Manado

Optomalisasi Potensi Nira Aren, SAP-G Teken MoU dengan ITM dan Balitbangda Sulut

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 26 April 2022 17:10   365 kali

MANADO (BK) : SAP-Growth and Energy tandatangani MoU dengan pihak Yayasan Mapalus Matuari Minaesa (ITM) dan Pabrik Gula Aren Masarang serta Balitbangda Provinsi Sulawesi Utara terkait Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Nira Aren di Sulut.

 

 

Penandatanganan MoU pertama dilakukan dengan pihak Yayasan Mapalus Matuari Minaesa (ITM) dan Pabrik Gula Aren Masarang oleh Rektor ITM Dr. Ir. Herdyanto Lantemona M.S bertempat di Kampus ITM, Jumat (22/4).

 

 

Sedangkan untuk penandatanganan MoU dengan Balitbangda Sulut yang ditandatangani langsung oleh Kepala Balitbangda Dr. Jemmy Lampus, dilaksanakan di Kantor Balitbangda Sulut, Sabtu (23/4). Dari pihak SAP-G sendiri, penandatanganan dilakukan oleh Dr. Grace Sumbung, SE., M.Si.

 

 

Sebelum penandatanganan MoU, kegiatan diawali dengan Focus Group Discussion (FGD) antara pihak-pihak terkait untuk membahas pengembangan potensi Nira Aren di Sulawesi Utara.

 

 

Pembahasan ini bukan hanya tentang peningkatan mutu produk yang sudah ada saat ini, tetapi juga menciptakan inovasi baru dengan memanfaatkan limbah/residu dari proses pembuatan gula aren di Pabrik Gula Aren Masarang, serta membantu mengajarkan teknologi alat bantu produksi tepat guna bagi para Mahasiswa yang akan ikut kegiatan ini sebagai salah satu program dalam Kampus Merdeka.

 

 

Adapun hasil Riset ini akan bermuara ke Raw Material terbarukan untuk kebutuhan farmasi, Minuman antioksidan dan kaya serat serta bahan aktif untuk produk kecantikan yang akan di manfaatkan oleh pihak Farmasi dan industri kosmetika.

 

 

FGD ini menjadi sangat menarik karena Nira ini adalah produk lokal yang sangat melimpah produksinya di Sulawesi Utara. Pasca MoU dilanjutkan ke rencana aksi implemantasi dari MoU ini.

 

 

Pada forum yang sama turut disampaikan secara singkat tentang BSPJI Manado (Kemenperind), beberapa hasil riset unggulan dan pendampingan untuk UMKM oleh Dr. Grace Sumbung.

"Semoga kerjasama ini akan membawa Sulut semakin dikenal oleh dunia, sebagai aktualisasi SULUT HEBAT," tandas Grace.

 

 

Turut hadir pada penandatangana MoU, Prof. Julius Pontoh sebagai tim ahli dari ITM yang telah lama meneliti tentang Nira; Prof. Surisyono Surijatmodjo sebagai Inventor, Komisaris SAP-Growth and Energy serta sebagai Dewan Pakar Nawacita serta Mr. William Smits sebagai dewan pembina dan pengawas Yayasan Mapalus Matuari Minaesa.

 

 

(Stev/bk-09)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
08 Feb 2022 / dibaca 422 kali
    MANADO (BK) :  Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi...
Manado
14 Dec 2021 / dibaca 438 kali
MANADO (BK) : Ratusan warga menyerbu lokasi Serbuan Vaksinasi yang digelar di Markas Koramil 1309-01/Tuminting, Selasa (14/12/2021)....
Manado
10 Dec 2021 / dibaca 440 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado terus memberikan ‘warning’ kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan terus...
Manado
10 Dec 2021 / dibaca 534 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado melalui Wali Kota kembali mengeluarkan Surat Edaran terkait antisipasi peningkatan kasus COVID-19 pada...
Manado
22 Nov 2021 / dibaca 347 kali
MANADO (BK) : Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra memprediksi gelombang ketiga COVID-19 di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.