Minahasa

BPBD dan Dinsos Minahasa Salurkan Bantuan Korban Terdampak Longsor

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 02 February 2019 20:41   745 kali
Penyerahan bantuan logisitik oleh BPBD dan Dinsos Minahasa kepada 4 keluarga terdampak longsor di Desa Tateli Weru. (foto : ist)
MANADO (BK) : Pemerintah Kabupaten Minahasa menyerahkan bantuan kepada 4 keluarga yang tertimpa bencana longsor di Desa Tateli Weru, Kecamatan Mandolang, Sabtu (2/2/2019).
 
 
Bantuan diserahkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Royke Kaloh, dan didampingi Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid Darlog) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa, Alex Dotulong dan tim serta Hukum Tua Desa setempat.
 
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Minahasa, Johanis Pesik melalui Kabid Darlog, Alex Dotulong kepada beritakawanua.com mengatakan, bantuan yang diberikan adalah logisitik makanan dan peralatan dapur.
 
 
“Logistik yang diberikan berupa beras, mie instan, gula, minyak kelapa dan bahan makanan lainnya. Sedangkan peralatan dapur berupa kompor gas dan peralatan masak,” kata Dotulong.
 
 
Penyerahan bantuan, lanjutnya,  juga diberikan kepada satu keluarga di Desa Pineleng Satu Timur, Kecamatan Pineleng yang juga diterjang longsor yang terjadi, Jumat (1/2/2019) kemarin.
 
 
Hujan lebat yang mengguyur wilayah Sulawesi Utara, telah menyebabkan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa.
 
 
Terdapat 2 titik longsor di Jalan Trans Sulawesi, Desa Tateli Weru. Akses jalan sempat tertutup selama 3 jam. Sampai BPBD Kabupaten Minahasa bersama TNI AD, Dinas Sosial, TRC Balai Jalan, dan dibantu alat dari PT. Dynasty yang kebetulan berada dekat dengan lokasi longsor, berhasil membuka dan membersihkan longsor.
 
 
3 titik longsor juga menerjang permukiman warga di desa yang sama. 4 rumah terdampak longsor mengalami kerusakan dinding dapur serta pekarangan yang tertimbun material tanah longsoran. Sedangkan di Desa Pineleng Satu Timur, 1 rumah warga juga terdampak longsor.
 
 
Longsor juga terjadi di ruas Jalan Koka – Ringroad. Meski hanya 1 titik longsoran yang menutupi setengah badan jalan, tapi arus lalulintas masih berjalan normal karena ruas jalan tersebut memang sepi dilalui kendaraan.
 
 
Sedangkan di Desa Sumarayar, Kecamatan Langowan Timur, sebatang pohon besar tumbang di jalan dan mengganggu aktivitas warga. Hujan juga membuat sejumlah rumah di Kelurahan Papakelan, Kecamatan Tondano Timur, tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 -50 centimeter.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Minahasa
Minahasa
09 Apr 2018 / dibaca 565 kali
TONDANO (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr (HC) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri kegiatan “Asian Ecumenical Youth...
Minahasa
07 Apr 2018 / dibaca 555 kali
MINAHASA (BK): Jemaat GMIM Trifena Sea menggelar pengobatan mata gratis dan pembagian kacamata gratis, Jumat 6 April 2018. Kegiatan yang...
Minahasa
06 Apr 2018 / dibaca 568 kali
TONDANO (BK) : Tim Sukses (Timses) Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Ivan Sarundajang – Careig Runtu menyatakan...
Minahasa
05 Apr 2018 / dibaca 419 kali
TONDANO (BK) : Himbauan kepada masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 29 Juni 2018...
Minahasa
03 Mar 2018 / dibaca 537 kali
TOMPASO (BK): Djenri Keintjem, politisi PDIP yang duduk di komisi I DPR RI bersama rekan-rekannya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker)  ke...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.