Minahasa

Ingin Beracara di Sonder? Patuhi Surat Kesepakatan Bersama tentang Protokol Kesehatan

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 19 November 2020 18:36   121 kali
Camat Sonder, Denny Mangundap saat memberikan santunan duka kepada salah seorang anggota keluarga yang berduka pada proses pemakaman yang tetap menerapkan protokol kesehatan. (courtesy: FB Denny Mangundap)
 
 
 
 
MINAHASA (BK) : Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sonder, Kabupaten Minahasa mengeluarkan surat kesepakatan bersama tentang kegiatan kemasyarakatan seperti ibadah kedukaan, pernikahan, HUT dan acara syukuran lainnya.
 
 
“Setiap kegiatan kemasyarakatan harus memperhatikan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah,” ujar Camat Sonder Denny S. Mangundap, Kamis (19/11/2020).
 
 
Kesepakatan itu, katanya berdasarkan pada Rapat yang diadakan Pemerintah Kecamatan Sonder, dengan pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan bersama seluruh Hukum Tua (Kepala Desa) se-Kecamatan Sonder, Senin (1/11/2020).
 
 
“Jadi yang hadir pada rapat itu, saya selaku Camat, Kapolsek Sonder, Danramil 10/Sonder, Hukum Tua serta tokoh-tokoh agama dan masyarakat,” ujarnya.
 
 
Mangundap mengatakan dalam setiap ibadah kedukaan tetap dilaksanakan dengan memperhatikan Prosedur Pelaksanaan Ibadah Pemakaman, dimana lokasi kedukaan harus disemprot disinfektan. Kemudian pihak keluarga menyediakan tempat cuci tangan, kursi diatur agar tidak berdekatan dengan jarak minimal 1 meter.
 
 
“Ibadah pelaksanaan pemakaman paling lama 1 jam dan diatur oleh pimpinan gereja dan berkoordinasi dengan pemerintah desa. Pelayat yang datang harus menggunakan masker,” terangnya.
 
 
Untuk waktu persemayaman jenazah pun hanya diperkenankan satu malam. “Kecuali menunggu anggota keluarga inti seperti suami, istri atau anak dapat dipertimbangkan untuk dilaksanakan dua malam,” tambahnya.
 
 
Sementara untuk pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan seperti syukuran pernikahan, HUT dan ibadah syukur lainnya, dia mengatakan tidak diperkenankan menggunakan sound system yang berlebihan.
 
 
“Jika menggunakan keyboard/piano, harus memutar dengan volume yang tidak berlebihan agar supaya tidak mengundang berkumpulnya orang dalam jumlah banyak. Pelaksanaan acara ucapan syukur juga hanya bisa sampai pukul 9 malam,” ungkap Mangundap.
 
 
Sedangkan untuk pelaksanaan acara ucapan syukur agar melaporkan kepada pemerintah setempat, dan khusus untuk acara pernikahan wajib membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan aturan sesuai protokol kesehatan di kantor Polsek Sonder.
 
 
“Kami juga akan melakukan pengawasan dan pemantauan situasi di wilayah desa yang dilaksanakan oleh Tim Pemantau Desa yang berkoodinasi dengan Tim Pemantau Kecamatan dan pihak terkait,” pungkas Mangundap.
 
 
(acha/bk-8)
Komentar ()
Berita Minahasa
Minahasa
27 Apr 2018 / dibaca 1013 kali
SONDER (BK):   Anggota DPR RI dari dapil Sulawesi Utara, Djenri Keintjem, SH.MH melakukan dialog dengan masyarakat di Kecamatan Sonder...
Minahasa
25 Apr 2018 / dibaca 1268 kali
LEMBEAN TIMUR (BK):  Anggota DPR RI Djenri Keintjem melakukan sosialisasi 4 pilar. Ini bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagai anggota...
Minahasa
23 Apr 2018 / dibaca 891 kali
KAKAS (BK): Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa memberikan bantuan kepada 6 Kepala Keluarga (KK) terdampak angin puting...
Minahasa
23 Apr 2018 / dibaca 1231 kali
KAKAS (BK) : Angin puting beliung terjadi di Desa Tounelet Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa, Senin (23/4/2018) sekitar pukul 13.00 WITA....
Minahasa
18 Apr 2018 / dibaca 848 kali
KAWANGKOAN (BK): Djenri Keintjem melakukan konsolidasi di Kawangkoan dan Sonder. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR ini melaksanakan agenda...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.