Manado

Pastor Mandagi : Jadikan Sekretariat Baru AJI Manado sebagai Rumah Perubahan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 25 March 2018 22:33   282 kali

MANADO (BK): Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado menempati sekretariat baru di Jl. Pulau Alor, Kelurahan Batukota Lingkungan II Kecamatan Malalayang Kota Manado. Sebelumnya, sekretariat AJI Manado berlokasi di Jl. Korengkeng Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang.

 

Pastor Paroki St.Ignatius Manado Frans Mandagi. Pr memimpin acara syukuran dan pemberkatan rumah, Sabtu (24/3/2018). Pada penyegaran imannya, Pastor Mandagi mengutip pembacaan Injil Lukas 18 : 15-17 untuk mengingatkan seluruh anggota AJI Manado menjadi jurnalis yang menyuarakan kebenaran.

 

"Katakan salah jika salah, katakan benar jika benar. Beritakan kebenaran,” katanya.

 

Katanya, tidaklah mudah menjalankan profesi sebagai jurnalis di zaman modern yang penuh pragmatisme. Apalagi, AJI mengemban amanat karena menyandang kata ‘Independen’ dalam namanya.

 

Kata itu lanjutnya, wajib dimaknai dalam praktik jurnalisme. Dan itu menjadi tantangan yang tak mudah karena harus teguh menjaga nilai-nilai independensi yang mengedepankan kepentingan orang banyak.

 

"Intinya, jadikan sekretariat ini, rumah ini sebagai rumah perubahan dalam menyuarakan kebenaran," pesan Mandagi.

 

Ketua AJI Manado, Yinthze S.L Gunde dalam sambutannya mengatakan, AJI Manado menyadari punya tanggungjawab besar menjaga nama baik profesi di kala sebagian masyarakat skeptis terhadap jurnalisme.

 

“Kami berupaya menjaga amanat yang diberikan kepada jurnalis. Karena itu kami berharap selalu diingatkan, dan tegurlah jika kami keliru,” ujarnya.

 

Jurnalis surat kabar harian (SKH) METRO itu juga berterima kasih kepada mitra jejaring yang selama ini menjalin kemitraan strategis bersama AJI Manado. “AJI Manado berharap kerja sama yang didasari visi bersama mengawal kepentingan publik bisa terus dilanjutkan,” ungkap Gunde.

 

Pada kesempatan itu, juga dibagikan buku Bayang-Bayang Degradasi, yang merupakan kumpulan karya jurnalistik anggota AJI Manado di bidang lingkungan kepada jejaring AJI Manado. PT Tirta Investama Aqua Airmadidi menjadi mitra dalam penyokongan penerbitan buku ini.

 

Buku itu mempunyai nilai yang sangat berarti bagi AJI Manado, karena menjadi buku pertama yang sekaligus menjadi pendorong jurnalis untuk lebih mendalami isu-isu lingkungan.

 

Relation Manager PT Tirta Investama Aqua Airmadidi, Imanuel Adoeng, memberi apresiasi kepada AJI Manado. Dimana, selama menjadi mitra, AJI Manado telah mampu memberi warna dalam dunia jurnalisme, khususnya dalam mengeluarkan produk jurnalistik yang membela aksi-aksi pelestarian lingkungan.

 

"Selama ini AJI berkomitmen menaruh perhatian pada isu-isu terkait lingkungan hidup. Kami harap itu dipertahankan,” katanya seraya menambahkan, isu-isu lainnya seperti perempuan dan anak, HAM dan kebebasan berpendapat juga diperhatikan.

 

Jejaring AJI Manado yang hadir dalam acara ini, akademisi Unsrat yang juga mantan Majelis Etik AJI Manado, DR Ferry Liando, mantan Ketua AJI Manado, Raymond Pasla S.Sos MSi, Pemerhati Lingkungan Taufik Tumbelaka, perwakilan Komisi Yudisial (KY) Sulut, LBH Manado dan LBH Pers Manado.

 

Lalu, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), Swara Parangpuan, Yayasan Swara Nurani Minaesa, Lesbumi Sulut, Sanubari Sulawesi Utara (Salut), UKM Pers Politeknik Negeri Manado, Manengkel Solidaritas, Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasik Oki, Selamatkan Yaki, PMII Metro Manado dan undangan lainnya.

 

(acha/bk-8)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
11 Oct 2018 / dibaca 122 kali
MANADO (BK): Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) Kota Manado, mulai mematangkan persiapan Kejuaraan Kota 2018 yang merupakan agenda...
Manado
10 Oct 2018 / dibaca 125 kali
MANADO (BK): Pemilihan Umum tahun 2019 terancam cacat. Pasalnya, ternyata masih banyak warga yang belum terdaftar sebagai pemilih. Terbanyak...
Manado
07 Oct 2018 / dibaca 186 kali
MANADO (BK): Anggota DPR RI asal Sulawesi Utara, Jerry Sambuaga blak-blakan soal dirinya yang menyuarakan aspirasi masyarakat asal Sulawesi...
Manado
07 Oct 2018 / dibaca 141 kali
MANADO (BK): Musisi asal Sulawesi Utara merasa terpanggil untuk menggalang dana bagi korban bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Kota...
Manado
05 Oct 2018 / dibaca 251 kali
MANADO (BK): Penggalangan dana untuk korban bencana di Kota Palu, Donggala dan Sigi masih terus dilakukan banyak pihak di Kota Manado. Hampir...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.