Manado

Penyuluhan Bahaya Rokok dan HIV/AIDS di Hari Kesehatan TNI AL

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 17 October 2019 22:30   216 kali
MANADO (BK) : Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut diperingati Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dengan penyuluhan kesehatan tentang Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan bahaya rokok. Penyuluhan berlangsung di ruang serbaguna Mako Lantamal VIII Manado, Kamis (17/10/2019).
 
 
dr. Judi Mantiri, dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal VIII yang bertindak sebagai narasumber pada penyuluhan tersebut mengatakan merokok sudah dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu penyebab kematian. Menurutnya, banyak penelitian yang membuktikan bahwa merokok dapat menimbulkan banyak penyakit diantaranya, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker paru-paru, serangan jantung, stroke dan masih banyak lagi. 
 
 
“Merokok sama saja seperti menabung racun pada tubuh yang sedikit demi sedikit bisa menumpuk jika dilakukan terus-menerus,” ujar Mantiri.
 
 
 
 
Dengan begitu, lanjutnya, risiko menderita penyakit pun akan lebih tinggi pada masa tua. “Orang-orang terdekat pun akan merasakan efeknya karena turut menghirup asap rokok yang beracun. Oleh karena itu, segera hentikan kebiasaan yang merugikan ini,” kata Mantiri.
 
 
Dokter berpangkat Mayor Laut (K/W), kemudian menjelaskan mengenai HIV. HIV katanya adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh, dengan menginfeksi dan menghancurkan sel CD4. Semakin banyak sel CD4 yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah, sehingga rentan diserang berbagai penyakit.
 
 
“Sedangkan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) adalah stadium akhir dari infeksi virus HIV,” terangnya.
 
 
Pada tahap itu, lanjutnya, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya. Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut, dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita.
 
 
Adapun cara penularan melalui kontak seksual, dari seorang ibu dengan HIV kepada bayinya (sebelum atau selama kelahiran) dan saat menyusui. Kemudian melalui jarum suntik yang bergantian dan adanya kontak darah dengan penderita HIV.
 
 
“Kami harapkan seluruh personil Lantamal VIII semakin peduli terhadap kesehatannya dengan menjaga pola makan dan olahraga yang teratur, serta menghindari merokok serta setia terhadap pasangannya,” pungkas dr Mantiri.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
19 Oct 2019 / dibaca 150 kali
MANADO (BK): Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) mengingatkan setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetap berkomitmen menindaklanjuti...
Manado
17 Oct 2019 / dibaca 217 kali
MANADO (BK) : Hari Kesehatan TNI Angkatan Laut diperingati Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dengan penyuluhan...
Manado
09 Oct 2019 / dibaca 247 kali
MANADO (BK): Sedikitnya 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) masa jabatan 2019-2024, mengikuti...
Manado
04 Oct 2019 / dibaca 563 kali
MANADO (BK):  Aksi saling serang dibarengi lempar batu antarmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum...
Manado
27 Sep 2019 / dibaca 963 kali
MANADO (BK): Gedung gereje GMIM Solagartia yang terletak di Kaiwatu, Kairagi Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara, terbakar sekitar pukul 18.00 Wita...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.