Manado

Sama Gunakan Badan Jalan, PKL-Tuna Netra Diusir, Rumah Bakar Ikan Dibiarkan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 21 April 2017 20:13   223 kali
Arthur Paath

MANADO (BK): Pedagang Kaki Lima maupun para Tuna Netra saat menggunakan badan jalan untuk mengais rejeki langsung diusir maupun disita barang jualan mereka karena dianggap mengganggu. Perlakuan beda justru didapatkan oleh para pengusaha rumah makan bakar ikan se Kota Manado.

Walaupun sudah menggunakan badan jalan sebagai lahan parkir maupun tempat membakar ikan, serta menghilangkan fungsi trotoar untuk pejalan kaki, tidak ada satupun pemilik rumah makan bakar ikan tersebut yang diusir seperti PKL maupun warga Tuna Netra.

Hal ini mengundang protes keras dari anggota DPRD Kota Manado Arthur Paath. Menurutnya, ada standar ganda yang diterapakan terkait dengan penggunaan badan jalan terhadap masyarakat di Kota Manado.

"Apakah yang berduit dibiarkan melanggar aturan, sementara masyarakat kecil yang mengais rejeki pas-pasan semua aturan diperkekat. Contohnya di rumah makan bakar rica. Jelas sekali banyak pelanggaran penggunaan badan jalan yang menyebabkan kemacetan dan pandangan semrawut tetapi tak digubris hingga kini," kata Paath.

Paath sendiri mengaku sudah beberapa kali melakukan pemantauan di beberapa rumah bakar ikan tersebut dan selalu menemukan pelanggaran terkait penggunaan badan jalan.

"Saya mempertanyakan Dinas Perhubungan yang membiarkan kemacetan, menanyakan ijin gangguan dan juga aturan mengenai lahan parkir untuk sebuah usaha. Semua dilanggar tapi tak dilakukan penertiban. Ini benar-benar tidak baik dijadikan contoh untuk masyarakat," kata politisi Partai Hanura ini.

Paath sendiri mengaku akan meminta kepada pimpinan DPRD Manado dan Komisi untuk bisa melakukan hearing terkait persoalan tersebut.

"Kan percuma kami berkoar-koar soal penertiban ijin, ternyata hal-hal besar di depan mata kita malah lupakan. Ini harus cepat ditindaki," kata Paath kembali.

(jusuf kalalo)

Komentar ()
Berita Manado
Manado
03 Jan 2018 / dibaca 154 kali
MANADO (BK): Trotoar di Kota Manado masih kurang bersahabat untuk para pejalan kaki. Tak hanya dipenuhi dengan lubang 'jebakan',...
Manado
01 Jan 2018 / dibaca 186 kali
MANADO (BK): Taman Kesatuan Bangsa (TKB) yang merupakan ikon kota Manado dipercantik dengan ditempatkannya air mancur menari atau Dancing...
Manado
28 Dec 2017 / dibaca 138 kali
MANADO (BK): Walikota Manado GS Vicky Lumentut memimpin para Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan giat bersih-bersih daerah terdampak bencana...
Manado
28 Dec 2017 / dibaca 181 kali
MANADO (BK): Umat nasrani di Sulawesi Utara mengucapkan terima kasih kepada GP Ansor dan Banser Nahdlatul Ulama (NU) yang setiap tahunnya...
Manado
27 Dec 2017 / dibaca 138 kali
MANADO (BK): Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sulawesi Utara, Kombes Pol Ibrahim Tompo SIK menyatakan jika selama perayaan Natal di Sulawesi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.