Manado

Wali Kota Manado Ingatkan Warga Waspadai Prediksi Gelombang Ketiga Covid-19

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Sunday, 21 November 2021 20:34   500 kali
Wali Kota Andrei Angouw bersama Wakil Wali Kota Richard Sualang didampingi Anggota DPRD Manado Jeane Laluyan saat meninjau kegiatan vaksinasi di itCen
MANADO (BK) : Wali Kota Manado Andrei Angouw kembali mengingatkan masyarakat Kota Manado untuk tetap waspada dengan penularan COVID-19. Ini dikatakan wali kota setelah Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) memprediksi bahwa gelombang ketiga COVID-19 di Indonesia bisa datang secara tiba-tiba.
 
“Torang (kita) musti selalu waspada karena hal itu (prediksi gelombang ketiga COVID-19) memang bisa saja terjadi,” ujar Wali Kota kepada wartawan di Manado, Minggu (21/11/2021).
 
Menurut Wali Kota, Dewan Pakar IAKMI Hermawan Saputra mengatakan, prediksi gelombang ketiga penyebaran COVID-19 tersebut dengan melihat kondisi mobilitas warga yang saat ini sudah hampir kembali seperti keadaan sebelum pandemi. Kondisi ini kemudian berpotensi besar menjadi akar penularan virus Corona yang masif di masyarakat.
 
Menurutnya, Kota Manado adalah salah satu daerah yang selalu terjadi penambahan kasus baru COVID-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Dalam beberapa minggu terakhir ini, kasus penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, ada di angka rata-rata 20 kasus per minggu.
 
“Kota Manado selalu menyumbangkan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 setiap harinya walaupun hanya 1 atau 2 kasus perhari,” kata Angouw.
 
Pemerintah Kota Manado, lanjutnya, tidak bisa memastikan kapan potensi ledakan kasus Covid-19 di Manado terjadi. Oleh karena itu vaksinasi bagi masyarakat kota Manado harus segera dituntaskan.
 
“Jadi yang belum atau pun baru divaksin dosis pertama untuk segera mendatangi lokasi-lokasi vaksinasi yang tersebar di Kota Manado,” kata Wali Kota.
 
Sebab lanjut Walikota, vaksinasi ini penting karena tidak hanya menolong diri sendiri tapi juga orang lain. “Contoh kalau kita tidak vaksin lalu kena Covid-19 tapi tidak merasakan apa-apa, terus kita tularkan ke orang lain. Orang yang kita tularkan akan merasakan efeknya, bisa membuat meninggal, bisa juga sakit parah,” ungkapnya.
 
Namun katanya, apabila berkaca pada pengalaman sebelumnya, lonjakan kasus terjadi pada libur panjang keagamaan seperti Natal, Tahun Baru dan juga Idul Fitri. Tapi, lonjakan bisa diantisipasi apabila sudah melaksanakan vaksinasi lengkap sehingga Herd Immunity terbentuk pada diri sendiri dan juga keluarga.
 
“Saya juga mengharapkan dukungan penuh dari seluruh tokoh-tokoh agama, imam-imam agar supaya program vaksinasi kami berjalan dengan baik,” tandas Wali Kota.
 
Wali Kota kembali mengingatkan COVID-19 bisa dihindari dengan cara mematuhi protokol kesehatan yang telah diprogramkan oleh pemerintah seperti program 6M yakni Menggunakan masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak, Mengurangi kegiatan di luar rumah, Menghindari kerumunan, dan Menjaga imunitas tubuh.
 
“Intinya warga Manado seminimalisir mungkin diharapkan menghindari datang di tempat-tempat keramaian dan yang utama jangan melupakan protokol kesehatan,” pungkas Wali Kota.
 
Editor: Asrar Yusuf
Komentar ()
Berita Manado
Manado
21 Mar 2022 / dibaca 916 kali
MANADO (BK) : Polsek Malalayang melakukan penertiban parkir liar di Jalan Wolter Monginsidi, Kelurahan Kleak, Kecamatan Malalayang, Senin...
Manado
19 Mar 2022 / dibaca 426 kali
MANADO (BK) : Polsek Tuminting, Polresta Manado melakukan pengecekan ketersediaan minyak goreng di sejumlah supermarket dan toko di wilayah...
Manado
17 Mar 2022 / dibaca 658 kali
MANADO (BK) : Komandan Korem 131/Santiago, Brigjen TNI Mukhlis, SAP MM mengunjungi universitas terbesar di Sulawesi Utara, Universitas Sam...
Manado
13 Mar 2022 / dibaca 570 kali
  MANADO (BK) :  Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) makin masif membentuk kadernya diberbagai Universitas.  ...
Manado
12 Mar 2022 / dibaca 449 kali
MANADO (BK) : Wali Kota Manado, Andrei Angouw mengunjungi Markas Korem 131/Santiago, Jumat (11/3/2022). Kedatangan wali kota didampingi...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.