Minut

Bawaslu Minut Gelar Sosialisasi Netralitas ASN dan Aturan Yang Mengatur ASN Dalam Pemilu 2020

Oleh : Redaksi, beritakawanua.com
Monday, 19 October 2020 22:23   195 kali
MINUT (BK): ASN dan Sejawatnya merupakan bagian penting dalam pelaksanaan Pemilu. Sosialisasi Netralitas ASN, Kepala Desa/Kelurahan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara tahun 2020 gelombang II. Pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020 yang bertempat di Hotel Sutan Raja Minut.
 
Dalam Pemilu 2020 Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) serta perangkat desa menjadi hal yang selalu diingatkan Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey kepada jajarannya.
 
Sebagaimana di berbagai tingkatan Itu kembali diingatkan Clay ketika membuka Sosialisasi Netralitas ASN, Kepala Desa/Kelurahan pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara tahun 2020 gelombang dua yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minut, Sabtu 17 Oktober 2020 di Hotel Sutan Raja Minut.
 
“Netralitas ASN beserta kepala desa, hal penting yang perlu terus dijaga dan diawasi. Ini dimaksudkan agar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan jujur dan adil tanpa intervensi birokrasi,” ujar Pj.Bupati Miut
 
Sosialisasi tersebut turut dihadiri Komisioner Bawaslu Minut Rocky Ambar dan Rahman Ismail. Keduanya menjelaskan tentang netralitas ASN dan kepala desa yang sangat jelas dan diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU No. 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas undang undang nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota menjadi undang-undang.
 
Dalam aturan tersebut, pada pasal 70 ayat (1) huruf (c) disebutkan bahwa Dalam kampanye, pasangan calon dilarang melibatkan kepala desa atau sebutan lain/Lurah dan perangkat Desa atau sebutan lain/perangkat Kelurahan.
 
Pasal 71 ayat (1) disebutkan bahwa Pejabat negara, pejabat daerah, pejabat aparatur sipil negara, anggota TNI/POLRI, dan Kepala Desa atau sebutan lain/Lurah dilarang membuat keputusan dan/atau tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.
 
Bahkan dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, pasal 29 huruf (g) disebutkan bahwa kepala desa dilarang menjadi pengurus partai politik dan pada huruf (j) dilarang untuk ikut serta dan/atau terlibat dalam kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah.
 
ASN dan perangkat desa mengikuti sosialisasi. Turut hadir sebagai pemateri, Dr Taufik Pasiak yang menjelaskan tentang netralitas ASN dan perangkat desa/kelurahan, dalam perspektif neurosains yaitu bidang ilmu yang mempelajari sistem saraf atau sistem neuron.
 
(mfw/bk-11)
Komentar ()
Berita Minut
Minut
17 Aug 2020 / dibaca 195 kali
MINUT (BK) : Misi mengumandangkan music kolintang di puncak Gunung Klabat ternyata mendapat dukungan dari tokoh masyarakat Kabupaten Minahasa...
Minut
17 Aug 2020 / dibaca 218 kali
MINUT (BK) : Tinggal selangkah lagi misi Fantastic Prima Vista (FPV) Lembean untuk mendentangkan musik kolintang bergema dari puncak Gunung...
Minut
27 Feb 2020 / dibaca 404 kali
Donor darah yang dilakukan seorang anggota Basarnas Manado. (dok:Basarnas Manado) .         MINUT...
Minut
20 Jan 2020 / dibaca 455 kali
MINUT (BK) : Suhari Noster Norbertus Sinaga resmi menjabat Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Manado. Serah...
Minut
02 Jan 2020 / dibaca 625 kali
KALAWAT (BK): Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Provinsi Sulawesi Utara diguyur hujan lokal, pada Kamis (2/1/2020) subuh hingga pagi ini....
Profil Perusahaan | © 2011 - 2020 BeritaKawanua.com - Terdepan Mengabarkan Fakta.