Manado

Soal RM Afisha, Fraksi Demokrat Sebut Bisa Timbulkan Persepsi Buruk

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 04 May 2017 09:34   237 kali
Deasy Roring
MANADO (BK): Beroperasinya Rumah Makan Afisha tanpa ijin hingga kini terus menjadi polemik. Bahkan, sejumlah pengusaha di Kota Manado mulai mencibir Pemerintah Kota Manado yang dianggap tebang pilih dalam penerapan aturan.
 
Beberapa pengusaha yang berasal dari wilayah pecinan mengaku mereka seperti menjadi warga kelas bawah karena tak punya koneksi dengan DPRD Kota Manado yang diduga justru menjadi tameng untuk RM Afisha yang beroperasi tanpa ijin tersebut.
 
"Kami mau taruh kanopi di depan toko agar tidak terpapar hujan atau panas matahari, harus minta ijin dulu di pemerintah. Padahal itu kanopi hanya kecil saja. Ini, rumah makan besar sekali tapi tak punya ijin malah tak dilarang. Apa karena ada anggota dewan yang melindungi?" tutur salah satu pemilik toko kelontong di kawasan pecinan meradang.
 
Hal ini rupanya mendapat perhatian khusus Fraksi Demokrat sebagai fraksi pendukung Pemerintah di DPRD Kota Manado. Ketua Fraksi Demokrat Deasy J Roring mengaku jika persoalan RM Afisha yang tak berijin tersebut akan menjadi perseden buruk bagi penyelenggara pemerintahan baik pemerintah kota maupun DPRD Kota.
 
Menurut Roring, akan muncul persepsi buruk di mata pengusaha yang ada di Manado, jika mereka bisa membuat usaha tanpa ada ijin, ataupun bagi pengusaha yang taat aturan, jika mereka dijadikan sapi perahan terkait dengan pengurusan ijin.
 
"Tentu saja dampak buruk yang akan muncul. Pengusaha yang taat akan merasa diperlakukan tidak adil. Sementara calon pengusaha yang baru mau buka usaha, akan mendapatkan contoh buruk jika mereka tak perlu mengurus ijin. Kalau ditemukan, ya baru urus ijin. Pokoknya negatif lah," kata Roring.
 
Roring sendiri mengkritik Pemerintah Kota dalam hal ini Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), yang tidak tegas melarang pengusaha yang belum memiliki ijin untuk membuka usaha mereka sebelum lengkap perijinan.
 
"Apalagi saya dengar ada pejabat di SKPD tersebut yang membela pengoperasian usaha tak berijin. Selain jadi contoh buruk, potensi PAD kita juga tergerus," kata Roring kembali.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
17 Nov 2017 / dibaca 92 kali
MANADO (BK): DPRD Kota Manado, Kamis 16 November 2017 akhirnya menggelar rapat paripurna laporan Panitia Khusus (Pansus) Pinjaman Anggaran ke...
Manado
15 Nov 2017 / dibaca 85 kali
MANADO (BK): Rencana Pemerintah Kota Manado untuk meminjam bantuan dana sebesar Rp200 milliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan...
Manado
15 Nov 2017 / dibaca 106 kali
MANADO (BK): Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri Kongres Trisakti ke-XX Gerakan Mahasiswa...
Manado
14 Nov 2017 / dibaca 90 kali
MANADO (BK): Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (PPAS) APBD Tahun 2018 dikebut DPRD Kota Manado....
Manado
13 Nov 2017 / dibaca 75 kali
MANADO (BK) : Rumah Makan Lolombulan di Jalan Wolter Monginsidi Malalayang Kota Manado, terbakar, Senin (13/11/2017) sore. Beruntung api cepat...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2017 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.