Manado

Panwaslu Kecamatan Tikala Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 June 2018 11:39   721 kali
Ketua Panwas Kota Manado Marwan Kawinda saat memberikan materi dalam sosialisasi yang digelar Panwaslu Kecamatan Tikala
MANADO (BK): Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Tikala, menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan partisipatif pada pemilihan umum tahun 2019, di Hotel Gran Central Manado, Sabtu 23 Juni 2018 pagi ini.
 
Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam berpartisipasi saat pemilihan umum tahun 2019 mendatang.
 
Dibuka Ketua Panwaslu Kota Manado, Marwan Kawinda, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan warga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah organisasi massa yang ada di Kecamatan Tikala.
 
Dalam sesi pertama, Ketua Panwaslu Kota Manado Marwan Kawinda menjelaskan jika peran masyarakat begitu diharapkan untuk menghasilkan pemilihan yang benar-benar berjalan dengan baik. Pasalnya menurut Kawinda, pengawasan dari penyelenggara terkendala dengan jumlah personil.
 
"Untuk kecamatan Tikala ada 5 Kelurahan dengan 27 lingkungan dan puluhan TPS nantinya. Nah, sementara jumlah personil untuk PPL itu hanya 5 orang saja. Itulah, kenapa kami mendorong masyarakat berpartisipatif dalam pengawasan," kata Kawinda.
 
Lanjut menurut Kawinda, pengawasan partisipatif ini sudah bisa dilaksanakan oleh masyarakat sejak masa pendaftaran daftar pemilih. Menurutnya, masyarakat bisa melaporkan jika ada tetangga atau siapa saja yang tidak terdaftar.
 
"Ini demi pemilihan umum yang benar-benar lebih baik," kata Kawinda kembali.
 
Pimpinan Panwaslu Kecamatan Tikala masing-masing Diane Tampanguma, Ramli Dai dan Richie Wungow mengatakan jika pihaknya sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat, mengingat pemilu kali ini akan serentak bersama dengan pemilihan presiden.
 
"Kita butuh masyarakat untuk melakukan pengawasan. Tak hanya kepada peserta pemilu tetapi juga kepada kami penyelenggara pemilu," kata ketiga pimpinan Panwaslu Kecamatan Tikala ini.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
02 Feb 2019 / dibaca 297 kali
MANADO (BK): Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang mengunjungi korban banjir yang terjadi di beberapa lokasi Kota Manado, Ibu Kota Provinsi...
Manado
01 Feb 2019 / dibaca 2552 kali
MANADO (BK): Hujan deras mengguyur Kota Manado, Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara sejak Kamis malam hingga sekitar pukul 15.38 Wita, Jumat...
Manado
23 Jan 2019 / dibaca 281 kali
MANADO (BK): Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIA Manado yang terletak di Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal II, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan...
Manado
20 Jan 2019 / dibaca 348 kali
MANADO (BK): Dua personil Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Manado, dr Richard Henry Sualang dan Markho B Tampi berkesempatan mengunjungi warga...
Manado
20 Jan 2019 / dibaca 281 kali
MANADO (BK): Pemadaman aliran listrik yang kini terjadi lagi setiap hari, membuat masyarakat menyebutnya dengan sebutan Selamat Datang Musim...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.