Minsel

Dipertanyakan Pencairan Beasiswa CWE

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 23 April 2018 20:10   117 kali

AMURANG (BK): Sedikitnya 419 calon  penerima beasiswa Cita Waya Esa (CWE) mempertanyakan kapan dicairkan. Pasalnya, proses seleksi telah tuntas dilakukan sejak akhir tahun lalu. Akan tetapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda pencairan. Beasiswa tersebut merupakan program Pemkab Minahasa Selatan (Minsel) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

 

Salah seorang penerima beasiswa mengaku terlanjur berharap pada beasiswa tersebut. Menurutnya, sejak akhir bulan lalu harusnya sudah ujian akhir. Tetapi karena terkendala keuangan, rencana itu diurungkan.

 

“Semula kami pikir akan segera cair jadi terlanjur berharap di situ. Tapi ternyata sampai sekarang belum juga ada tanda-tanda,” ujarnya sambil meminta namanya jangan dipublikasikan.

 

Katanya, sempat ada niat meminjam uang dulu kepada kerabat keluarga namun akhirnya dibatalkan karena takut sulit menggantinya.

 

“Lagi pula, ini bantuan bagi yang akan lulus kuliah nanti kalau terlanjur lulus malah tidak jadi menerima bantuan,” ungkap mahasiswa semester VIII Fakultas Ekonomi Unsrat.

 

Sementara, Kepala Bagian Kesra Maxie Pattyranie mengatakan, penerima yang telah ditetapkan tidak akan diganti. Meskipun telah lulus kuliah.

 

Ia menjelaskan, pencairan beasiswa sudah diproses di keuangan. “Semula, keterlambatan pencairan disebabkan miss komunikasi antara pihaknya dan BPKAD. Rupanya harus ada PPK dan Bendahara kegiatan dulu. Tapi sekarang sudah ditandatangani SKnya oleh bupati. Kalau cepat pekan depan langsung kita salurkan ke rekening para penerima,” ungkapnya.

 

Dia juga menambahkan, beasiswa itu telah dilakukan selang beberapa tahun terakhir. Tahun ini, alokasi anggaran hingga Rp2 miliar. Namun hanya akan disalurkan Rp1,9 miliar karena sebagian tidak memenuhi syarat. Ratusan mahasiswa dibagi dalam jejang pendidikan yang diikuti.

 

“Untuk D3 senilai Rp3,5 juta, S1 Rp4,5 juta, S2 Rp8 juta dan S3 Rp10 juta per orang. Unima dan Unsrat merupakan perguruan tinggi terbanyak yang mahasiswanya kita berikan beasiswa,” ujarnya.

 

(wezly/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
11 Aug 2018 / dibaca 193 kali
TENGA (BK): JN alias Jack (20) terpaksa harus mendekam di balik jeruji besi, setelah dijemput petugas Polsek Tenga Kabupaten Minahasa Selatan...
Minsel
10 Aug 2018 / dibaca 285 kali
AMURANG (BK): Hingga akhir semester 1 atau Januari sampai Juni 2018, Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi...
Minsel
09 Aug 2018 / dibaca 172 kali
AMURANG (BK): Nasib tragis menimpa seorang warga bernama Yance Pongantung (47), asal Desa Tambelang Kecamatan Touluaan Minahasa Tenggara...
Minsel
08 Aug 2018 / dibaca 162 kali
TOMPASOBARU (BK): Polsek Tompasobaru berhasil mengamankan seorang pelaku tindak pidana penganiayaan, FR (Feimen) (36), warga Desa Lowian,...
Minsel
08 Aug 2018 / dibaca 222 kali
RANOYAPO (BK): Nahas dialami seoarng lelaki bernama Daniel Isha (19) warga Desa Lompad Baru Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2018 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.