Manado

Sualang: Puji Tuhan, Hutang Itu Sudah Terbayarkan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 07 May 2012 23:37   752 kali
Freddy Harry Sualang

MANADO (BK): Terpidana kasus Manado Beach Hotel (MBH-Gate), mantan Wakil Gubernur Sulawesi Utara dua periode, Freddy Harry Sualang akhirnya bisa menghirup udara bebas, Senin (7/5/2012).

Sualang dinyatakan bebas bersyarat setelah menjalani masa hukumannya selama dua tahun berdasarkan vonis Mahkamah Agung (MA) sejak Mei 2010 silam.

Saat meninggalkan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Tuminting, Sualang dijemput ratusan simpatisannya dan langsung menuju Kejaksaan Negeri Manado untuk menandatangani berkas administrasi pembebasannya.

Selanjutnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut ini menuju rumahnya di kawasan Wen Win, Malalayang Manado.

"Puji Tuhan, hutang itu serasa sudah lunas terbayarkan, dengar pembebasan bersyarat saya sudah diterima," ujarnya yang didampingi istri tercinta Sus Sualang Pangemanan.

Sualang mengakui, selama menjadi tahanan, dia banyak belajar mengenai hukum, dimana hanya hukum Tuhan yang bisa memberikan vonis seadil-adilnya bagi umat-Nya.

"Korupsi Rp40 milliar hanya divonis 5 tahun, dimana perbandingan korupsi Rp175 juta dengan vonis 2 tahun. Tapi saya tetap menerimanya," katanya dengan senyum.

Rencananya, kebebasan yang didapatinya sekarang akan dipergunakan untuk memeriksakan kesehatan ke Penang Malaysia, seiring penyakit yang diidapnya.

"Pemeriksaan ini untuk menepis anggapan banyak orang kalau saya pura-pura sakit. Kenyataannya, jangan lihat luarnya saja, hasil lab saya memang sakit," ungkapnya sambil menunjuk tubuhnya yang memang terlihat kurus.

Diketahui, Pengadilan Negeri Manado menjatuhkan vonis bebas murni, akhir Agustus 2009 lalu. Karena tak puas dengan putusan PN Manado, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan kasasi ke MA.

27 April 2010, Majelis Hakim Agung yang diketuai Joko Sarwoko, dengan dua hakim anggota I Made Tara dan Prof Komariah, mengabulkan permohonan kasasi JPU, dan memberikan vonis 2 tahun penjara.

Selain penjara dan denda, Freddy Sualang juga diharuskan membayar pengganti kerugian negara Rp 175 juta yang harus dikembalikan dalam waktu satu bulan. Jika tidak, harta bendanya disita dan dilelang untuk negara.

Kasus yang menjerat Freddy Sualan bermula ketika ia dipercaya sebagai Ketua Tim Pelunasan Hutang Manado Beach Hotel. Sebab, manajemen Manado Beach Hotel memiliki hutang ke Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebesar Rp 18 miliar.

Pemerintah Sulut pun merogoh uang daerah untuk melunasi utang itu. Hanya saja, uang yang dibayarkan ke BPPN melalui PT Tribatra Mitra hanya Rp 6,7 miliar. Selisih Rp 11,3 miliar itulah yang kemudian dipersoalkan kejaksaan karena menimbulkan kerugian negara.

(acha/bk-3)
 

Komentar ()
Berita Manado
Manado
08 Feb 2022 / dibaca 422 kali
    MANADO (BK) :  Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sulawesi...
Manado
14 Dec 2021 / dibaca 438 kali
MANADO (BK) : Ratusan warga menyerbu lokasi Serbuan Vaksinasi yang digelar di Markas Koramil 1309-01/Tuminting, Selasa (14/12/2021)....
Manado
10 Dec 2021 / dibaca 440 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado terus memberikan ‘warning’ kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan terus...
Manado
10 Dec 2021 / dibaca 534 kali
MANADO (BK) : Pemerintah Kota Manado melalui Wali Kota kembali mengeluarkan Surat Edaran terkait antisipasi peningkatan kasus COVID-19 pada...
Manado
22 Nov 2021 / dibaca 347 kali
MANADO (BK) : Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra memprediksi gelombang ketiga COVID-19 di...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.