Manado

Roosje Kalangi, Perempuan Pertama di Indonesia Jadi Ketua IARMI

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 23 March 2015 22:39   1572 kali
Danrem 131/Santiago berpose bersama pengurus teras IARMI

MANADO (BK): Roosje Kalangi, alumni MenMahasamra Angkatan V resmi menggenggam tongkat komando Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Provinsi Sulawesi Utara, setelah terpilih secara aklamasi sebagai Ketua IARMI Sulut dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) IARMI Sulut.

Roosje terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) IARMI periode 2015-2020, menggantikan ketua sebelumnya, Ramoy Markus Luntungan (2010-2015). Saat ini, Roosje Kalangi merupakan perempuan pertama yang menjadi Ketua IARMI di Indonesia.

Musprov IARMI Sulut dibuka Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 131/Santiago Kolonel Inf Binarko Sugihantyo, Sabtu (21/3/2015), di Hotel Gran Puri Manado.

Turut hadir DR. Nico Uskono, salah satu ketua  Dewan Pimpinan Nasional (DPN)  IARMI dan staf IARMI pusat Erwin Al Djakartati. Sedangkan dari kalangan IARMI Sulut, hadir beberapa tokoh  diantaranya Prof. Dr. Wensi Warrouw (Ketua IARMI Sulut yang pertama), dan Drs. Wempie Frederik (mantan Walikota Manado), dan Ferry BM Rende.

Saat memberikan arahan di hadapan ratusan peserta Musprov IARMI Sulut, Danrem 131/Santiago menegaskan Sulut secara tegas menolak ISIS  (Islamic State of Iraq and Syria) yang sudah menjadi musuh sejagad.

"Saya mengimbau kepada seluruh personel jika menemukan keberadaan ISIS di Sulut. Itu sudah tidak ada toleransi dan pengecualian, ISIS sudah menjadi musuh seisi jagat, termasuk di Sulut," tegas Danrem Binarko.

Pada kesempatan yang sama,  Danrem Binarko juga memastikan akan membangun sinergitas dengan  otoritas perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Sulut. Di tahap awal konsolidasi dengan kalangan kampus akan melibatkan kampus Unsrat, Unima, Politeknik, dan IPDN sebagai mitra.

Hal senada diungkapkan Rektor Unsrat Manado, Ellen Kumaat, DEA saat tampil menghantarkan ceramah di hadapan peserta Musprop IARMI Sulut.

Ditemui beritakwanua.com di Bandara Sam Ratulangi Manado, Minggu (22/3), saat mengantar pengurus pusat IARMI kembali ke Jakarta, Roosje menegaskan komitmennya untuk membesarkan IARMI Sulut, dengan memprioritaskan aktivitas dan program pengabdian bela negara di wilayah Sulut sebagai tapal batas atau gerbang NKRI di kawasan Asia-Pasifik.

 “Dengan tekad bulat saya sebagai penerus komando IARMI Sulut akan membesarkan organisasi ini dan bekerjasama dengan para pembina Menwa di perguruan tinggi negeri dan swasta, pemerintah daerah, dan kalangan TNI-Polri,  dan lembaga lainnya,” tegas Roosje yang juga Rektor IPDN Manado.

Satu-satunya ketua perempuan IARMI se-Indonesia

Sementara itu, Nico Uskono, Ketua Bidang Luar Negeri dan Kaderisasi DPN IARMI menyatakan apresiasinya terhadap IARMI Sulut yang mampu mengukir sejarah baru, dengan memilih seorang perempuan menjadi pemegang tongkat komando IARMI di Sulut.

“Kami dari IARMI Pusat bangga karena Ibu Roosje Kalangi dipercayakan sebagai Ketua IARMI Sulut. Ini tentu membanggakan, tidak hanya untuk IARMI di Sulut tetapi juga secara nasional, mengingat untuk saat ini Roosje adalah satu-satunya Ketua IARMI di seluruh Indonesia yang berasal dari kaum perempuan,” ungkap Nico kepada beritakawanua.com, mengulangi pernyataannya yang sama di dalam forum IARMI Sulut. 

Nico yang juga mantan Ketua DPP KNPI dan mantan Ketua Umum DPP Pemuda Katolik ini menegaskan, pihaknya berharap banyak  pada kepemimpinan Roosje Kalangi agar IARMI Sulut semakin eksis dengan berbagai program kerjanya. Nico menekankan pentingnya IARMI Sulut melakukan konsolidasi internalnya di seluruh kabupaten dan kota, dan membangun sinergi dengan berbagai komponen bangsa diantaranya dengan kalangan TNI-Polri, instansi pemerintah, dan lembaga lainnya yang mempunyai kesamaan misi bela negara.  

(viktus/bk-1)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
04 Oct 2019 / dibaca 493 kali
MANADO (BK):  Aksi saling serang dibarengi lempar batu antarmahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum...
Manado
27 Sep 2019 / dibaca 907 kali
MANADO (BK): Gedung gereje GMIM Solagartia yang terletak di Kaiwatu, Kairagi Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara, terbakar sekitar pukul 18.00 Wita...
Manado
25 Sep 2019 / dibaca 298 kali
MANADO (BK): Aksi demo mahasiswa yang berlangsung pagi tadi Kantor DPRD Sulawesi Utara, Kota Manado menyebabkan pagar kantor tersebut roboh....
Manado
19 Sep 2019 / dibaca 178 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Ruang Tolu Kantor Walikota...
Manado
12 Sep 2019 / dibaca 380 kali
MANADO (BK) : Puluhan warga Kelurahan Malalayang Dua melakukan aksi damai di depan Kantor Walikota Manado, Kamis (12/9/2019).  ...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.