Minahasa

Hasil Pengabdian Masyarakat Tentang Energi Surya Dikunjungi Dikti & DPR RI

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 13 November 2018 22:54   234 kali

KAKAS (BK): Universitas Negeri Manado kembali menorehkan prestasi melalui Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat yang dibiayai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk tahun anggaran 2018.

Adapun judul dari program itu adalah pemanfaatan energi surya untuk irigasi lahan pertanian di Desa Panasen Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara.

Para peneliti yang terlibat dalam kegiatan adalah Janne Deivy Ticoh, S.T., M.T, MPd  (Ketua), Prof.Dr. Revolson A. Mege, MS (Anggota), Dr.Shirly S. Lumeno, ST, MT (Anggota) Jemmy C. Kewas, ST, MT/NIDN: 0708018004 (Anggota).

Mitra pada program PPTG adalah Pemerintah desa Panasen dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pahasengan Panasen Kecamatan Kakas Barat Kabupaten Minahasa Propinsi Sulawesi Utara. Sektor pertanian menjadi tulang punggung mitra pemerintah desa dan BUMDes untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa, sektor ini menjadi primadona program kebijakan desa lokasi mitra karena ditunjang oleh ketersediaan sumber daya alam/lahan pertanian yang subur dengan kontur tanah cenderung datar dan dikelilingi oleh perbukitan.

Masalah penyediaan air untuk lahan pertanian saat musim kemarau sering menjadi penghambat dan menambah biaya pengolahan lahan pertanian. Di lokasi mitra sebenarnya memiliki saluran irigasi, tetapi sering tidak teraliri air dan akibatnya benih yang telah disemai tidak bisa di tanam. Akibatnya saat ini banyak petani terancam mengalami gagal panen karena kesulitan untuk menyediakan air untuk bisa mengairi tanaman mereka.

Dari hasil diskusi dan kesepakatan bersama dengan mitra, maka yang menjadi harapan mereka adalah bagaimana caranya untuk bisa menjaga ketersediaan air untuk lahan pertanian di desa panasen, terutama pada musim kemarau, karena masalah tersebut selalu terjadi dan mengakibatkan kerugian karena bibit yang telah disemai tidak bisa ditanam, tanaman mengalami kegagalan panen dan kalaupun bisa, petani harus dengan susah payah menimbah air disumur atau mengangkat air dari sungai dan hal ini petani harus mengeluarkan biaya ekstra berupa sewa tenaga harian dan biaya bahan bakar serta kendaraan untuk bisa mengangkut air ke lokasi pertanian mereka.

Solusi yang ditawarkan Tim PPTG LPPM Universitas Negeri Manado yang menjadil luaran utama adalah unit pompa air yang memanfaatkan energi surya saat musim kemarau dengan potensi kapasitas debit air rata hingga 13 sampai 20 [m3] /hari dengan Toal head 30 meter. Metode untuk merealisasikan tujuan kegiatan PPTG dilokasi mitra adalah dengan memberikan pelatihan dan membangun Sistem Pompa air untuk irigasi dengan memanfaatkan Energi Surya serta memberikan pendampingan hingga mitra memiliki kemandirian dalam hal pengoperasian. Pemeliharaan dan manajemen penyaluran air.

Rencananya Rabu 14 November 2018 akan ada acara kunjungan kerja peninjauan proyek tersebut Kementerian Riset dan Teknologi serta pendidikan tinggi bersama dengan anggota DPR RI, Vanda Sarundajang.

Menurut Ketua Tim Peneliti, Janne Deivy Ticoh, S.T., M.T, MPd kegiatan tersebut akan dilaksanakan di lokasi penelitian di Desa Panasen Kecamatan Kakas Barat, disupport Rektor Unima melalui Ketua LPPM Universitas Negeri Manado, Prof.Revolson Mege, MS.

(mfw/bk-11)

Komentar ()
Berita Minahasa
Minahasa
22 Jan 2018 / dibaca 389 kali
TONDANO (BK): Theodorus Lumi SPd MAP, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Cabang Minahasa. Lumi berhasil...
Minahasa
11 Jan 2018 / dibaca 609 kali
TONDANO (BK): Mantan istri Gubernur Sulawesi Utara dua periode secara berturut-turut, Ny. D. Sarundajang-Tambuwun mendampingi pasangan calon...
Minahasa
10 Jan 2018 / dibaca 458 kali
TONDANO (BK): Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara, Steven Kandouw mendampingi pasangan calon bupati dan calon wakil bupati, Roy O. Roring...
Minahasa
29 Dec 2017 / dibaca 517 kali
TONDANO (BK): Momen perayaan Natal merupakan juga ajang melakukan kegiatan sosial saling berbagi dengan sesama.    ...
Minahasa
01 Dec 2017 / dibaca 442 kali
SONDER (BK): Anggota DPR-RI Djenri Keintjem bersama ibu Jeaneta Rumerung beserta keluarga beribadah bersama Jemaat Imanuel Sendangan Sonder...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.