Manado

Panwaslu Kecamatan Tikala Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 23 June 2018 11:39   664 kali
Ketua Panwas Kota Manado Marwan Kawinda saat memberikan materi dalam sosialisasi yang digelar Panwaslu Kecamatan Tikala
MANADO (BK): Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Tikala, menggelar sosialisasi pengembangan pengawasan partisipatif pada pemilihan umum tahun 2019, di Hotel Gran Central Manado, Sabtu 23 Juni 2018 pagi ini.
 
Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan peran masyarakat dalam berpartisipasi saat pemilihan umum tahun 2019 mendatang.
 
Dibuka Ketua Panwaslu Kota Manado, Marwan Kawinda, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan warga, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah organisasi massa yang ada di Kecamatan Tikala.
 
Dalam sesi pertama, Ketua Panwaslu Kota Manado Marwan Kawinda menjelaskan jika peran masyarakat begitu diharapkan untuk menghasilkan pemilihan yang benar-benar berjalan dengan baik. Pasalnya menurut Kawinda, pengawasan dari penyelenggara terkendala dengan jumlah personil.
 
"Untuk kecamatan Tikala ada 5 Kelurahan dengan 27 lingkungan dan puluhan TPS nantinya. Nah, sementara jumlah personil untuk PPL itu hanya 5 orang saja. Itulah, kenapa kami mendorong masyarakat berpartisipatif dalam pengawasan," kata Kawinda.
 
Lanjut menurut Kawinda, pengawasan partisipatif ini sudah bisa dilaksanakan oleh masyarakat sejak masa pendaftaran daftar pemilih. Menurutnya, masyarakat bisa melaporkan jika ada tetangga atau siapa saja yang tidak terdaftar.
 
"Ini demi pemilihan umum yang benar-benar lebih baik," kata Kawinda kembali.
 
Pimpinan Panwaslu Kecamatan Tikala masing-masing Diane Tampanguma, Ramli Dai dan Richie Wungow mengatakan jika pihaknya sangat mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat, mengingat pemilu kali ini akan serentak bersama dengan pemilihan presiden.
 
"Kita butuh masyarakat untuk melakukan pengawasan. Tak hanya kepada peserta pemilu tetapi juga kepada kami penyelenggara pemilu," kata ketiga pimpinan Panwaslu Kecamatan Tikala ini.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Jan 2019 / dibaca 200 kali
MANADO (BK): Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menilai harus ada instansi khusus yang menangani persoalan Kebersihan dan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 1537 kali
MANADO (BK) : Hujan yang mengguyur sejak semalam, telah menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Manado, Selasa (15/1/2019).  ...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 230 kali
MANADO (BK): Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan menyebutkan jika Kota Manado justru lebih bersih dibandingkan saat daerah ini...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 245 kali
MANADO (BK): Kota Manado bersama dengan Bandar Lampung menjadi Kota Besar Terkotor di Indonesia. Hal ini diumumkan Kementerian Lingkungan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 491 kali
JAKARTA (BK): Kota Manado sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, mendapat penghargaan salah satu kota terkotor di Indonesia. Hal tersebut...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.