Minsel

BRI Capem Amurang Disinyalir Tahan Beasiswa PIP

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 28 December 2017 21:09   222 kali

AMURANG (BK): Kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pembantu (Capem) Amurang yang terletak di pusat pertokoan Amurang, disinyalir menahan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) pelajar SMP di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

 

Dari informasi yang diperoleh beritakawanua.com, penyaluran beasiswa PIP tersebut akhir 31 Desember 2017 ini.

 

Hanya saja, masih banyak pelajar SMP hingga kini belum menerimanya. Tak pelak, pelayanan BRI Amurang disoroti kalangan orang tua murid dan pihak sekolah.

 

Contohnya, SMPN3 Amurang Satu Atap yang terletak di Desa Ranoketang. Tercatat 26 siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang berhak menerima beasiswa tersebut, belum menerima.

 

''Bukan cuma sekali kami datang ke bank mempertanyakan soal jadwal penyaluran dana beasiswa tersebut. Tapi oknum teller tidak bisa beri kepastian kapan penyalurannya," keluh Jenny Mokosandib dan Dolfi Dalending, dua orgtua murid yang mengaku anak mereka tercatat sebagai penerima beasiswa via BRI.

 

Keluhan yang sama dilontarkan Kepala SMPN3 Satap Ranoketang, Fera Ottay, SPd, MAP. Menurut dia, di sekolahnya ada 26 siswa yang berhak menerima beasiswa dengan nominal Rp750.000 per siswa.

 

"Saya sudah pernah konfirmasi ke pihak bank, bahkan teller setempat sudah minta nomor hp saya. Menurut penjelasan teller, nanti saya akan dihubungi via hp bila sudah saatnya dicairkan," ketus Ottay.

 

Namun kenyataannya, tambah Ottay, hingga kini dia belum pernah dihubungi. Padahal sudah dekat jatuh tempo 31 Des 2017. Sementara tanggal 30 Des 2017 sudah hari Sabtu dan pada hari tersebut bank tidak buka. 

 

"Bila tidak disalurkan hingga Jumat, kami khawatir dana beasiswa tersbut akan ditarik kembali ke pusat. Kalau sampai terjadi demikian, bagamana dengan nasib anak-anak didik kami. Apalagi mereka memang layak menerima beasiswa tersebut karna berasal dari keluarga kurang mampu," kata Ottay.

 

Disinyalir juga masih banyak siswa SMP di Minsel calon penerima beasiswa PIP yang hingga kini juga mengalami nasib serupa. Pasalnya hampir semua SMP di Minsel yang kalangan siswanya mengantongi KIP, tercatat sebagai penerima beasiswa PIP.

 

"Setahu saya hampir sebagian besar SMP d Minsel, yang kalangan siswanya telah mengantongi KIP, menerima beasiswa PIP. Dana beasiswa ini juga diterima pelajar SD pemegang KIP. Nominalnya Rp450.000 per siswa SD dan Rp750.000 per siswa SMP. Hanya saja, saya tidak tahu pasti berapa jumlah siswa yg sudah menerima dan berapa yang belum. Sebab mekanisme penyalurannya langsung ditangani pihak bank penyalur," tutur Kabid PAUD-NI Dinas Pendidikan Minsel Tonny Mongkau ketika dihubungi media.

 

Sementara, Kepala Kantor BRI Capem Amurang, Johny Panelewen yang dikonfirmasi pertama sempat mengelak. Dia menuturkan, pihaknya tidak melayani penyaluran beasiswa PIP khusus pelajar SMP. Namun setelah dikonfirmasi kedua baru diakui bahwa pihaknya memang melayani penyaluran beasiswa PIP khusus SMP.

 

''Kami tidak mempersulit bagi penerima beasiswa. Hanya saja ada mekanisme untuk menyalurkan beasiswa ini. Dan kami tidak akan menahannya, kami akan menyalurkan bagi siswa yang berhak menerimanya,'' tukasnya.

 

(wezly/bk-1)

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
26 Nov 2018 / dibaca 493 kali
AMURANG (BK): Petugas Polsek Amurang Minahasa Selatan (Minsel), menahan empat remaja yang menjadi dalang keributan di area Terminal Amurang...
Minsel
26 Nov 2018 / dibaca 482 kali
TENGA (BK): FR alias Febri (20), warga Desa Tawaang Barat Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), diciduk Petugas piket unit...
Minsel
25 Nov 2018 / dibaca 470 kali
AMURANG (BK) : Kapal Genset 'raksasa' Karpowership yang menyuplai listrik di Wilayah Suluttenggo melalui PLTU 2 Amurang, di Desa...
Minsel
24 Nov 2018 / dibaca 1088 kali
MAESAAN (BK): Aksi tawuran antar kelompok (tarpok) pemuda warga Desa Liningaan dan masyarakat Desa Tambelang, Kecamatan Maesaan Kabupaten...
Minsel
23 Nov 2018 / dibaca 75 kali
AMURANG (BK): Warga Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur Kabupaten MInahasa Selatan (Minsel), dibuat heboh dengan penemuan sebuah mortir pada...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.