Manado

Sinergi dengan Mahasiswa Papua, Cara Lurah Bahu Ciptakan Kondusif Kamtibmas

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 05 February 2021 21:44   186 kali
Krismas S Tampi SIP. (foto: acha)
 
 
 
MANADO (BK) : Kelurahan Bahu menjadi salah satu kelurahan dengan warga pendatang terbanyak selain Kelurahan Kleak di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Umumnya adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah yang datang menimba ilmu.
 
Ada beberapa perguruan tinggi di dua kelurahan itu seperti Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Pembangunan Indonesia (UNPI) dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer (STIKOM), dan membuat para mahasiswa dari daerah lain terpaksa harus tinggal di kos-kosan.
 
Dengan banyaknya pendatang baru dari berbagai daerah, terkadang memunculkan berbagai permasalahan pada kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
 
Hal ini kemudian menjadi perhatian lurah Kelurahan Bahu Krismas S Tampi SIP. Dalam upaya menjaga kondusifitas di wilayahnya, ia terus-menerus memberikan penjelasan dan pemahaman kepada setiap warga pendatang yang umumnya mahasiswa yang tinggal di kos-kosan.
 
“Pada prinsipnya kami (kelurahan) tidak henti-hentinya memberikan penjelasan dalam menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing,” ujarnya saat ditemui di ruangannya, Jumat (5/2/2021).
 
 
 
 
Terlebih kepada para mahasiswa asal Papua. Ia meminta untuk tidak ikut pergerakan-pergerakan yang bisa merugikan pihak lain.
 
“Tujuan utamanya kan study (belajar), jadi tetaplah fokus untuk study,” ujarnya.
 
Meski begitu, Tampi mengatakan mahasiswa asal Papua selalu proaktif dengan program-program pemerintah Kelurahan Bahu. Diantaranya adalah seperti program kerja bhakti dan program lainnya.
 
“Mereka sangat proaktif sekali. Kalau kami turun kerja bhakti, mereka ikut membersihkan wilayah-wilayah yang kotor, terlebih di sekitar asrama mereka yang berada di lingkungan IX,” terang Lurah.
 
“Program seperti ini adalah salah satu cara kami agar bisa berbaur dengan mereka agar tidak lagi ikut dengan pergerakan-pergerakan yang bisa merugikan orang lain,” pungkasnya.
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
17 Sep 2020 / dibaca 260 kali
  MANADO (BK) :  Ikatan Nyong dan Noni Sulut (INNS) akan segera menggelar Musyawarah Besar (mubes) VII, yang rencananya akan...
Manado
15 Sep 2020 / dibaca 214 kali
MANADO (BK) : 60 persen luas wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah laut. Untuk itu perlu peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk...
Manado
07 Sep 2020 / dibaca 261 kali
MANADO (BK) : Keluarga Besar TNI Angkatan Udara (KBAU) Lanud Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado mengikuti pengecekan kesehatan atau Rapid Tes....
Manado
04 Sep 2020 / dibaca 400 kali
MANADO (BK) : Calon Wakil Wali Kota Manado, Hanny Joost Pajouw (HJP) menyambangi masyarakat di Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea, Jumat...
Manado
27 Aug 2020 / dibaca 331 kali
MANADO (BK) : Wamendag Jerry Sambuaga turut hadir dan menyaksikan pemberian penghargaan terhadap Polri khususnya Satuan Tugas (Satgas) Pangan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.