Manado

Walandha: Idealnya Usaha Dibuka, Semua Ijin Sudah Ada

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 04 May 2017 09:53   579 kali
Lilly Walandha
MANADO (BK): Sekretaris Komisi B DPRD Kota Manado Lilly Walandha menyebutkan jika idealnya semua usaha yang dibuka harus memiliki dan memenuhi semua syarat perijinan yang telah diatur.
 
Menurut Walandha, perijinan merupakan bukti mutlak jika usaha yang didirikan sudah sah dan juga tak bermasalah dari semua sisi penilaian. "Karena aturannya juga seperti itu. Mau berusaha bagaimana kalau ijin tidak ada," kata Walandha.
 
Namun demikian, Walandha menyebutkan jika untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, Pemerintah bisa memberikan kebijakan dimana pengusaha sudah bisa membuka usaha mereka sembari mengurus perijinan yang diperlukan. Tapi menurutnya catatan, ijin sudah lebih dulu dimasukan, bukan nanti usaha berjalan baru mengurus ijin.
 
Apalagi menurut Walandha, untuk memperoleh ijin di Kota Manado tergolong mudah karena sudah ada kebijakan untuk proses yang cepat, selama semua persyaratan telah terpenuhi.
 
"Kan urus ijin itu paling lama sebulan jika semua syaratnya benar-benar sudah disediakan dan dipenuhi. Jadi, tidak ada alasan lagi tidak punya ijin," kata Walandha.
 
Namun demikian, Walandha menyebutkan jika toleransi untuk pengurusan ijin tidak boleh lama, karena jika terlalu lama pengurusan ijin dari pengusaha, maka sudah jelas ada persoalan dimana pengusaha tersebut ternyata memang tidak punya itikad untuk mengurus ijin karena persyaratan yang memang tak bisa dipenuhi.
 
"Jadi, kalau memang tidak bisa dipenuhi syarat untuk pengurusan ijin, ya bisa ditutup dulu sementara," kata Walandha kembali.
 
Sekadar diinformasikan, saat ini RM Afisha yang terletak di Kelurahan Tikala Ares tepatnya di dekat kantor pemerintahan Kota Manado, sudah hampir sebulan beroperasi tanpa memiliki ijin. Namun pemerintah Kota Manado terkesan enggan untuk menutupnya, karena diduga adanya oknum anggota DPRD Manado yang melindunginya. Hal ini berbanding terbalik dengan eks RM Dego-dego yang dengan cepat dihentikan pembangunannya karena tak memiliki ijin.
 
(jusuf kalalo)
Komentar ()
Berita Manado
Manado
16 Jan 2019 / dibaca 199 kali
MANADO (BK): Wakil Ketua DPRD Kota Manado dr Richard Sualang menilai harus ada instansi khusus yang menangani persoalan Kebersihan dan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 1532 kali
MANADO (BK) : Hujan yang mengguyur sejak semalam, telah menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Manado, Selasa (15/1/2019).  ...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 226 kali
MANADO (BK): Wakil Walikota Manado, Mor Dominus Bastiaan menyebutkan jika Kota Manado justru lebih bersih dibandingkan saat daerah ini...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 244 kali
MANADO (BK): Kota Manado bersama dengan Bandar Lampung menjadi Kota Besar Terkotor di Indonesia. Hal ini diumumkan Kementerian Lingkungan...
Manado
15 Jan 2019 / dibaca 488 kali
JAKARTA (BK): Kota Manado sebagai Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara, mendapat penghargaan salah satu kota terkotor di Indonesia. Hal tersebut...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.