Minsel

Mendagri Tito Karnavian Ganjar Bupati FDW dengan UHC Award

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Tuesday, 14 March 2023 20:05   209 kali

AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky Donny Wongkar SH kembali diganjar penghargaan dari Pemerintah Pusat. Kali ini, penghargaan Universal Health Coverage atau UHC disabet Bupati FDW setelah sukses meningkatkan kualitas kesehatan di Minsel.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyerahkan langsung piala penghargaan UHC award 2023 kepada Bupati FDW di Balai Sudirman, Tebet Jakarta Selatan Selasa (14/3/2023).


Bupati akrab disapa FDW mengungkapkan, pemberian penghargaan tersebut tak lepas dari berbagai langkah kongkrit pemkab Minsel dalam memperhatikan kualitas pelayanan kesehatan yang baik untuk mayarakat Minsel karena diketahui bersama sudah menjadi tanggung jawab negara untuk menjamin terhadap pemenuhan hak atas kesehatan masyarakat.


Penghargaan UHC sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung Program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia yang diberikan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.


Kriteria yang diberikan penghargaan yakni Pemerintah Daerah yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta JKN dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.


Penghargaan UHC sendiri secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang mudah diakses bagi semua pihak di setiap daerah.


Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada penduduk Kabupaten Minahasa Selatan yang telah terdaftar pada program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Selain itu juga, hal ini sebagai bentuk sinergitas dan kolaborasi antara semua pihak dalam mendukung program prioritas serta strategis nasional. Karena tugas pokok pemerintah daerah adalah mendukung penuh program prioritas nasional yang bermanfaat luas bagi seluruh masyarakat.


Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti mengungkapkan BPJS Kesehatan bekerja keras melakukan berbagai advokasi kepada Pemerintah Daerah agar seluruh penduduk di masing-masing wilayah dapat diintegrasikan dengan Program JKN-KIS dan menekankan tercapainya predikat UHC juga harus memastikan bahwa setiap penduduk memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang adil, merata dan bermutu, baik itu layanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.


(Wesly)

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
14 Jul 2022 / dibaca 605 kali
AMURANG (BK): Bentuk kepedulian terhadap korban terdampak bencana longsor di pesisir pantai Amurang Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel)...
Minsel
04 Jul 2022 / dibaca 698 kali
AMURANG (BK): Sebanyak 42 Desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan melaksanakan agenda pesta demokrasi dalam rangka memilih Hukum Tua....
Minsel
28 Jun 2022 / dibaca 618 kali
AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH menerima kunjungan PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Kantor Cabang...
Minsel
27 Jun 2022 / dibaca 564 kali
AMURANG (BK): Bupati Minahasa Selatan  Franky Donny Wongkar, SH menghadiri perayaan HUT ke-100 master guide sekaligus penutupan kegiatan...
Minsel
27 Jun 2022 / dibaca 567 kali
AMURANG (BK): Setelah sekitar dua tahun ditutup karena pandemi Covid-19, pemerintah Republik Indonesia akhirnya membuka kembali keberangkatan...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2023 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.