Minahasa

Adrie Kamasi Dorong Pilhut Demi Percepatan Pembangunan Desa di Minahasa

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 25 February 2021 21:21   186 kali
 
 
MINAHASA (BK) - Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di wilayah Kabupaten Minahasa menjadi perhatian dari sejumlah pihak. Termasuk Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Minahasa, Adrie Kamasi SH., MH.
 
“Kami meminta kepada Pemkab Minahasa untuk segera menggelar Pemilihan Hukum Tua,” ujarnya.
 
Bukan tidak beralasan, AK sapaan akrabnya menuturkan bahwa banyak Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa saat ini berstatus Pelaksana Tugas (Plt). Bahkan ada yang ternyata telah menjabat bertahun-tahun.
 
“Selain itu, sesuai undang-undang seorang pejabat Plt tidak memiliki wewenang mengambil tindakan atau keputusan strategis. Sementara di sisi lain masyarakat sangat mengharapkan percepatan pembangunan di desa. Itu artinya desa harus dipimpin oleh Kumtua definitif agar pembangunan desa dapat lebih cepat demi mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama,” tandasnya.
 
Diakuinya, Pemkab Minahasa telah memberi respon akan aspirasi masyarakat ini dan menyatakan akan menggelar Pilhut Serentak di tahun 2021 ini. Dikatakan AK, Pemkab Minahasa sudah mengalokasikan anggaran dalam APBD Minahasa tahun 2021 untuk menggelar Pilhut Serentak di 101 desa.
 
“Hanya saja sampai dengan saat ini Pemkab Minahasa belum membahas dan juga belum memastikan kapan tanggal pasti dimulainya tahapan Pilhur. Bahkan kini muncul dua opsi digelar pertengahan tahun atau akhir tahun 2021. Padahal masyarakat sangat mengharapkan tahapan Pilhut segera dimulai,” jelasnya.
 
Politisi low profile ini berharap Pemkab Minahasa tidak lagi menunda pelaksanaan Pilhut seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan ia mengusulkan agar Pilhut digelar pada pertengahan tahun 2021 ini.
 
“Jadi Partai Golkar (Minahasa) mengusulkan agar Pilhut digelar pada bulan Juni atau Juli 2021, jangan digelar pada akhir tahun. Karena kalau digelar bulan November atau Desember bisa berpotensi ditunda karena berdekatan dengan hari raya keagamaan umat Kristen, seperti yang telah terjadi sebelumnya,” paparnya.
 
Diapun menginstruksikan kepada Fraksi Partai Golkar di DPRD Minahasa agar mendesak Pemkab Minahasa segera menggelar Pilhut pada pertengahan tahun ini.
 
“Saya sudah meminta Fraksi Partai Golkar di DPRD Minahasa untuk menanyakan soal kapan tanggal pasti pelaksanaan Pilhut dan memastikan Pilhut digelar pertengahan tahun ini. Ini juga yang menjadi aspirasi masyarakat yang disampaikan secara langsung kepada saya,” tandasnya.
 
(Stev/bk-9)
Komentar ()
Berita Minahasa
Minahasa
17 Nov 2018 / dibaca 1063 kali
TONDANO (BK): "Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Saat ini kita telah memasuki era 4.0 dan tentu sangat membutuhkan...
Minahasa
13 Nov 2018 / dibaca 1024 kali
KAKAS (BK): Universitas Negeri Manado kembali menorehkan prestasi melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat yang...
Minahasa
12 Aug 2018 / dibaca 1055 kali
PINABETENGAN (BK):  Bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagak anggota DPR RI yaitu melakukan pertemuan dengan masyarakat termasuk...
Minahasa
10 Aug 2018 / dibaca 1279 kali
TONDANO (BK): Seorang narapidana (napi) kasus pencurian barang elektronik (curanik), HT alias Hence (39), warga Desa Silian Tiga, Kecamatan...
Minahasa
22 Jun 2018 / dibaca 1346 kali
SONDER (BK):  4 Pilar kebangsaan perlu untuk terus disosialisasikan. Anggota DPR RI Djenri Keintjem melakukan sosialisasi 4 pilar. Ini...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2021 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.