Minsel

Komisi II DPRD Minsel: Itu Air Panas, Bukan Limbah PT SEJ

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 02 July 2018 20:12   390 kali
Komisi II DPRD Minsel di lokasi PT. SEJ, Sabtu pekan lalu.

AMURANG (BK): Komisi II DPRD Kabupaten Minahasa Selatan yang dipimpin Ketua Stefanus Lumowa meninjau Instalasi Pembuangan Limbah (Ipal) PT Sumber Energi Jaya (SEJ) di sungai Ranoyapo, pada Sabtu (30/6/2018) pekan lalu.

 

Sedikitnya tiga anggota Komisi II turun dalam peninjauan tersebut. Di antaranya, Ketua Stefanus Lumowa, Welly Liwe dan Joppy Mongkaren. Pada peninjauan itu, mereka mendapati pembuangan tersebut bukanlah limbah seperti dalam postingan di medsos, melainkan air panas.

 

“Dari kondisi fisik apa yang dilihat bersama secara kasat mata di lapangan ditambah penjelasan detail pihak perusahaan soal pengelolaan limbah, ternyata berbeda dari apa yang di posting di medsos facebook,” terang Lumowa.

 

Meski begitu, Lumowa memaparkan, akan tetap menunggu hasil laboratorium, yang sudah dilakukan oleh Dinas KLH Provinsi dan Kabupaten Minsel.

 

“Meski secara kasat mata tidak ditemui dugaan pembuangan limbah seperti yang diposting pada media sosial facebook, pada prinsipnya kita tetap akan menunggu hasil laboratorium dinas terkait yang telah mengambil sampel mulai dari hulu, hilir hingga muara sungai Ranoyapo untuk kemudian dipastikan apakah Sungai Ranoiapo tercemar atau tidak,” tukas Lumowa.

 

Sementara itu, Kepala Teknis Tambang SEJ Agustinus Wendi, menjelaskan soal foto postingan pembuangan limbah PT SEJ di sungai Ranoaipo, yang sempat viral. Menurutnya, untuk foto dua pipa yang terlihat membuang air langsung ke sungai itu ada benarnya. Namun pembuangan tersebut adalah sumber mata air dari lokasi open pit.

 

“Itu bukan limbah, meskipun mungkin orang awam mengira pembuangan tersebut limbah hasil pengolahan. Namun saya mau klarifikasi bahwa pembuangan tersebut adalah air yang bersumber dari mata air. Dan di tempat tersebut belum ada pengolahan, jadi intinya air yang dibuang bukan hasil limbah pengolahan, ” terang Agustinus.

 

Agustinus juga menjelaskan pihaknya setiap tiga bulan secara intensif melakukan uji lab hasil limbah dengan menggunakan jasa PT WLN yang sudah terakreditasi.

 

“Sehingga tidak benar PT SEJ buang limbah ke median Sungai seperti yang diposting dalam FB. Sebab pembuangan air dari hasil pengolahan sesuai baku mutu sebagaimana hasil laboratorium,” pungkasnya.

 

(wezly/bk-1)

 

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
09 Jun 2019 / dibaca 70 kali
AMURANG (BK): Jajaran Polres Minahasa Selatan (Minsel) melaksanakan Ops Cipkon dalam rangkaian agenda rutin akhir pekan yakni Kegiatan...
Minsel
08 Jun 2019 / dibaca 57 kali
AMURANG (BK): Sedikitnya 10 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Amurang dapat remisi di hari raya Idul Fitri...
Minsel
08 Jun 2019 / dibaca 75 kali
TENGA (BK): Petugas Piket Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polsek Tenga mengamankan 2 tersangka tindak pidana penganiayaan, AL alias Arnold...
Minsel
08 Jun 2019 / dibaca 88 kali
AMURANG (BK): Kapolres Minahasa Selatan AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, mengunjungi kediaman Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua...
Minsel
07 Jun 2019 / dibaca 90 kali
SINONSAYANG (BK): Tabrakan beruntun terjadi di ruas Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di wilayah Desa Ongkaw Tiga, Kecamatan Sinonsayang Kabupaten...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.