mar 2022 / dibaca 572 kali
MANADO (BK) : Kodim 1309/Manado terus memelihara bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat. Salah satunya dibuktikan pada kerja bakti...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.