Minsel

Wagub Kandow Buka Seminar Refleksi 16 Tahun Minsel

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Saturday, 16 February 2019 18:16   133 kali

AMURANG (BK): Seminar sehari Refleksi 16 tahun Minahasa Selatan (Munsel) berhasil digelar  di Hotel Sutanraja Amurang, Jumat (15/2/2019). Seminar yang diprakarsai LSM Gerakan Bangun (Gerbang) Minsel itu, dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Steven Kandow SE.


Menariknya, seminar tersebut merupakan pertama kali dilaksanakan setelah 16 tahun Minsel dimekarkan dari Kabupaten Minahasa.


Wagub Kandouw dalam sambutan singkatnya, menuturkan, kalau dirinya juga adalah putra Minsel. ‘’Saya asli Rumoong Bawah. Jadi, saya juga putra Minsel. Walau saya mengakui sejak kecil saya sudah tinggal di Tondano dan SMP di Jakarta. Namun  demikian saya tetap memiliki darah Amurang,’’ ucap Kandow.


Sambung dia, bahwa cerita tentang Minsel dirinya banyak tahu melalui buku-buku dari Belanda. Karena memang, dirinya ingin mengetahui tentang sejarah Minsel. Walau juga, dijelaskannya bahwa om dan tante asal Amurang ikut andil menceritakan tentang Minsel kepadanya.



‘’Siapa sangka, saya bisa jadi politikus dan terpilih sebagai Wagun Sulut. Ini juga berkat orang Minsel. Terima kasih warga Minsel. Namun saya percaya diera Minsel sekarang sudah sangat maju. Tetapi, masih ada pelayanan kurang. Olehnya, bupati dan wakil bupati Minsel saat ini diharapkan untuk terus melakukan berbagai perubahan. Biar nanti, warga lebih sejahtera lagi,’’ jelas mantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini.



Sementara itu, Drs Inyo Koloay, MBA menjelaskan, bahwa seminar sehari ini adalah pertama dan sejarah. ‘’Pasalnya, sejak dimekarkan dari Minahasa, baru pertama kali digelar. Memang, sudah ada agenda dan jadwal digelar seminar. Akan tetapi, selalu gagal karena berbagai halangan. Olehnya, berkat bantuan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Wagub Sulut Steven Kandouw melalui anggaran Pemprov Sulut. Maka seminar sehari dapat berjalan dengan baik,’’ kata Koloay.



Senada dikatakan Ketua Panitia Seminar Sehari Hengky Rumengan Bsc. Puji Tuhan acara seminar ini boleh dilaksanakan. ‘’Seminar ini awalnya digelar sebelum Hari Jadi ke-16 tahun. Namun demikian, dengan berbagai alasan serta pertimbangan, maka seminar ini baru digelar saat ini. Syukur, semuanya berjalan dengan baik berkat bantuan Pemprov Sulut serta para pejuang Minsel,’’ papar Rumengan yang biasa disapa ‘Bu.



Hadir diantaranya, Asiano Gamy Kawatu, SE MSi, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Sulut,  Wakil Bupati Minsel Franky D Wongkar, SH, DR Max Rembang, (Akademisi), DR Ferry D Liando, (Akademisi/Pejuang Minsel), Drs Decky J Umpel (Pejuang Minsel) yang kesemuanya adalah Nara Sumber. Moderator masing-masing Setli Kohdong, SH (wakil Ketua Forgemmis), Hendra Soenartji  (Pejuang Minsel/Pers)



Hadir juga para pejuang lainnya yaitu, Ventje Tuela, S.Sos (mantan wakil bupati Minsel periode 2005-2010), Decky Mintje, Moody Lelengboto, Vonny Singkoh serta puluhan pejuang Minsel yang diakomodir LSM Gerbang Minsel.


(Wesly manorek)

Komentar ()
Berita Minsel
Minsel
09 May 2019 / dibaca 89 kali
AMURANG (BK): Lelaki EM alias Ervin (34), warga Desa Radey, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dibekuk petugas Polres...
Minsel
08 May 2019 / dibaca 61 kali
AMURANG (BK): Jajaran Polres Minahasa Selatan mengintensifkan kegiatan patroli untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan Sholat Taraweh selang...
Minsel
08 May 2019 / dibaca 80 kali
AMURANG (BK): Ratusan personel gabungan TNI-Polri, jajaran Polres Minahasa Selatan dan Kodim 1302 Minahasa, terpantau terus melakukan pengamanan...
Minsel
07 May 2019 / dibaca 66 kali
AMURANG (BK): Jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), berkurang menyusul turunnya...
Minsel
06 May 2019 / dibaca 1338 kali
AMURANG (BK): Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE mengimbau warga non Muslim di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk menghormati warga...
Profil Perusahaan | © 2011 - 2019 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.