Minsel

Kepala BNPB Letjen Suharyanto Pantau Langsung Lokasi Bencana di Minsel

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 18 June 2022 22:02   142 kali

AMURANG (BK): Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto SOS M.M datang langsung meninjau lokasi bencana abrasi di pesisir pantai boulevard Amurang di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Jumat (17/6/2022).


Tidak hanya meninjau lokasi, Letjen Suharyanto juga melihat langsung kondisi korban bencana yang telah mengungsi di sejumlah posko yang disediakan pemerintah.


Didampingi Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar SH, Kepala BNPB Letjen Suharyanto menyerahkan secara simbolis bantuan Dana Siap Pakai (DSP) Rp500 juta kepada pemerintah Kabupaten Minsel yang diterima langsung oleh Bupati.


Suharyanto menyebutkan, bantuan tersebut diperuntukan untuk membantu percepatan penanganan darurat bencana abrasi pantai yang melanda dua kelurahan yakni Uwuran Satu dan Bitung. Dia juga memastikan, warga yang kehilangan rumah akibat bencana akan direlokasi.


“Kita sudah berkoordinasi dengan BPN dan untuk lahan relokasi sementara disiapkan Kementerian BPN/ATR. Kita juga akan melihat langsung untuk memastikan tahap-tahap penanganan bencana ini berjalan sebagaimana mestinya,” sebut Kepala BNPB Suharyanto.


Ditambahkan, berdasarakan update data sampai saat ini sudah ada 41 rumah yang terbawa air. “Juga dari hasil tinjau lapangan secara langsung, memang kondisinya masih belum aman. Tapi atas kesigapan dari pemerintah daerah aparat TNI-POLRI di sana sudah dijaga mudah-mudahan dalam masa tanggap darurat ini bisa teratasi,” harapnya.


Soal penyebab terjadinya bencana, sebut Suharyanto masih sementara diselidiki. “Jadi kami belum bisa pastikan ya, ini perlu kajian penelitian dari ahli, tapi  dari Kementerian PMK nanti yang akan segera datang ke sini mencari penyebab yang pasti seperti apa,” pungkasnya.


Menyikapi perihal relokasi, Bupati akrab disapa FDW akan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar bisa direlokasi. “Kita akan lakukan upaya persuasif dengan masyarakat yang terdampak. Artinya harus jalin komunikasi serta perjelas tentang resiko yang akan dialami masyarakat, supaya mereka sadar, dan mau mengikuti kemauan pemerintah untuk direlokasi,” tukas FDW.

 

 

(Wesly)
 

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
23 Apr 2022 / dibaca 542 kali
AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar SH menghadiri peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ODSK Sulawesi Utara...
Minsel
20 Apr 2022 / dibaca 252 kali
AMURANG (BK): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Minahasa...
Minsel
20 Apr 2022 / dibaca 259 kali
AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) High Level Meeting (HLM) bersama Tim...
Minsel
19 Apr 2022 / dibaca 287 kali
AMURNG (BK): Awan duka menyelimuti Provinsi Sulawesi Utara. Salah satu tokoh politik Almarhum Haji Herson Mayulu SIP, kini telah meninggal...
Minsel
12 Apr 2022 / dibaca 416 kali
AMURANG (BK): Bupati Franky Donny Wongkar SH menghadiri peresmian Rumah Restorative Justice oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa selatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2022 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.