Minsel

Harga Kopra Kembali Anjlok, Produk Olahan Turunan Kelapa Dinilai Jadi Solusi

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Thursday, 13 February 2020 20:57   178 kali

AMURANG (BK): Belakangan ini Petani Kelapa di Sulawesi Utara sedang diperhadapkan dengan harga Kopra yang nilai jualnya terus mengalami penurunan.

Menyikapi permasalahan tersebut, salah satu pelaku usaha asal Manado Yosua Tongku, menyarankan para Petani Kopra memanfaatkan produk olahan turunan Kelapa yang bernilai ekonomi tinggi.

“Artinya bagaimana Petani tidak hanya bergantung pada produk Kopra. Namun juga memanfaatkan peluang hasil turunan kelapa menjadi bahan baku kuliner dan sejenisnya,” kata Tongku pegiat usaha di bidang Pariwisata ini.

Dalam mengembangkan hasil turunan kelapa ini, Tongku menyarankan pemerintah juga memberi peran dengan menggandeng para pelaku usaha Kuliner, jasa Catering, Perhotelan, Restourant untuk menjual menu makanan yang menggunakan bahan baku kelapa.

“Contoh menu Es Kelapa Muda, Klappertart, Menu makanan yg gunakan santan kelapa cukur ( bukan santan instant Kara hehe ), menjual nasi jaha, menjual kue2 yg gunakan santan kelapa, serta makanan lainnya berbahan baku kelapa. Saya kira hal ini akan berpengaruh meningkatnya harga kelapa,” ujar sosok yang pernah mengelolah jasa Restaurant dan Hotel di beberapa Kota besar di Indonesia ini.

Upaya lainnya yang perlu dilakukan pemerintah dalam mencari solusi turunnya harga Kopra, yakni mengundang pertemuan semua stake holder di sektor, Kuliner, Pariwisata dan Perdagangan untuk sosialisasi penggunaan bahan baku kelapa yang ditindaklanjuti dengan MoU. Apalagi banyak perusahaan pariwisata dan kuliner di Sulawesi Utara.

“Disamping itu juga peran pemerintah memfasilitasi pelatihan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) cara mengolah hasil turunan kelapa yang bernilai ekeonomis tinggi,” sarannya.

Nah untuk jangka panjang Tongku menyarankan, Gubernur/Bupati/­Walikota se Sulut mengandeng atau mendatangkan Investor pembuat Santan Instan ( seperti Santan Kara ) dan pabrik Minyak kelapa Modern dengan bahan baku kelapa dalam bukan sawit.

“Solusi harga Kopra ini langkah tepat asal diseriusi pemerintah. Namun jug yang terpenting bagaimana peran masyarakat Sulut, secara masif menggunakan makanan berbahan baku kelapa dan Minyak Goreng Kelapa Dalam bukan Sawit, pastinya akan,” tukas General Manager Mucelo Family Karaoke Manado dan sebagai Wakil Ketua Asosiasi Hiburan Malam dan Rekreasi (ASHIRI) Kota Manado.

(wesly)

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
11 Jul 2020 / dibaca 140 kali
TARERAN (BK): Seorang pria bernama Rony (65), warga Desa Suluun Dua, Jaga III, Kecamatan Suluun Tareran, Minahasa Selatan (Minsel), ditemukan...
Minsel
08 Jul 2020 / dibaca 202 kali
AMURANG (BK): Minggu kedua Bulan Juli telah ditetapkan sebagai agenda Pengucapan syukur bagi warga Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel)....
Minsel
07 Jul 2020 / dibaca 113 kali
AMURANG (BK): Masih ditemukannya warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di lokasi keramaian, mendapat perhatian khusus dari jajaran...
Minsel
06 Jul 2020 / dibaca 122 kali
AMURANG (BK): Polres Minahasa Selatan (Minsel) terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dalam...
Minsel
03 Jul 2020 / dibaca 144 kali
AMURANG (BK): Maklumat Kapolri tentang tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona;...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.