Manado

Umat Hindu Manado Gotong Ogoh-Ogoh Rahwana-Shinta

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Friday, 20 March 2015 23:40   1290 kali
MANADO (BK): Upacara Buta Yadna yang diselenggarakan umat Hindu Kota Manado, Jumat, 20 Maret 2015, atau sehari sebelum Hari Raya Nyepi, menarik perhatian masyarakat yang melintas di kawasan Lapangan Sparta Tikala, depan kantor wali kota, tempat kegiatan dilaksanakan.
 
Dalam upacara yang juga dihadiri Wali Kota Manado G.S. Vicky Lumentut ini, umat Hindu mengarak ogoh-ogoh Rahwana yang tengah menggenggam Shinta. Selain itu, ada perwujudan burung Jatayu dalam ogoh-ogoh yang diarak tersebut.
 
Arak-arakan ini langsung membuat macet jalanan sekitar. Sebab, banyak para pengendara yang turun ke jalan untuk merekam atau mengambil foto arak-arakan tersebut.
 
Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kota Manado Ida Bagus Ketut Alit mengatakan perwujudan ogoh-ogoh berbentuk Rahwana ini merupakan penyentilan kondisi saat ini yang banyak korupsi dan kemiskinan. Menurut dia, Rahwana adalah Raja Alengka yang kejam dan tergolong sosok yang tak pernah puas dengan apa yang sudah dimilikinya.
 
"Sudah punya istri masih menginginkan Shinta. Begitu juga dengan kekuasaannya. Ini yang saya sebut sebagai tindakan korupsi dan haus akan kekuasaan, yang juga terjadi di zaman sekarang. Belum lagi simbol kemiskinannya," kata Alit.
 
Alit sendiri menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini, kita diingatkan akan pengendalian diri dari hal-hal tersebut sehingga ada keseimbangan.
 
Selain pelaksanaan upacara Buta Yadna, dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi, umat Hindu di Kota Manado menurut Alit sudah melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya donor darah, anjangsana kepada keluarga yang tidak mampu, bersih-bersih taman makam pahlawan, dan beberapa kegiatan di pura.
 
(tempo/bk-7)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
19 Oct 2020 / dibaca 323 kali
MANADO (BK) : Totalitas seorang Jurani Rurubua tidak perlu diragukan lagi dalam mendukung pemerintah untuk memerangi penyebaran coronavirus...
Manado
18 Oct 2020 / dibaca 329 kali
Ketua Umum Reskom Garuda Siaga, Jemmy Ringkuangan saat melantik pengurus Reskom Garuda Siaga Kota Bitung beberapa waktu lalu. (foto: elnusa)...
Manado
24 Sep 2020 / dibaca 324 kali
      MANADO (BK) : Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado menggelar acara sosialisasi keamanan...
Manado
19 Sep 2020 / dibaca 384 kali
MANADO (BK) :  Musyawarah Besar (Mubes) Laskar Manguni Indonesia (LMI) pertama yang digelar di Ballroom Novotel Grand Kawanua, Jumat...
Manado
18 Sep 2020 / dibaca 458 kali
MANADO (BK) :  Musyawarah Besar (mubes) VII Ikatan Nyong dan Noni Sulawesi Utara (INNS) yang bertempat di C’est Lavie Resto Miracle...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.